Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KULINER

Cara Memilih Semangka yang Manis dan Matang, Jangan Sampai Salah Ya!

Selasa 27-Dec-2022 12:05 WIB

401

Cara Memilih Semangka yang Manis dan Matang, Jangan Sampai Salah Ya!

Foto : tempo

brominemedia.com - Selain kaya air, rasa manis dan segar salah satu daya tarik buah semangka. Untuk menikmati semangka manis tentu perlu jeli saat membelinya di pasar atau pasar swalayan. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut sederet cara memilih semangka yang manis dan matang.

9 cara memilih semangka yang manis dan matang.

1. Perhatikan Warna Garis-garis

Warna semangka bisa membantu Anda menunjukkan kematangan buah. Anda harus memilih semangka yang memiliki pola garis yang kuat dan konsisten. Garis-garis hijau harus berwarna hijau tua dan dalam, sedangkan garis-garis pucat harus berwarna krem, kuning muda.

Sebaiknya Anda memilih semangka yang tampak kusam. Jika semangka itu sangat mengkilap, kemungkinan besar semangka tersebut kurang matang.

2. Temukan "Bintik Lapangan"

Salah satu cara memilih semangka yang manis dan matang dilihat dari tempat besar yang berubah warna di permukaan, juga dikenal sebagai bintik lapangan. Penandaan ini menunjukkan tempat semangka "duduk" di tanah saat matang.

Warna bintik itu harus kuning krem atau mendekati jingga, yang menandakan semangka penuh rasa. Jika warnanya putih atau kuning muda, Anda mungkin ingin memilih yang lain. Sebab bintik-bintik bidang putih menunjukkan bahwa semangka tidak memiliki rasa.

3. Periksa Tangkai Semangka

Untuk memilih semangka yang matang, Anda perlu memeriksa tangkainya harus kering dan berwarna kuning kecokelatan. Tangkai berwarna hijau mungkin menandakan bahwa semangka belum matang dan kurang rasa serta manis

4. Ketuk Bagian Luar Semangka

Mengetuk semangkat dapat membantu kamu memilih yang terbaik. Pertama, ketuk buah semangka secara lembut dan dengarkan suaranya. Jika nada terdengar dalam dan berongga, buahnya memiliki lebih banyak air dan kemungkinan besar lebih matang. Sebaliknya, jika ketukan Anda terdengar lebih tinggi dan lebih padat, itu mungkin menandakan bahwa kulit semangka terlalu tebal dan belum sepenuhnya matang secara optimal.

5. Lihat Apakah Ada Bintik-bintik

Bintik-bintik pelapukan kering dan garis anyaman seperti urat adalah indikator bagus dari semangka manis. Bintik-bintik tersebut menunjukkan di mana gula merembes keluar dari buah. Jadi, pastikan untuk memeriksa semua sisi semangka sebelum Anda memilihnya.

6. Pilih yang Paling Berat

Saat diangkat, semangka manis akan terasa lebih berat daripada yang terlihat. Semakin padat ukurannya, semakin tinggi kandungan airnya, menghasilkan semangka yang lebih manis.

7. Pilih Bentuk Semangka yang Lebih Bulat

Cari semangka yang bentuknya lebih bulat dan lebih rata, bukan yang lonjong. Melon yang lebih bulat lebih manis, sedangkan yang lebih lonjong cenderung berair dan kurang beraroma. Selain itu, pastikan untuk memeriksa permukaan apakah ada gumpalan yang tidak beraturan dan hindari juga.

8. Kulit Tebal

Semangka yang manis dan matang umumnya memiliki kulit tebal dan tidak mudah pecah saat ditekan. Sementara, kulit yang lembek menandakan semangka terlalu matang.

9. Beli ketika Musim

Waktu terbaik untuk membeli buah semangka adalah selama musim puncaknya, yang berlangsung antara bulan Mei dan September.

Semoga cara memilih semangka yang manis dan matang di atas bisa membantu.

Konten Terkait

KESEHATAN Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang

Agar tidak kecewa saat membeli, penting untuk mengetahui cara memilih semangka yang matang sempurna. Berikut tipsnya.

Senin 10-Jun-2024 20:23 WIB

Tips Pilih Semangka agar Dapat yang Manis dan Matang
KESEHATAN Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Semangka Yang Belum Kalian Ketahui

Biji semangka rendah kalori dan padat nutrisi. Saat dipanggang, rasanya renyah dan dengan mudah menggantikan pilihan camilan tidak sehat lainnya.

Rabu 04-Jan-2023 03:00 WIB

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Biji Semangka Yang Belum Kalian Ketahui
KULINER Cara Memilih Semangka yang Manis dan Matang, Jangan Sampai Salah Ya!

Selain dari warna dan berat, berikut cara memilih semangka yang manis dan matang.

Selasa 27-Dec-2022 12:05 WIB

Cara Memilih Semangka yang Manis dan Matang, Jangan Sampai Salah Ya!

Tulis Komentar