Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

OTOMOTIF

Surabaya Mengoperasikan Bus Listrik Bekas KTT G20, Gratis untuk Lansia

Selasa 20-Dec-2022 12:00 WIB

198

Surabaya Mengoperasikan Bus Listrik Bekas KTT G20, Gratis untuk Lansia

Foto : tempo

brominemedia.com - Kota Surabaya, Jawa Timur, dilaporkan telah mengoperasikan bus listrik bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Bus listrik tersebut merupakan kendaraan bekas Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT G20 di Bali.

Bus listrik bekas KTT G20 ini memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang Trans Semanggi dan Suroboyo Bus. Transportasi listrik tersebut mengenakan tarif sebesar Rp 6.200 kepada setiap penumpang yang naik.

Namun ada beberapa kategori penumpang yang bebas biaya ketika naik bus listrik bekas KTT G20 ini. Beberapa di antaranya yang bisa mendapatkan akses gratis itu adalah veteran, lansia dan pelajar.

"Ini memang kebutuhan zaman, transisi energi fosil ke energi baru terbarukan. Selain menghadirkan transportasi umum yang nyaman dan terjangkau, aspek ramah lingkungan juga harus diperhatikan," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji, dilansir Tempo.co dari Antara.

Kemenhub sendiri telah mengirimkan bantuan sebanyak 34 bus listrik kepada pemerintah Kota Surabaya. Akan tetapi, saat ini baru ada delapan unit bus listrik bekas KTT G20 yang dikirimkan, dan telah dioperasikan.

Pengoperasian bus listrik di Surabaya ini diapresiasi oleh Armuji atau yang akrab disapa Cak Ji. Menurut dia, transisi kendaraan konvensional ke listrik diharapkan menjadi solusi masalah subsidi BBM di APBN, serta sebagai upaya menghemat devisa.

"Tantangan pemulihan ekonomi pascapandemi sangatlah besar, jadi kami harus bergerak cepat serta inovatif. Pada prinsipnya pemerintah kota senantiasa mendukung program pemerintah pusat terkait transisi ke energi terbarukan," ujar dia.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Tundjung Iswandaru menjelaskan bahwa bus listrik tersebut beroperasi melalui mekanisme kontrak kerja sama antara Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dengan Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia (DAMRI).

"Jadi itu semua yang berkontrak adalah Dirjen Perhubungan Darat dengan operator, dalam hal ini DAMRI," tutup dia.

Konten Terkait

TRAVEL Bus Listrik Trans Semanggi di Surabaya Berhenti Beroperasi Pada Awal Tahun Ini, Kenapa?

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Jawa Timur, telah melaporkan bus listrik Tran Semanggi telah berhenti beroperasi pada awal tahun ini.

Rabu 11-Jan-2023 08:30 WIB

Bus Listrik Trans Semanggi di Surabaya Berhenti Beroperasi Pada Awal Tahun Ini, Kenapa?
FINANCE Bus Listrik Transjakarta Dapat Subsidi Tarif Tiket Rp3,9 Triliun dari APBD DKI

Skema pengadaan bus listrik Transjakarta adalah investasi yang dilakukan oleh 3 operator.

Rabu 04-Jan-2023 10:34 WIB

Bus Listrik Transjakarta Dapat Subsidi Tarif Tiket Rp3,9 Triliun dari APBD DKI
OTOMOTIF Transjakarta dan Perum PPD Bakal Hadirkan 26 Bus Listrik, Sejalan Dengan Arahan Jokowi

Transjakarta dilaporkan telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Perum PPD untuk menghadirkan bus listrik. Ini pun sesuai arahan Jokowi.

Kamis 29-Dec-2022 13:00 WIB

Transjakarta dan Perum PPD Bakal Hadirkan 26 Bus Listrik, Sejalan Dengan Arahan Jokowi
OTOMOTIF Bus Listrik DKI Jakarta Bertambah 26 Unit, Dishub Bicara Pengadaan dan Pengoperasian pada Tahun Depan

Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pengadaan dan Pengoperasian 26 unit bus listrik.

Kamis 29-Dec-2022 05:38 WIB

Bus Listrik DKI Jakarta Bertambah 26 Unit, Dishub Bicara Pengadaan dan Pengoperasian pada Tahun Depan
OTOMOTIF Menperin Pastikan Insentif Bus Listrik, Berapa Besarannya?

Menperin memastikan bahwa insentif kendaraan listrik tak akan hanya diberikan untuk pembelian mobil dan motor listrik, tapi juga pada bus listrik.

Rabu 28-Dec-2022 10:34 WIB

Menperin Pastikan Insentif Bus Listrik, Berapa Besarannya?

Tulis Komentar