KRIMINAL

Hasil Otopsi Ungkap Kekerasan pada Kematian Afif Maulana, Ferdinand Hutahaean Minta Kapolri Tindak Tegas Kapolda Sumbar

Minggu 30-Jun-2024 20:23 WIB 97

Foto : fajar

Brominemedia.com - Pengamat Kebijakan Publik Gigin Praginanto, ikut memberikan komentarnya terkait kasus tewasnya Afif Maulana (13) yang ditutup Polda Sumatera Barat (Sumbar).

Menanggapi hal tersebut, Gigin menuturkan bahwa hati orangtua Afif dan masyarakat yang mendambakan polisi sebagai pengayom menjadi hancur.

"Betapa hancur hati orang tua Afif dan masyarakat yang mendambakan polisi sebagai pengayom," kata Gigin dalam keterangannya di aplikasi X @giginpraginanto (1/7/2024).

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Suharyono, menyatakan bahwa kasus kematian seorang siswa SMP berinisial AM (12) di sungai Batang Kuranji Padang dianggap telah selesai.

Namun, kasus tersebut dapat dibuka kembali jika ada bukti baru yang muncul.

Hasil otopsi menunjukkan bahwa AM mengalami patah tulang iga belakang kiri sebanyak enam ruas, yang menyebabkan paru-parunya robek.


"Penyebab kematiannya adalah karena patah tulang iga yang merobek paru-parunya," ungkap Suharyono kepada wartawan di Mapolda Sumbar, Minggu (30/6/2024).


"Menurut dokter forensik, lebam itu terjadi setelah AM meninggal beberapa jam sebelumnya," jelas Suharyono.

Meskipun penyelidikan kasus ini telah selesai, Suharyono menegaskan bahwa pihaknya masih membuka kemungkinan untuk melanjutkan penyelidikan jika ada bukti baru yang dapat diajukan.

"Kasus ini bisa dibuka lagi jika ada bukti baru. Kami tidak bisa hanya mengandalkan pernyataan tanpa bukti," tegasnya.

Suharyono menjelaskan bahwa pihaknya menduga AM tewas karena jatuh ke sungai dan berbenturan dengan benda keras yang menyebabkan tulang iganya patah.

Konten Terkait

KRIMINAL Pengusutan Kasus Afif Maulana Mandek, Kuasa Hukum Minta Ekshumasi Secara Independen

Desakan untuk segera melangsungkan ekshumasi ini akan dibawa tim kuasa hukum dan keluarga Afif Maulana ke RDPU dengan Komisi III DPR

Minggu 04-Aug-2024 21:04 WIB

KRIMINAL Hasil Otopsi Ungkap Kekerasan pada Kematian Afif Maulana, Ferdinand Hutahaean Minta Kapolri Tindak Tegas Kapolda Sumbar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Kematian bocah 13 tahun Afif Maulana di Kecamatan Kuranji, kota Padang, terus...

Minggu 30-Jun-2024 20:23 WIB

KRIMINAL Kematian Afif Maulana, Reza Indragiri Ingatkan Kapolda Sumbar Hati-Hati

JPNN.com - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri ikut menyoroti kasus kematian Afif Maulana, remaja 13 tahun yang ditemukan tewas mengenaskan di bawah Jembatan Kuranji, Kota Padang.

Selasa 25-Jun-2024 20:07 WIB

KRIMINAL Klarifikasi Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono Soal Tewasnya Afif Maulana Diduga Dianiaya Polisi

Kapolda Sumbar Irjen Suharyono memberikan penjelasan terkait tewasnya siswa SMP bernama Afif Maulana (13) di bawah Jembatan Kuranji, Kota Padang.

Minggu 23-Jun-2024 20:33 WIB

PERISTIWA Terungkap Ronald Tannur Tenteng Botol Miras Saat Keluar Karaoke Bareng Dini

Rekonstruksi kasus dugaan penganiayaan hingga menewaskan Dini Sera Afrianti (27) oleh kekasihnya Gregorius Ronald Tannur (31) mengungkap fakta baru. Ternyata, Ronald keluar ruangan Blackhole KTV bersama Dini sembari menenteng botol miras. Proses rekonstruksi ini digelar di basement Lenmarc hingga Blackhole KTV Surabaya. Dari pantauan detikJatim, proses rekonstruksi digelar mulai pukul 10.58 WIB. Ronald tampak mengenakan rompi tahanan warna merah, sementara Dini diperankan petugas.

Selasa 10-Oct-2023 14:27 WIB

Tulis Komentar