Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KESEHATAN

Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang

Senin 10-Jun-2024 20:23 WIB

166

Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang

Foto : tempo

Brominemedia.com - selalu jadi favorit saat cuaca panas. Selain mengandung banyak air dan lezat, buah ini juga kaya vitamin A, C, dan antioksidan yang ampuh menjaga kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Namun, pembeli terkadang kecewa karena salah pilih yang kurang lezat akibat tidak teliti atau memang belum mengerti triknya.

Agar tidak kecewa, penting untuk mengetahui cara memilih buah semangka yang matang sempurna. Beberapa penanda dapat diketahui dari tampilan dan suara sederhana untuk membantu memastikan membawa pulang semangka paling manis dan beraroma setiap saat.

Memilih semangka juga perlu perhatian terhadap beberapa detail penting. Beberapa caranya lewat memperhatikan garis-garis pada kulit hingga mengetuk buah untuk mendengarkan suara yang dihasilkan. Setiap langkah dapat membantu mendapatkan semangka yang terbaik. Berikut beberapa tips agar tak salah pilih saat membeli buah semangka, dilansir dari realsimple.com.

Garis-garis semangka
Garis-garis pada kulit semangka adalah kunci. Pilih yang pola garisnya kuat dan konsisten. Garis warna hijau tua dan krem menunjukkan kematangan yang sempurna. Semangka kusam juga sering lebih matang daripada yang mengkilap.

Titik di kulit
Perhatikan titik besar yang berubah warna pada permukaan semangka. Titik kuning krem atau oranye menandakan semangka penuh rasa. Hindari yang titiknya putih atau kuning muda.

Batang kering
Batang yang kering dan berwarna kuning-coklat berarti semangka matang sempurna. Jika batangnya hijau, semangka tersebut belum matang dan mungkin kurang manis.

Ketuk buah
Mengetuk semangka bukan mitos. Ketuk dan dengarkan suaranya. Nada dalam dan berlubang menandakan buah yang berair dan matang. Jika suaranya tinggi dan padat, semangka belum matang.

Bintik-bintik manis
Bintik pelapukan kering dan garis anyaman menunjukkan semangka yang sangat manis. Ini adalah tanda gula yang merembes keluar dari buah.

Berat buah
Semangka yang lebih berat untuk ukurannya berarti lebih banyak air dan tentunya lebih manis dan berair. Angkat dan rasakan beratnya sebelum membeli.

Bentuk bulat
Semangka bulat cenderung lebih manis dibanding yang oval. Bentuk oval biasanya lebih berair tapi kurang beraroma. Hindari juga yang permukaannya tidak rata.

Musim terbaik
Beli semangka antara Mei dan September. Pada periode ini, semangka mencapai puncak kematangan dan menawarkan rasa terbaik. Dengan trik ini, Anda akan selalu membawa pulang semangka yang manis dan matang.

Konten Terkait

KESEHATAN Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang

Agar tidak kecewa saat membeli, penting untuk mengetahui cara memilih semangka yang matang sempurna. Berikut tipsnya.

Senin 10-Jun-2024 20:23 WIB

Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang
KESEHATAN Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Semangka Yang Belum Kalian Ketahui

Biji semangka rendah kalori dan padat nutrisi. Saat dipanggang, rasanya renyah dan dengan mudah menggantikan pilihan camilan tidak sehat lainnya.

Rabu 04-Jan-2023 03:00 WIB

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Semangka Yang Belum Kalian Ketahui
KULINER Cara Memilih Semangka yang Manis dan Matang, Jangan Sampai Salah Ya!

Selain dari warna dan berat, berikut cara memilih semangka yang manis dan matang.

Selasa 27-Dec-2022 12:05 WIB

Cara Memilih Semangka yang Manis dan Matang, Jangan Sampai Salah Ya!

Tulis Komentar