Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Kapal Pengangkut Pasir Tambang di Sungai Bengawan Solo Karam, 1 dari 4 Penambang Hilang

Senin 22-Apr-2024 20:09 WIB

107

Kapal Pengangkut Pasir Tambang di Sungai Bengawan Solo Karam, 1 dari 4 Penambang Hilang

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Nasib nahas menimpa empat orang penambang pasir di Sungai Bengawan Solo di Desa Semanding, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Kapal yang mereka gunakan untuk mengangkut pasir karam.

Beruntung, tiga penambang bernama Kamali, Saparun, dan Sadik bisa selamat saat kapal yang digunakan untuk mengangkut pasir karam.

Nahasnya, satu orang bernama Ahmad Arif dinyatakan hilang.

Ahmad Arif merupakan penambang yang bersal dari Desa Semanding, Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro.


Untuk itu, tim SAR gabungan terdiri dari personel BPBD Jawa Timur dan BPBD Bojonegoro serta beberapa pihak terkait, masih terus mencari pria penambang pasir berusia 35 tahun tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Laela Noer Aeny membenarkan hal ini. Dia mengemukakan, petaka menimpa empat penambang pasir itu terjadi sekitar pukul 12.00.

"Saat kejadian, kondisi permukaan Bengawan Solo sedang besar. Korban (Ahmad Arif, red) tenggelam karena tak bisa berenang," jelasnya kepada awak media, Senin (22/4/2024) sore.

Sementara tiga rekan yang lain yakni Kamali, Saparun, dan Sadik, kata Aeny sapaannya, bisa berenang. Ketiga rekan Ahmad Arif ini pun bisa selamat. Sedangkan Ahmad Arif tidak.

Lebih lanjut, mantan Camat Kepohbaru ini menyebut, jika pencarian Ahmad Arif pada hari pertama ini tak menemukan hasil sampai pukul 17.00, maka pencairan akan dihentikan.

"Lalu, pencarian akan dilanjutkan lagi pada Selasa (23/4/2024) besok. Tentu, kami berharap proses pencarian ini berjalan lancar dan segera membuahkan hasil," pungkasnya.
Warga Selamatkan Pasutri yang Hanyut

Momen dramatis warga melakukan aksi penyelamatan kepada pasangan suami istri memakai jas hujan yang terseret banjir imbas cuaca ekstrim, terekam video amatir.

Video yang menampilkan kejadian dramatis tersebut beredar di grup aplikasi pesan singkat. Diketahui peristiwa terjadi di Desa Pelanglor, Kecamatan Kedunggalar, Kabupaten Ngawi, Minggu malam (21/4/2024).

Petugas BPBD Kabupaten Ngawi Joko Supriyanto mengungkapkan, pasangan suami istri itu terjebak banjir, saat berboncengan mengendarai sepeda motor.

Menurutnya, lokasi tersebut diterjang banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi, yang mengguyur selama satu jam. Kemudian ketinggian air mencapai 50 centimeter menggenangi rumah warga.

“Keduanya nekat menerobos derasnya air di jalan desa setempat. Saat berusaha menyeberang, mereka justru terseret banjir bersama sepeda motornya,” ujar Joko, Senin (22/4/2024).

Dirinya bersyukur, pasangan suami istri itu berhasil diselamatkan oleh masyarakat, walaupun menggunakan alat seadanya. Kendati demikian, sepeda motor mereka belum bisa dievakuasi.

“Warga menyelamatkan istri terlebih dahulu diselamatkan. Setelah itu suaminya. Sepeda motor masih belum bisa dievakuasi karena tersangkut bambu di sungai,” ungkapnya.

Disamping itu Joko juga menambahkan, banjir Desa Pelanglor menyebabkan akses jalan desa terputus.


Banjir juga menggenangi jalan dan rumah warga di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, dan Desa Pojok, Kecamatan Kwadungan.

Pihak BPBD Ngawi menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menerobos banjir. Serta mencari tempat yang aman jika terjebak dalam situasi tersebut.

"Pagi ini air mulai berangsur surut. Selalu waspada terhadap potensi bencana alam, terutama saat hujan deras,” pungkasnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Kapal Pengangkut Pasir Tambang di Sungai Bengawan Solo Karam, 1 dari 4 Penambang Hilang

Beruntung, tiga penambang bernama Kamali, Saparun, dan Sadik bisa selamat saat kapal yang digunakan untuk mengangkut..

Senin 22-Apr-2024 20:09 WIB

Kapal Pengangkut Pasir Tambang di Sungai Bengawan Solo Karam, 1 dari 4 Penambang Hilang
PERISTIWA Kapal Tenggelam di Sungai Kongo Tewaskan 28 Penumpang

Kapal tenggelam di sungai Kongo. Pemerintah setempat melaporkan telah menemukan sedikitnya 28 jenazah penumpang dan puluhan orang lainnya masih hilang.

Senin 16-Oct-2023 02:01 WIB

Kapal Tenggelam di Sungai Kongo Tewaskan 28 Penumpang
PEMERINTAHAN Kapal Kargo Tenggelam di Taiwan, 5 ABK WNI Selamat dan 12 Orang Masih Dicari

brominemedia.com-- Kapal kargo yang membawa ABK WNI tenggelam di perairan Taiwan. Sebanyak 12 WNI masih dalam pencarian dan 5 berhasil diselamatkan.

Kamis 03-Nov-2022 14:46 WIB

Kapal Kargo Tenggelam di Taiwan, 5 ABK WNI Selamat dan 12 Orang Masih Dicari
PERISTIWA Nahas! Kapal Kayu Tenggelam di Teluk Loedik NTT, 7 Penumpang Tewas

brominemedia.com--Sebuah kapal kayu mengalami kecelakaan di Teluk Loedik Desa Boa, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT). Kapal tersebut baru

Senin 17-Oct-2022 10:46 WIB

Nahas! Kapal Kayu Tenggelam di Teluk Loedik NTT, 7 Penumpang Tewas
PERISTIWA 8 Anak Tewas-3 Hilang di Kamboja Usai Kapal Tenggelam

Tragis! Sedikitnya delapan anak tewas dan tiga lainnya hilang di Kamboja setelah kapal yang mengangkut mereka tenggelam di Sungai Mekong.

Jumat 14-Oct-2022 13:31 WIB

8 Anak Tewas-3 Hilang di Kamboja Usai Kapal Tenggelam

Tulis Komentar