PEMERINTAHAN

Sempat Telikung di Pilbup 2019, PDIP Karanganyar Kini Jajaki Koalisi dengan PKS di Pilkada 2024

Selasa 11-Jun-2024 20:37 WIB 217

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Karanganyar mulai mendekati dan menjajaki kemungkinan koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menghadapi Pilkada 2024.

Dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo, rombongan pengurus medatangi kantor DPD PKS Karanganyar, Selasa (11/6/2024). Hubungan kedua partai ini sempat renggang pada Pilkada Karanganyar 2019.

Ini terjadi karena PDIP seolah 'menyerobot' kursi calon wakil bupati yang menyodorkan kadernya, Rober Christianto, untuk berpasangan dengan Juliyatmono sebagai petahana.

Padahal, di Pilbup Karanganyar 2014, Juliyatmono maju dengan kader PKS, Rohadi, dan memenangkan pertarungan. Pasangan ini digadang-gadang melanjutkan kerja sama di Pilkada 2019 hingga PKS harus menerima kenyataan pahit ditinggal Juliyatmono yang menggandeng Rober.

Dalam silaturahim tersebut, rombongan PDIP diterima langsung Ketua DPD PKS Karanganyar, Anwar Susilo, berserta struktural partai, di Aula DPD PKS Karanganyar.

Bagus Selo tak menampik, kedatangannya ke PKS sebagai penjajakan koalisi berbalu silaturahim. Pihaknya ingin menyatukan visi misi.

"Garis besarnya, berjuang untuk masyarakat kecil," kata Bagus Selo.

Menurut Bagus Selo, PKS merupakan partai pertama yang dikunjungi dalam persiapan menghadapi Pilkada 2024. Pihaknya telah mengagendakan silaturahim ke partai politik (parpol) lain.

Sementara, Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo mengatakan, PKS memperoleh 5 kursi pada Pileg DPRD Karanganyar 2024. Itu sebabnya, partainya butuh teman koalisi agar bisa mengusung bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilbup Karanganyar.

Anwar pun mengucapkan terima kasih kepada jajaran DPC PDIP Karanganyar yang berkunjung ke DPD PKS Karanganyar. Pihaknya pun membuka peluang berkoalisi dengan partai berlambang banteng itu.

"Ini inisiatif yang bagus," ucapnya.

Dia menambahkan, DPD PKS Karanganyar tidak membuka pendaftaran bakal cabup dan cawabup. Oleh karena itu, pihaknya akan menjalin komunikasi serta silaturahim dengan partai lain.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Sikap PDIP Oposisi atau Gabung Prabowo, Ini Kata Hasto

Sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) belum jelas terhadap pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, apakah bergabung atau oposisi.

Jumat 18-Oct-2024 20:40 WIB

PEMERINTAHAN PDIP Umumkan Bakal Calon Gubernur Jatim Akhir Juli, Benarkah Risma?

PDIP berencana mengumumkan calon gubernur Jawa Timur pada akhir Juli ini.

Rabu 10-Jul-2024 20:40 WIB

PEMERINTAHAN Survei Indikator: 24,5 Persen Pemilih PDIP Pilih Kaesang di Jateng, Bambang Pacul Hanya 18,2 Persen

Peneliti utama Indikator Politik Indonesia, Rizka Halida mengatakan, Jateng memang masih menjadi basis PDIP.

Minggu 07-Jul-2024 20:08 WIB

PEMERINTAHAN PDIP Pertimbangkan Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng

KETUA DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan bahwa PDIP ikut mempertimbangkan nama Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep

Selasa 02-Jul-2024 20:31 WIB

PERISTIWA Gabung Koalisi Besar, PAN Deklarasi Dukung Bedas Lanjutkan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUPATEN BANDUNG -- Partai Amanat Nasional (PAN) resmi bergabung dengan koalisi Bedas yang telah berisi PKB, Gerindra, Nasdem, dan Partai Demokrat. PAN menjadi partai kelima yang mendukung Dadang Supriatna...

Minggu 30-Jun-2024 20:36 WIB

Tulis Komentar