Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

TRAVEL

Revitalisasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Rampung, Ini Tarifnya Sekarang

Selasa 16-Jul-2024 19:13 WIB

73

Revitalisasi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta Rampung, Ini Tarifnya Sekarang

Foto : tempo

Brominemedia.com - Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta telah selesai direvitalisasi selama tiga bulan terakhir, dari April hingga Juni 2024 lalu.

Museum yang kini dikelola lembaga khusus Indonesian Heritage Agency (IHA) di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) itu pun telah merumuskan tarif baru tiket pengunjung serta berbagai kepentingan terkait di dalamnya.


Jika sebelum revitalisasi tiket masuk pengunjung Rp 3.000 per orang untuk pengunjung dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak, lantas berapa harga tiket masuknya?

Tiket masuk Museum Benteng Vredeburg

Indonesian Heritage Agency  pertengahan Juli ini mengumumkan keputusan untuk penyesuaian tarif masuk seluruh unit museum itu akan efektif mulai 1 Agustus 2024.

Namun khusus untuk tarif masuk akses utama Museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta diberlakukan mulai 19 Juli 2024.

"Untuk tarif masuk pengunjung sekarang mulai dari Rp 10.000 per orang," kata Rosyid Ridlo, selaku Penanggungjawab Unit Museum Benteng Vredeburg, di Yogyakarta, Selasa 16 Juli 2024.

Penyesuaian tarif masuk itu, kata Rosyid mengacu Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 42 Tahun 2024, Tentang Tarif Layanan Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya pada Kemendikbudristek.

Rosyid mengatakan keputusan ini untuk meningkatkan fasilitas dan layanan di seluruh museum, yang tingkat kunjungannya tiap tahun tertinggi di Indonesia atau sekitar 600 ribuan wisatawan.

Meskipun ada perubahan tarif untuk pengunjung reguler, Rosyid menyatakan tetap fokus menjadikan museum sebagai pusat pendidikan sejarah yang terjangkau bagi pelajar dan institusi pendidikan. Caranya dengan menyediakan tarif khusus untuk kebutuhan edukasi dan penelitian.

“Untuk pelajar dan institusi pendidikan yang berkunjung akan mendapatkan tarif khusus," kata dia.

Tak hanya itu, Rosyid mengatakan Museum Bentemg Vredeburg juga mengenakan tarif sampai Rp.0 alias gratis kepada kelompok tertentu.

Termasuk penyandang disabilitas, tamu negara, yatim piatu, lanjut usia, masyarakat kurang mampu secara ekonomi dan kelompok yang ditetapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rosyid mengatakan museum bersifat not for profit tidak berarti museum tidak boleh sama sekali mendapatkan dana dari masyarakat atau pengunjung. Akan tetapim museum diperbolehkan menarik uang dalam bentuk tiket misalnya, untuk keberlangsungan museum itu sendiri.


Peninggalan kolonial tertua

Rizki A Ramadhana selaku perwakilan Masyarakat Cagar Budaya (MCB) menuturkan Museum Benteng Vredeburg menjadi salah satu peninggalan kolonial tertua di kota Yogyakarta.

"Museum ini memuat lebih dari tujuh ribu benda bersejarah, termasuk peralatan rumah tangga dan peralatan perang, serta benda-benda yang pernah digunakan oleh tokoh proklamator Indonesia, Ir. Soekarno dan Mohammad Hatta," kata dia.

Museum Benteng Vredeburg kini tak hanya menyajikan wahana night museum sesungguhnya. Wisatawan bisa menikmati berbagai hiburan seperti water fountain, sound lighting hingga video mapping.

Selain itu museum ini juga telah dilengkapi ruang-ruang santai, untuk makan dan minum dengan pemandangan bangunan heritage Kantor Pos Indonesia, Bank Indonesia dan Bank BNI di Titik Nol Kilometer. Ada pula co-working space dan coffee shop yang bisa dimanfaatkan wisatawan.

Konten Terkait

OTOMOTIF Indonesian Custom Show 2024, Ajang Kreasi dan Nasionalisme Pecinta Otomotif Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Indonesian Custom Show (ICS) 2024 resmi dibuka di Indoor Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta, Sabtu (31/8/2024). Acara ini menandai edisi ketiga dari ICS, yang kali ini mengusung tema...

Minggu 01-Sep-2024 20:31 WIB

Indonesian Custom Show 2024, Ajang Kreasi dan Nasionalisme Pecinta Otomotif Indonesia
PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak
TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring
PEMERINTAHAN Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus

Bakal calon Wali Kota Tegal, Faruq Ibnul Haqi mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari partai politik besar untuk maju di Pilkada serentak 2024.

Minggu 04-Aug-2024 21:05 WIB

Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus
KRIMINAL Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Geger satu warga tewas dan dua lainnya luka-luka diduga diserang gerombolan pelajar di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024) dini hari.

Minggu 04-Aug-2024 21:04 WIB

Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Tulis Komentar