Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Menlu Inggris: Israel Putuskan Balas Serangan Iran

Rabu 17-Apr-2024 20:31 WIB

119

Menlu Inggris: Israel Putuskan Balas Serangan Iran

Foto : tempo

Brominemedia.com - Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan Israel jelas telah memutuskan untuk membalas serangan rudal dan drone terhadap Iran yang dilancarkan pada akhir pekan lalu. Hal itu ia katakan saat berkunjung ke Israel pada Rabu, 17 April 2024.


“Jelas Israel mengambil keputusan untuk bertindak. Kami berharap mereka melakukan hal ini dengan cara yang sesedikit mungkin meningkatkan ketegangan,” kata Cameron kepada wartawan pada awal kunjungannya ke Yerusalem, seperti dikutip oleh Reuters.


Negara-negara besar termasuk Inggris telah berupaya mencegah eskalasi konflik yang lebih luas di kawasan Timur Tengah setelah serangan langsung pertama oleh Republik Islam Iran yang berhasil menghantam Israel. Israel menyebutkan jumlah tembakan dari Iran totalnya lebih dari 300 drone dan rudal.


Sebelumnya, Iran telah bersumpah akan melakukan pembalasan setelah 1 April, ketika pesawat tempur Israel diduga mengebom kompleks kedutaan Iran di Damaskus, Suriah dan menewaskan tujuh petugas militer Iran termasuk dua komandan senior. Israel tidak membenarkan atau membantah bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Lebih dari enam bulan setelah perang antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas yang didukung Iran dan peningkatan kekerasan di Timur Tengah, para diplomat sedang mencari cara untuk menghindari pertempuran langsung antara Israel dan Iran.

Rudal dan drone Iran sebagian besar ditembak jatuh oleh Israel dan sekutunya, dengan tidak menimbulkan korban jiwa dan menyebabkan hanya kerusakan kecil. Namun, Israel mengatakan mereka harus membalas serangan tersebut. Iran mengatakan pihaknya menganggap masalah ini sudah selesai untuk saat ini, namun akan membalas lagi jika Israel balik menyerang.

 

Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya sedang bersiap menerapkan sanksi ekonomi baru terhadap Iran, dengan harapan itu akan membujuk Israel untuk membatasi ruang lingkup pembalasannya. 


Cameron mengatakan Inggris ingin melihat sanksi terkoordinasi terhadap Iran oleh negara-negara demokrasi besar Grup Tujuh (G7), yang bertemu pekan ini di Italia. “Mereka perlu diberi pesan yang jelas dan tegas oleh G7,” katanya.


Israel diperkirakan akan merundingkan balasan terhadap Iran pada pertemuan kabinet perang Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Konten Terkait

PERISTIWA Momen Yahya Sinwar Pemimpin Hamas Tertangkap Kamera Drone Sebelum Tewas

Pemimpin Hamas, Yahya Sinwar, tewas dalam serangan Israel di Gaza pada Kamis (17/8) dini hari waktu setempat.

Jumat 18-Oct-2024 20:35 WIB

Momen Yahya Sinwar Pemimpin Hamas Tertangkap Kamera Drone Sebelum Tewas
PERISTIWA Jadi Bebek Lumpuh, Ancaman Joe Biden ke Israel Dinilai Sia-Sia

AMERIKA Serikat (AS) memberi waktu selama satu bulan untuk Israel membenahi akses dan menjamin bantuan kemanusiaan internasional ke Gaza tak dihalang-halangi.

Kamis 17-Oct-2024 20:35 WIB

Jadi Bebek Lumpuh, Ancaman Joe Biden ke Israel Dinilai Sia-Sia
PERISTIWA Israel Serang Kamp Pengungsi Palestina, Ain El-Hilweh di Lebanon Selatan

Serangan udara Israel yang menargetkan kamp pengungsi Ain El-Hilweh di kota Sidon di Lebanon selatan dini hari ini

Selasa 01-Oct-2024 20:33 WIB

Israel Serang Kamp Pengungsi Palestina, Ain El-Hilweh di Lebanon Selatan
RAGAM Usai Tamara Tyasmara, Giliran Angger Dimas Diajak Berantem Keluarga Yudha Arfandi di Pengadilan

Angger Dimas terlibat cekcok dengan Ivan, adik Yudha Arfandi, terdakwa kasus pembunuhan Dante. Mereka sempat saling dorong.

Senin 09-Sep-2024 21:12 WIB

Usai Tamara Tyasmara, Giliran Angger Dimas Diajak Berantem Keluarga Yudha Arfandi di Pengadilan
PERISTIWA Di Tengah Kekacauan Timur Tengah, Presiden Iran Ingin Pindahkan Ibu Kota, Apa Alasannya?

Presiden Iran Masoud Pezeshkian mengungkapkan keinginannya untuk memindahkan ibu kota negara.

Minggu 08-Sep-2024 20:26 WIB

Di Tengah Kekacauan Timur Tengah, Presiden Iran Ingin Pindahkan Ibu Kota, Apa Alasannya?

Tulis Komentar