Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KESEHATAN

Gagal Ginjal Akut Salah Satu Kasus Masalah Kesehatan Terbesar Pada 2022

Jumat 30-Dec-2022 08:10 WIB

180

Gagal Ginjal Akut Salah Satu Kasus Masalah Kesehatan Terbesar Pada 2022

Foto : tempo

brominemedia.com - Gagal ginjal akut salah satu kasus masalah kesehatan terbesar pada 2022. Pada Oktober 2022, kasus gagal ginjal akut menyerang 324 pasien anak-anak. Menurut catatan dalam Koran Tempo, edisi 28 November 2022, tercatat 202 pasien meninggal, 113 pasien dinyatakan sembuh, dan sembilan pasien lainnya masih dalam perawatan.

Kilas balik gagal ginjal akut anak

1. Obat sirop anak

Kementerian Kesehatan menyimpulkan, lonjakan kasus gagal ginjal akut dipicu penggunaan obat sirop anak yang mengandung etilen glikol (EG) dan dietilena glikol (DEG) di atas ambang batas.

2. Obat sirop ditarik BPOM

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menarik lima obat sirop yang diduga menjadi penyebab kasus gagal ginjal pada anak. Lima obat itu Termorex Sirup (obat demam), Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Demam Sirup (obat demam), dan Unibebi Demam Drops (obat demam).

3. Sosialisasi kewaspadaan

Sukarelawan dari kelompok Badut Necis melakukan kampanye utuk mengarahkan para orang tua menghindari penggunaan lima obat yang telah ditarik oleh BPOM. Kampanye ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam, Bandung, Jawa Barat pada 21 Oktober lalu.

Selain Badut Necis, petugas kesehatan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat juga melakukan sosialisasi dengan membawa poster yang berisi kalimat waspada bagi para orang tua terhadap kasus gagal ginjal anak. Sosialisasi dilakukan saat Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Bundaran HI, Jakarta, pada 23 Oktober 2022.

4. Rapat bersama

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Kepala BPOM Penny Lukito, dan Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, 2 November 2022. Dalam rapat ini, Penny mengatakan BPOM tidak bisa mengawasi produk dengan senyawa EG dan DEG. Sebab, belum ada standar internasional yang dapat dijadikan patokan pengawasan.

5. 25 keluarga korban mengajukan gugatan

Sebanyak 25 keluarga korban gagal ginjal akut anak mengajukan gugatan kepada 10 pihak. Gugatan itu telah terdaftar di laman resmi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 15 Desember 2022. Adapun sidang perkara gugatan class action akan dilaksanakan pada 17 Januari 2023.

6. Daftar pihak yang digugat

Dalam keterangan di SIPP, ada 10 pihak yang menyandang status sebagai tergugat, yaitu Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), PT Mega Setia Agung Kimia, CV Budiarta, PT Logicom Solution, CV Mega Integra, PT Tirta Buana Kemindo, CV Samudera Chemical, PT Universal Pharmaceutical Industries, dan PT Afi Farma Pharmaceutical Industry.

7. Dua perusahaan sebagai tersangka

Badan Reserse Kriminal Mabes Polri melakukan penyidikan terkait adanya dugaan tindak pidana dalam kasus gagal ginjal akut. Mereka telah menetapkan PT Afi Farma dan CV Samudera Chemical sebagai tersangka.

8. Dua pelaku ditetapkan DPO

Bareskrim Polri menerbitkan daftar pencarian orang (DPO)pada November 2022. Penerbitan DPO ini karena keberadaan keduanya belum diketahui sejak penyidik menemukan bukti adanya pengoplosan Propilen Glikol (PG) oleh CV Samudera Chemical dan PT Afi Farma yang diduga mengandung etilen glikol (EG) dan dietilena glikol (DEG).

DPO berinisial E selaku Direktur Utama CV Samudera Chemical dan AR Direktur CV Samudera Chemical.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Menkes Minta Dokter Segera Beri Rujukan Untuk Pasien Anak dengan Gejala Gagal Ginjal Akut

"Kita kan sudah tahu obatnya, ketemunya lebih dini harusnya bisa diobati.

Rabu 08-Feb-2023 22:10 WIB

Menkes Minta Dokter Segera Beri Rujukan Untuk Pasien Anak dengan Gejala Gagal Ginjal Akut
PERISTIWA Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Kembali Menghantui, Bareskrim Polri Turun Tangan

Dari keterangan polisi, saat ini tim penyidik sedang di lapangan melakukan pendalaman untuk menelusuri penyebab kasus gagal ginjal akut tersebut.

Senin 06-Feb-2023 23:39 WIB

Kasus Gagal Ginjal Akut Anak Kembali Menghantui, Bareskrim Polri Turun Tangan
KESEHATAN Gagal Ginjal Akut Salah Satu Kasus Masalah Kesehatan Terbesar Pada 2022

Gagal ginjal akut salah satu kasus masalah kesehatan terbesar pada 2022

Jumat 30-Dec-2022 08:10 WIB

Gagal Ginjal Akut Salah Satu Kasus Masalah Kesehatan Terbesar Pada 2022
PERISTIWA Diinformasikan Sidang Perdana Gugatan Class Action Gagal Ginjal Akut Dipastikan Bergulir Mulai 17 Januari 2023

Jumlah keluarga korban gagal ginjal akut yang ikut menggugat bertambah menjadi 25.

Senin 26-Dec-2022 13:32 WIB

Diinformasikan Sidang Perdana Gugatan Class Action Gagal Ginjal Akut Dipastikan Bergulir Mulai 17 Januari 2023
KESEHATAN Bareskrim bakal Periksa Pejabat Pengawasan BPOM soal Kasus Gagal Ginjal Akut

Bareskrim akan meminta keterangan dari pejabat BPOM terkait bagaimana pengawasan mutu obat-obatan untuk materi penyidikan kasus gagal ginjal akut

Rabu 23-Nov-2022 11:34 WIB

Bareskrim bakal Periksa Pejabat Pengawasan BPOM soal Kasus Gagal Ginjal Akut

Tulis Komentar