Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

4 Fakta Tabrakan Maut Alya Vs Fortuner Buntut Terobos Lampu Merah

Rabu 10-Jul-2024 20:35 WIB

84

4 Fakta Tabrakan Maut Alya Vs Fortuner Buntut Terobos Lampu Merah

Foto : detik

Brominemedia.com - Mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Fortuner terlibat kecelakaan di Jalan Raya Pajajaran, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. Satu orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Dirangkum detikcom, Rabu (10/7/2024), Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Kompol Ardi Wibowo menyebut kecelakaan Alya vs Fortuner ini terjadi pada Selasa (9/7) malam. Menurut Ardi, sopir Alya tewas usai tertabrak Fortuner.

"Betul. Satu orang meninggal dunia dalam perjalanan ke RS PMI," kata Kompol Ardi saat dimintai konfirmasi, Rabu (10/7/2024).

Bagaimana peristiwa lengkap dari insiden ini? Berikut fakta-faktanya:


1. Kronologi Tabrakan Alya Vs Fortuner

Ardi menyebut kecelakaan terjadi saat mobil Alya yang dikendarai Arif Ismail hendak memutar arah di Simpang Kopi Tugoh Jl Pajajaran. Pada saat bersamaan, datang Fortuner melaju ke arah yang sama dan menabrak Alya.

"Kendaraan Toyota Fortuner datang dari arah Tugu Kujang menuju arah Warung Jambu, melalui Jalan Pajajaran. Saat melintas di Simpang Kopi Tugoh, tiba-tiba dari arah Warung Jambu datang kendaraan Daihatsu Ayla berbelok hendak berputar arah menuju arah Warung Jambu, sehingga terjadi kecelakaan," ucapnya.

Ardi mengatakan kecelakaan ini diduga akibat mobil yang dikendarai korban menerobos lampu merah, ketika hendak memutar balik kendaraanya. Korban kemudian meninggal dunia ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit.

"Diduga kendaraan Daihatsu Ayla yang dikendarai Arief Ismail menerobos lampu pengatur lalu lintas, sehingga tertabrak oleh kendaraan Toyota Fortuner. Akibat dari kejadian tersebut pengemudi kendaraan Daihatsu Ayla meninggal dunia dalam perjalanan ke RS PMI," ujar.

2. Tak Boleh Putar Balik di Lampu Merah

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Bogor Kota Iptu Susilo menyebut kendaraan dilarang memutar arah di lampu merah lokasi kecelakaan Alya vs Fortuner. Menurutnya, tak ada rambu lalu lintas yang memperbolehkan kendaraan berputar arah di lokasi.

"Aturannya tidak boleh memutar arah di traffic light, aturan lalu lintasnya begitu. Lagi pula itu kan pas kejadian si mobil Ayla ini memutar arah pas lampu merah (menyala) kan. Kan sudah jelas, kalau di traffic light itu dilarang memutar arah, kecuali ada rambu dibolehkan memutar. Di situ kan nggak ada rambu, berarti nggak boleh (memutar arah)," jelas Susilo.

Pantauan detikcom, lokasi kecelakaan berada persis di Simpang Pangrango Jl Pajajaran. Persimpangan ini merupakan jalan nasional yang jadi titik pertemuan kendaraan yang datang dari arah Warung Jambu, Tugu Kujang, Jl Taman Kencana, dan Jl Lodaya.

Di setiap persimpangan, dipasangi traffic light atau lampu pengatur lalu lintas. Akan tetapi tidak tampak rambu larangan memutar arah di lokasi.

Di lokasi, masih tampak bekas kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 22.00 WIB malam tadi. Sisa-sisa pecahan kaca dan lampu mobil yang berserakan di trotoar Jl Pajajaran.

Badan trotoar dan pagar besi pembatas lahan milik salah satu kantor tampak rusak terkena hantaman mobil.

3.Ditabrak Fortuner, Sopir Ayla Terlempar Keluar Mobil

Warga bernama Edo menjadi saksi dari kecelakaan maut ini. Dia sempat mendengar bunyi tabrakan saat kejadian, warga juga menyebut sopir Ayla yang tewas diduga terpental keluar dari dalam mobil.

"Kejadian sekitar jam 10 malam lah, kalau saya awalnya cuma ngedenger suaranya aja, posisi saya kan kebetulan di belakang, diparkiran motor, denger suara 'brak' gitu, kenceng banget," kata Edo, penjaga parkir salah satu kafe di sekitar lokasi ketika ditemui Rabu (10/7).

