Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

FINANCE

Bus Listrik Transjakarta Dapat Subsidi Tarif Tiket Rp3,9 Triliun dari APBD DKI

Rabu 04-Jan-2023 10:34 WIB

409

Bus Listrik Transjakarta Dapat Subsidi Tarif Tiket Rp3,9 Triliun dari APBD DKI

Foto : tempo

brominemedia.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan PT Transjakarta mendapat subsidi tiket bus listrik atau PSO Rp3,9 triliun pada APBD DKI 2023.

“Termasuk penambahan 120 unit baru untuk tahun ini. Jadi total sampai dengan akhir 2023 kita rencanakan ada 220 bus listrik operasional,” kata Syafrin kepada Tempo di Balai Kota DKI, Selasa, 3 Januari 2023.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI itu mengatakan penambahan unit bus listrik Transjakarta menggunakan sistem pembayaran rupiah per kilometer. Skemanya adalah investasi yang dilakukan oleh operator.

“Artinya, kontraknya tahun 2022, pengadaan bus nya baru tahun ini, sehingga tahun ini baru akan dioperasionalkan dan pada saat itu baru dibayar APBD melalui PSO,” ujarnya.

Pengadaan bus listrik Transjakarta tahun 2021 sebanyak 30 unit, sementara target 2022 adalah 100 unit. Realisasi target tahun lalu adalah 30 unit dan 70 unit lainnya baru dalam tahapan kontrak.

Untuk pengadaan 70 bus listrik, PT Transjakarta melakukan kontrak dengan tiga operator, yaitu Bianglala, PPD, dan Mayasari Bhakti.

“Otomatis yang 70 unit itu karena baru akhir tahun kontraknya, maka pelaksanaan operasional bus baru tahun ini dan itu sudah dihitung, dianggarkan dalam PSOTransjakarta tahun ini,” kata Syafrin.

Sebelumnya, Dishub DKI menyatakan Transjakarta akan menambah 190 bus listrik. Pengadaan bus listrik Transjakarta itu akan menggunakan APBD DKI 2023. “Tahun depan ada penambahan 190 bus listrik,” kata Syafrin saat ditemui kawasan Monas usai Apel Operasi Lilin, 22 Desember 2022.

Kadishub DKI Jakarta itu mengatakan penambahan bus listrik tersebut dilakukan sesuai rencana kerja PT Transjakarta. “Rencana kerja anggaran perusahaan TJ, tahun depan kita akan operasional total sebanyak 220 bus listrik,” ujarnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Relawan-relawan Akan Sambut Kepulangan Jokowi dari Bandara Menuju Rumah Sumber

Sejumlah organ relawan pendukung Joko Widodo (Jokowi) akan sambut kepulangan Presiden RI ke-7 usai lepas jabatan pada hari Minggu mendatang.

Kamis 17-Oct-2024 20:37 WIB

Relawan-relawan Akan Sambut Kepulangan Jokowi dari Bandara Menuju Rumah Sumber
PERISTIWA Memahami 4 Dampak dan Risiko yang Perlu Dipertimbangkan dari Pernikahan Dini

Pernikahan dini kembali ramai dibahas di media sosial akhir-akhir ini. Baca artikel ini untuk memahami alasan menghindari menikah di usia muda!

Kamis 10-Oct-2024 20:18 WIB

Memahami 4 Dampak dan Risiko yang Perlu Dipertimbangkan dari Pernikahan Dini
LIFESTYLE Nikmati Keseruan Petik Melon Golden Inthanon Langsung dari Pohon di Malang, Buahnya Kecil dan Manis

Nikmati keseruan petik buah melon golden inthanon langsung dari pohonnya di Malang, buahnya kecil namun rasanya manis.

Selasa 08-Oct-2024 20:22 WIB

Nikmati Keseruan Petik Melon Golden Inthanon Langsung dari Pohon di Malang, Buahnya Kecil dan Manis
PERISTIWA Ditembak Dari Arah Belakang dan Tersungkur

TKP nya sendiri berada di Kali Pagargom Distrik Waegi Kab. Puncak Jaya dan para personel Polres Puncak Jaya serta Satgas Damai Cartenz. Kapolres Puncak Jaya saat dikonfirmasi mengatakan bahwa kronologi awal kejadian bermula saat korban bersama 3 anggota lainnya hendak kembali ke Polsek Ilu dari Kota Mulia namun sesampainya di Kali Pagargom tiba-tiba korban ditembak oleh KKB dari belakang sehingga korban langsung terjatuh dari motor.

Selasa 01-Oct-2024 20:30 WIB

Ditembak Dari Arah Belakang dan Tersungkur
PERISTIWA Polisi Selidiki Kasus Bocah Jatuh dari Lantai 8 Apartemen di Tangerang

Peristiwa ini awalnya diketahui oleh sekuriti yang sedang berjaga di pos. Sekuriti saat itu mendengar suara benda terjatuh di area parkir apartemen.

Rabu 18-Sep-2024 20:33 WIB

Polisi Selidiki Kasus Bocah Jatuh dari Lantai 8 Apartemen di Tangerang

Tulis Komentar