Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Begini Kronologi Penganiayaan Dokter di Lampung Barat

Kamis 27-Apr-2023 06:11 WIB

280

Begini Kronologi Penganiayaan Dokter di Lampung Barat

Foto : jpnn

brominemedia.com - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandar Lampung menyatakan sikap atas penganiayaan rekan satu profesi yang bertugas di Puskesmas Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat.

Kejadian berawal pada Sabtu 22 April 2023. sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu, pelaku berinisial A sebagai pasien datang ke Puskesmas Fajar Bulan dengan keluhan nyeri ulu hati. Dokter jaga saat itu yaitu atau seorang korban bernama dr. Putri Ayu Dwi S.

Dokter itu mempersilakan pasien untuk berbaring di bed pasien untuk dilakukan anamnesa lalu dilanjutkan dengan pemeriksaan fisik sesuai dengan keluhan. Selanjutnya dr. Putri memberikan obat sesuai dengan keluhan dan dilakukan observasi lebih lanjut dibantu oleh rekan perawat yang berjaga.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

Selang 15 menit kemudian dr. Putri kembali menghampiri pasien untuk bertanya mengenai kondisi pasien. Namun, belum ada perubahan.

Kemudian dr. Putri memanggil keluarga pasien untuk dibicarakan lebih lanjut mengenai kondisi pasien. Rekan dokter putri yang atau penganiyaan bernama dr. Carel Triwiyono juga menjelaskan bahwa obat-obatan sudah diberikan kepada M (keluarga pasien) dan meminta agar menunggu obatnya bekerja.

Selain itu, dr. Carel juga menjelaskan jika sudah tidak kuat menahan rasa sakitnya bisa Ke IGD rumah sakit terdekat karena dirinya sudah memberikan obat sesuai keluhan.

Terduga pelaku M yang tidak puas atas penjelasan dr. Carel, secara spontan langsung menyeret, mencekik dan membanting dr. Carel ke lantai yang dibantu oleh adiknya A (pasien).

Menanggapi hal itu Ketua IDI Cabang Bandar Lampung dr. Khadafi Indrawan, Sp. An. mengutuk keras kriminalisasi terhadap tenaga kesehatan atau nakes yang terjadi di Kabupaten Lampung Barat.

"Semoga setelah kejadian ini seluruh nakes dan masyarakat lebih saling menghargai dan terus menjalin komunikasi agar tidak terulang kembali, stop kriminalisasi nakes, safe dokter, dan safe pasien," kata Khadafi. Terpisah Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran Indonesia (MKEK) IDI Balam dr. Zam Zanariah menyayangkan hal itu terjadi terhadap tenaga kesehatan.

"Kami sangat mengutuk kejadian ini, semoga pelaku dapat ganjaran yang sesuai agar ada efek jera, dan untuk masyarakat kejadian ini dapat dijadikan pembelajaran agar lebih sabar dan tidak main hakim sendiri apabila tidak puas dengan pelayanan yang diberikan" kata dr. Zam. Dr saraf itu juga mengimbau semua nakes agar lebih hati-hati dalam memberikan pelayanan terhadap pasien, juga terus menjalin komunikasi dengan baik terhadap pasien.

"Sudah sesuai SOP saja dr. Carel terkena musibah seperti ini, apalagi kalau tidak adanya komunikasi. Mari bersama nakes dan masyrakat menyadari bahwa nakes merupakan perantara dan bukan penjamin kesembuhan, ikhtiar kita bersama jalani dengan maksimal tapi Allah SWT Tuhan yang Maha Esa yang menyembuhkan ' ujarnya.

Saat ini kedua pelaku penganiyaan terhadap dr. Carel ini telah diamankan pihak Polres Lampung Barat dan dijerat dengan Pasal Pasal 170 KUHP atau Pasal 351 KUHP tentang pengeroyokan dengan ancaman pidana penjara lima tahun enam bulan.

Konten Terkait

PERISTIWA Begini Kronologi Pasien Terjun Bebas dari Lantai 3 Parkir RS Polri

Seorang pasien pria berinisial LM (28) melompat dari lantai tiga Gedung Parkir Rumah Sakit Polri, Kramat Jati. Aksi nekat LM terekam dan viral di media sosial.

Sabtu 28-Oct-2023 01:26 WIB

Begini Kronologi Pasien Terjun Bebas dari Lantai 3 Parkir RS Polri
PERISTIWA Dokter Richard Lee Sebut Keributan Denny Sumargo dan Verny Hasan di Podcast-nya Bukan Settingan, Begini Kronologinya

Dokter Richard Lee sebut keributan Denny Sumargoo dan Verny Hasan di podcast miliknya di luar prediksi, bukan setting-an.

Senin 04-Sep-2023 07:45 WIB

Dokter Richard Lee Sebut Keributan Denny Sumargo dan Verny Hasan di Podcast-nya Bukan Settingan, Begini Kronologinya
PERISTIWA Begini Kronologi Penganiayaan Dokter di Lampung Barat

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandar Lampung menyatakan sikap atas penganiayaan rekan satu profesi yang bertugas di Puskesmas Fajar Bulan, Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat.

Kamis 27-Apr-2023 06:11 WIB

Begini Kronologi Penganiayaan Dokter di Lampung Barat
PERISTIWA 1 Prajurit Tewas dalam Operasi Pembebasan Pilot Susi Air, Begini Kronologi dan Ucapan Duka dari Panglima TNI

Pembebasan Pilot Susi Air memakan korban. Satu prajurit TNI meregang nyawa dalam baku tembak dengan KKB.

Senin 17-Apr-2023 07:15 WIB

1 Prajurit Tewas dalam Operasi Pembebasan Pilot Susi Air, Begini Kronologi dan Ucapan Duka dari Panglima TNI
PERISTIWA Prajurit Tewas dalam Operasi Pembebasan Pilot Susi Air, Begini Kronologi dan Ucapan Duka dari Panglima TNI

Pembebasan Pilot Susi Air memakan korban. Satu prajurit TNI meregang nyawa dalam baku tembak dengan KKB.

Senin 17-Apr-2023 07:15 WIB

Prajurit Tewas dalam Operasi Pembebasan Pilot Susi Air, Begini Kronologi dan Ucapan Duka dari Panglima TNI

Tulis Komentar