Edo mengaku sempat mendengar sopir Fortuner berteriak mencari pengendara Ayla karena dikira melarikan diri. Tapi kemudian, sopir Ayla ditemukan tergeletak di sisi pagar besi trotoar.

"Ada korban (meninggal) satu orang dari pengendara Ayla, terpental (ke luar) dia dari posisi sopir lewat pintu penumpang di samping kiri. Jadi kelempar aja itu dia, pecah juga kan kacanya, ringsek dah (mobil Ayla)," kata Edo.

"Saya juga denger yang sopir Fortuner teriak cari sopir Ayla, dikiranya kabur kan. Nggak tahunya ada di situ di trotoar deket pagar besi yang bengkok itu," sambung Edo sambil menunjuk ke lokasi kecelakaan.

Edo menyebut, korban pengendara Agya mengalami luka serius di bagian kepala. Korban kemudian dibawa ke rumah sakit PMI Bogor yang tak jauh dari lokasi.



4. Detik-detik Fortuner Tabrak Alya

Rekaman CCTV detik-detik kecelakaan maut itu beredar di media sosial. Dari rekaman CCTV yang beredar, tampak kendaraan Ayla berwarna oranye melaju dari arah Warung Jambu.

Ketika di Simpang Pangrango, mobil itu tampak berbelok ke kanan untuk masuk ke Jl Salak. Pada saat bersamaan, datang kendaraan Fortuner dari arah Tugu Kujang dengan kecepatan tinggi dan langsung menghantam kendaraan Ayla. Pada saat Fortuner melaju, lampu pengatur jalan tampak masih menyala hijau.

Akibat tabrakan itu, kendaraan Ayla terdorong hingga menghantam trotoar dan pagar besi. Kendaraan warna oranye itu berhenti dengan bagian depan mengarah ke arah Warung Jambu.

Konten Terkait

PERISTIWA 4 Fakta Tabrakan Maut Alya Vs Fortuner Buntut Terobos Lampu Merah

Mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Fortuner terlibat kecelakaan di Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat. Satu orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Rabu 10-Jul-2024 20:35 WIB

4 Fakta Tabrakan Maut Alya Vs Fortuner Buntut Terobos Lampu Merah
PERISTIWA KRONOLOGI Adu Banteng Xenia vs Avanza di Jalan Raya Pati-Tayu, Dipicu Insiden Pecah Ban

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Jalan Pati-Tayu, tepatnya di Dukuh Ngulaan, Desa Sukoharjo, Kecamatan Wedarijaksa, Pati, Senin (8/7/2024) sore.

Senin 08-Jul-2024 20:41 WIB

KRONOLOGI Adu Banteng Xenia vs Avanza di Jalan Raya Pati-Tayu, Dipicu Insiden Pecah Ban
PERISTIWA KRONOLOGI Kecelakaan Truk Tebu Vs Motor di Ceper Klaten Jateng, Truk Ngeblong Lampu Merah

Kanitgakkum Satlantas Polres Klaten, Iptu Slamet Riyadi mengatakan kejadian ini terjadi sekira pukul 16.00 WIB.

Rabu 03-Jul-2024 20:04 WIB

KRONOLOGI Kecelakaan Truk Tebu Vs Motor di Ceper Klaten Jateng, Truk Ngeblong Lampu Merah
PERISTIWA KRONOLOGI Kecelakaan Truk Tebu Vs Motor di Ceper Klaten Jateng, Truk Ngeblong Lampu Merah

Kanitgakkum Satlantas Polres Klaten, Iptu Slamet Riyadi mengatakan kejadian ini terjadi sekira pukul 16.00 WIB.

Rabu 03-Jul-2024 20:04 WIB

KRONOLOGI Kecelakaan Truk Tebu Vs Motor di Ceper Klaten Jateng, Truk Ngeblong Lampu Merah
PERISTIWA Ratusan Telur Berserakan di Jalanan Wonogiri Usai Tabrakan Truk dan Mobil Pickap

Truk pengangkut telur mengalami tabrakan dengan mobil pickup yang mengakibatkan truk terguling.

Jumat 15-Sep-2023 09:35 WIB

Ratusan Telur Berserakan di Jalanan Wonogiri Usai Tabrakan Truk dan Mobil Pickap

Tulis Komentar