Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Panji Gumilang Diduga Korupsi Dana BOS-Zakat, Pengacara Bilang Begini

Sabtu 22-Jul-2023 00:24 WIB

264

Panji Gumilang Diduga Korupsi Dana BOS-Zakat, Pengacara Bilang Begini

Foto : detik

brominemedia.com-Bareskrim Polri mengaku tengah mengusut soal dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU), korupsi Dana BOS, penyalahgunaan zakat oleh pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang. Kuasa Hukum Panji, Hendra Effendi mengaku belum mendapat informasi resmi dari pihak kepolisian terkait pengusutan perkara yang melibatkan kliennya.
"Kalau secara formal kita belum mendapatkan informasi. Kita belum dapat info dari kepolisian," kata Hendra saat dihubungi, Jumat (21/7/2023).
"Adapun masalah terhadap dugaan-dugaan itu sah-sah saja. Kepolisian punya kewenangan untuk menduga, punya hak untuk menduga, itu silakan saja," sambungnya.
Hendra mengaku tidak tahu soal masalah dugaan pencucian uang tersebut. Begitu pulu, kata dia, soal dugaan korupsi penyalahgunaan dana BOS dan zakat yang belakangan disebutkan.
"Nggak ada (menghimpun dan menyalurkan zakat). Setahu kami itu pesantren dasarnya yayasan dan ininya pendidikan," jelas Hendra.
"Ponpes Al-Zaytun bukan baznas jadi nggak ada kaitannya dengan zakat. Ponpes tidak ada kaitannya dengan zakat, Silahkan tanyakan ke baznas kalau kami nggak paham," pungkasnya.
Adapun Bareskrim menemukan indikasi tindak pidana pencucian uang hingga korupsi dana BOS usai penyidik berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Transaksi Keuangan (PPATK) melakukan analisis mendalam pada transaksi keuangan Ponpes Al-Zaytun.


 

Selain itu, saat ini Direktorat Tindak Pidana Umum (Dittipidum) Bareskrim Polri pun tengah melakukan penyidikan kasus dugaan penodaan agama, ujaran kebencian, dan penyebaran berita bohong terhadap terlapor Panji Gumilang. Terkini, Polisi masih mengumpulkan alat bukti untuk gelar perkara penentuan tersangka pada kasus tersebut.

"Didapat dugaan penyalahgunaan yang berindikasi tindak pidana terkait yayasan, tindak pidana penggelapan, tindak pidana korupsi dana bos, hingga tindak pidana terkait penyalahgunaan dalam pengelolaan zakat oleh PG," ujar Karo Penmas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Jumat (21/7/2023).

Ramadhan menuturkan penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) juga telah memeriksa tiga saksi terkait hal itu. Dia mengatakan ketiga orang yang diperiksa mengetahui proses penyaluran dana tersebut.


Konten Terkait

PEMERINTAHAN Prabowo Sambut Gagasan Khofifah Mendidik 1.000 Anak dari Gaza di Ponpes Jatim

Presiden terpilih 2024 - 2029, Prabowo Subianto menyambut baik usulan Khofifah Indar Parawansa dalam mengerahkan pondok-pondok pesantren di Jawa Timur (Jatim) sebagai wadah mendidik anak-anak dari Gaza.

Jumat 07-Jun-2024 21:02 WIB

Prabowo Sambut Gagasan Khofifah Mendidik 1.000 Anak dari Gaza di Ponpes Jatim
PERISTIWA Sambangi Ponpes Gedongan Cirebon, Ganjar Diberikan Tongkat dan Tasbih Kiai

Saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Gedongan Cirebon, Jawa Barat, Bakal Calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo diberikan sorban putih, tongkat kayu hingga tasbih dari Pengasuh Ponpes Gedongan, KH Abdul Hayyi Imam.

Senin 09-Oct-2023 07:42 WIB

Sambangi Ponpes Gedongan Cirebon, Ganjar Diberikan Tongkat dan Tasbih Kiai
PERISTIWA Kejagung Kembalikan Berkas Perkara Panji Gumilang ke Bareskrim, Ini Alasannya

Kejagung mengembalikan berkas perkara Pimpinan Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang ke Bareskrim karena dinilai tidak lengkap.

Rabu 30-Aug-2023 12:57 WIB

Kejagung Kembalikan Berkas Perkara Panji Gumilang ke Bareskrim, Ini Alasannya
PERISTIWA Sidang Gugatan Rp 1 Triliun Panji Gumilang, Hakim Periksa "Legal Standing" MUI Hari Ini

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat menjadwalkan pemeriksaan legal standing atau kedudukan hukum pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait gugatan perdata yang dilayangkan pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang, Rabu (2/8/2023). Ini merupakan sidang lanjutan untuk pemeriksaan kedudukan hukum.

Rabu 02-Aug-2023 14:20 WIB

Sidang Gugatan Rp 1 Triliun Panji Gumilang, Hakim Periksa "Legal Standing" MUI Hari Ini
PERISTIWA Panji Gumilang Diduga Korupsi Dana BOS-Zakat, Pengacara Bilang Begini

Bareskrim Polri mengaku tengah mengusut soal dugaan TPPU, korupsi Dana BOS, penyalahgunaan zakat oleh Panji Gumilang. Pengacara Panji bilang begini

Sabtu 22-Jul-2023 00:24 WIB

Panji Gumilang Diduga Korupsi Dana BOS-Zakat, Pengacara Bilang Begini

Tulis Komentar