Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

RAGAM

Mengenal Nasi Jangkrik yang Dibagikan pada Puncak Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus Tiap 10 Muharam

Senin 15-Jul-2024 20:30 WIB

112

Mengenal Nasi Jangkrik yang Dibagikan pada Puncak Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus Tiap 10 Muharam

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) kembali menyiapkan puluhan ribu bungkus nasi jangkrik untuk dibagikan kepada masyarakat pada puncak Buka Luwur Sunan Kudus 10 Muharam, Selasa (16/7/2024).

Nasi jangkrik atau nasi dengan lauk irisan daging dibungkus dengan daun jati rencananya dibagikan kepada masyarakat pada Selasa pagi pukul 05.30 WIB. 

Pihak Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) rencananya menyiapkan 40.000 nasi bungkus yang dibagikan serentak sebagai nasi berkat.

Humas Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK), Denny Nur Hakim menyampaikan, prosesi masak nasi jangkrik dimulai pada hari ini, Senin (15/7/2024) atau 9 Muharam dibantu lebih dari 1.200 perewang.

Sejumlah perewang sedang menyiapkan nasi berkat untuk dibagikan kepada masyarakat pada momentum puncak Buka Luwur Sunan Kudus 10 Muharam di komplek Masjid dan Menara Sunan Kudus, Senin (15/7/2024).

Kata dia, 40.000 bungkus nasi berkat yang disiapkan tahun ini hasil penerimaan sedekah warga berupa 22 ekor kerbau, 68 ekor kambing dan mengolah 9,1 ton beras. Selanjutnya dibagikan kepada masyarakat pada puncak Buka Luwur Sunan Kudus.

Semua sedekah dari masyarakat dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk olahan makanan.

Proses pendistribusian nasi berkat, lanjut Denny, dilakukan dengan tiga model. Pertama, diberikan kepada para pemberi sedekah melalui pembagian kupon, kedua diberikan kepada masyarakat umum bekerjasama dengan pengurus/pemangku punden dan belik di 500 titik di Kabupaten Kudus, dan terakhir dibagikan langsung kepada warga. 

Pembagian nasi berkat secara langsung dilaksanakan di kawasan Masjid dan Menara Sunan Kudus kepada masyarakat umum, baik masyarakat Kabupaten Kudus maupun dari daerah lain. 

"Tahun kemarin (2023) ada 35.000-an nasi bungkus yang kami siapkan hasil penerimaan sedekah 17 kerbau dan 69 kambing. Tahun ini Alhamdulillah sedekah yang kami terima lebih banyak, rencananya kami siapkan 40.000 bungkus," terangnya.

Denny Nur Hakim menjelasakan, hewan sedekah dari masyarakat dimasak menjadi dua jenis olahan, yaitu jangkrik dan uyah asem. 

Nasi jangkrik merupakan jenis masakan berkuah, sedangkan nasi uyah asem adalah jenis masakan kering atau tidak berkuah.

Nasi bungkus yang dibagikan langsung kepada masyarakat umum merupakan jenis olahan nasi uyah asem. Dimaksudkan agar kondisi nasi bisa tahan lama dengan tekstur masakan kering.

Sementara olahan nasi jangkrik dibagikan kepada para pemberi sedekah dan masyarakat di lingkungan Menara Kudus.

"Kami ada pos penerimaan sedekah dibentuk untuk menampung dan mengklasifikasi hasil sedekah masyarakat. Ada beras, gula, minyak goreng, dan juga hewan sedekah. Setelah diklasifikasi kemudian diolah menjadi makanan bungkus, hewan sedekah diolah menjadi lauknya dalam bentuk potongan daging," tuturnya.

Denny menyebut, pihak Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) telah menyiapkan rangkaian tradisi Buka Luwur Sunan Kudus.

Mulai dari pengajian dalam rangka Tahun Baru Islam pada 1 Muharam, dilanjutkan dengan pelepasan luwur atau kelambu penutup Makam Sunan Kudus, penerimaan sedekah dari masyarakat, pengaturan ziarah, pemasangan luwur baru, hingga pengajian umum pada malam puncak 10 Muharam. 

Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) juga menyiapkan Pasar Kuliner Jadul di kawasan Taman Menara Kudus yang kini dikenal dengan sebutan Alun-alun Kudus Kulon.

Pasar Kuliner Jadul diikuti oleh 25 pelaku UMKM Kudus dengan beragam produk kukiner yang ditampilkan. Bertujuan untuk meramaikan pelaksanaan tradisi Buka Luwur Sunan Kudus pada tahun ini.

Share:

Konten Terkait

RAGAM Mengenal Nasi Jangkrik yang Dibagikan pada Puncak Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus Tiap 10 Muharam

Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) kembali menyiapkan puluhan ribu bungkus nasi jangkrik untuk dibagikan kepada masyarakat.

Senin 15-Jul-2024 20:30 WIB

Mengenal Nasi Jangkrik yang Dibagikan pada Puncak Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus Tiap 10 Muharam
KRIMINAL Kronologi Tawuran antara Dua Tim Futsal di Kudus, Bukan Adu Skill Malah Adu Jotos

Berawal dari adu mulut hingga adu jotos, dua kelompok remaja berjumlah sekitar 9 orangan, tawuran usai bermain futsal.

Selasa 23-Apr-2024 20:28 WIB

Kronologi Tawuran antara Dua Tim Futsal di Kudus, Bukan Adu Skill Malah Adu Jotos
FINANCE LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah PT BPRS Saka Dana Mulia Kudus Jateng

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyiapkan proses pembayaran klaim penjaminan simpanan dan pelaksanaan likuidasi PT ...

Senin 22-Apr-2024 20:08 WIB

LPS Siapkan Pembayaran Simpanan Nasabah PT BPRS Saka Dana Mulia Kudus Jateng
PEMERINTAHAN Bahas Potensi Kuliner, Menparekraf Sandiaga Uno Temui Komunitas Kreatif dan Pelaku Usaha Wonogiri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri untuk menemui secara langsung komunitas yang bergerak pada sektor kreatif, Jumat (6/10/2023).

Jumat 06-Oct-2023 14:52 WIB

Bahas Potensi Kuliner, Menparekraf Sandiaga Uno Temui Komunitas Kreatif dan Pelaku Usaha Wonogiri
EVENT UMKM Harus Jadi Raja di Negeri Sendiri

Pameran fesyen dan kuliner kembali diselenggarakan Vinkoo Jakarta Fest di Center Point Mall Medan mulai 27 September hingga 1 Oktober 2023.

Jumat 29-Sep-2023 01:25 WIB

UMKM Harus Jadi Raja di Negeri Sendiri

Tulis Komentar