Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Buntut Kerusuhan di Jalan Tamansiswa Yogyakarta, Museum Ki Hadjar Dewantara Alami Kerusakan

Selasa 06-Jun-2023 09:45 WIB

418

Buntut Kerusuhan di Jalan Tamansiswa Yogyakarta, Museum Ki Hadjar Dewantara Alami Kerusakan

Foto : kompas.com

brominemedia.com--Museum Dewantara Kirti Griya yang terletak di Jalan Tamansiswa Kota Yogyakarta mengalami kerusakan, buntut aksi kerusuhan yang terjadi di ruas jalan yang sama pada Minggu 4 Juni 2023 kemarin.

Museum itu menyimpan koleksi peninggalan Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara. Museum itu merupakan bekas tempat tinggal Ki Hadjar Dewantara.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

Ketua Umum Asosiasi Museum Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Bambang Widodo menjelaskan, kerusakan terjadi karena sejumlah massa dari salah satu kelompok menerobos masuk ke dalam museum.

Hal tersebut membuat beberapa perabotan di dalam museum dan area taman mengalami kerusakan.

Bahkan, kursi-kursi bersejarah rusak, pot-pot tanaman pecah, hingga pintu belakang museum jebol akibat aksi massa.

"Polisi mengarahkan massa ke sini, mereka tahu massanya banyak. Nah, mereka yang dari luar itu lari menyelamatkan diri masuk ke museum, makanya pintunya dijebol, kursi dilempar," kata Bambang, Senin (5/6/2023) dikutip dari Tribun Jogja.

"Jadi mereka itu niatnya menyelamatkan diri, tapi mungkin dalam kondisi panik, ya."

"Kursi-kursi itu rusak karena dilempar, taman-taman, pot-pot pecah, pintu belakang itu jebol karena untuk melarikan diri mereka," jelasnya.

Kerusakan museum ini juga membuat Bambang prihatin. Pasalnya, barang-barang yang ada di dalam museum punya nilai sejarah yang tinggi.

Sebagai contoh, kursi-kursi yang rusak tersebut dahulu pernah digunakan untuk menerima tamu-tamu penting Ki Hadjar Dewantara, macam negarawan India, Jawaharlal Nehru.

"Benda-benda itu, khususnya kursi-kursi yang rusak itu bersejarah karena di ruang tamu itu Ki Hajar Dewantara menerima tamu-tamu seperti Rabindranath Tagore dan Jawaharlal Nehru, dan sebagainya," papar Bambang.

Atas kejadian ini, Bambang menyebut masyarakat belum menganggap museum sebagai salah satu tempat penting dan perlu dilindungi.

"Jadi sosialisasi museum di DIY masih perlu ditingkatkan lagi karena museum sebagai salah satu wahana penguatan pendidikan karakter," pungkasnya.

Konten Terkait

TRAVEL Revitalisasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Rampung, Ini Tarifnya Sekarang

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta telah selesai direvitalisasi selama tiga bulan terakhir, dari April hingga Juni 2024 lalu.

Selasa 16-Jul-2024 19:13 WIB

Revitalisasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Rampung, Ini Tarifnya Sekarang
PERISTIWA Museum Nasional Bentuk Tim Identifikasi Koleksi Pascakebakaran

Museum Nasional Indonesia membentuk tim identifikasi koleksi cagar budaya yang terdampak, usai kebakaran melanda kompleks museum tersebut pada Sabtu (16/9/2023) malam. "Dari Museum Nasional sudah membentuk tim identifikasi...

Selasa 19-Sep-2023 07:37 WIB

Museum Nasional Bentuk Tim Identifikasi Koleksi Pascakebakaran
PERISTIWA Buntut Kerusuhan di Jalan Tamansiswa Yogyakarta, Museum Ki Hadjar Dewantara Alami Kerusakan

Museum Dewantara Kirti Griya yang terletak di Jalan Tamansiswa Kota Yogyakarta mengalami kerusakan, buntut aksi kerusuhan yang terjadi di ruas jalan yang sama pada Minggu 4 Juni 2023 kemarin.

Selasa 06-Jun-2023 09:45 WIB

Buntut Kerusuhan di Jalan Tamansiswa Yogyakarta, Museum Ki Hadjar Dewantara Alami Kerusakan
PERISTIWA TNI AU Studi Banding ke China untuk Kembangkan Museum Pusat

ajaran perwira tinggi dan perwira menengah TNI AU melawat ke China dalam rangka kunjungan kerja, untuk studi banding di Chinese Aviation Museum dan museum lainn

Senin 03-Apr-2023 07:27 WIB

TNI AU Studi Banding ke China untuk Kembangkan Museum Pusat
PERISTIWA Pengembangan Museum Pleret Bantul Sesuai Temuan Terbaru

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Tim arkeolog dari Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan pengembangan Museum Sejarah Purbakala Pleret di Kedaton, Pleret, Kabupaten Bantul, DIY harus menyesuaikan dengan temuan cagar budaya...

Kamis 16-Mar-2023 04:49 WIB

Pengembangan Museum Pleret Bantul Sesuai Temuan Terbaru

Tulis Komentar