Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Iraq Minta Swedia Ekstradisi Pembakar Alquran Salwan Momika

Kamis 14-Sep-2023 05:00 WIB

527

Iraq Minta Swedia Ekstradisi Pembakar Alquran Salwan Momika

Foto : brominemedia.com

brominemedia.com – Pemerintah Iraq telah meminta Swedia untuk mengekstradisi pembakar Al-Quran, Salwan Momika, yang merupakan pengungsi asal negara itu, ungkap pengacaranya kepada AFP pada Selasa.
“Iraq ingin dia diekstradisi karena dia membakar Al-Quran di luar masjid (di Stockholm) pada bulan Juni,” kata pengacara David Hall kepada AFP setelah polisi Swedia menanyai Momika terkait permintaan ekstradisi tersebut.
“Untuk dapat diekstradisi ke negara lain, hukum (di Swedia) menyatakan bahwa kejahatan tersebut harus merupakan kejahatan di Swedia dan Iraq,” kata Hall.
Membakar kitab suci umat Islam “bukan merupakan kejahatan di Swedia, jadi tidak mungkin Swedia mengekstradisinya.”
Pemerintah Swedia mengutuk penodaan terhadap Al-Quran, namun mengklaim menjunjung tinggi hukum di negara itu terkait kebebasan berbicara dan berkumpul.

Virus Nipah Kembali Merenggut Nyawa Manusia di Kerala India
Momika mengatakan kepada AFP bahwa Iraq mengupayakan ekstradisinya “agar saya dapat diadili dan dimintai pertanggungjawaban di Iraq sesuai dengan hukum Islam.
“Saya akan mengajukan pengaduan terhadap Menteri Luar Negeri Iraq Fuad Hussein karena dia melakukan kejahatan politik terhadap saya,” tambahnya.
Momika telah membakar Al-Quran dalam berbagai aksi protes di Swedia sejak bulan Juni, yang memicu kemarahan dan kecaman di negara-negara Muslim.
Para pengunjuk rasa Iraq menyerbu kedutaan Swedia di Baghdad dua kali pada bulan Juli, memicu kebakaran di dalam kompleks kedutaan pada kesempatan kedua.
Pemerintah Swedia sedang menjajaki cara-cara hukum untuk menghentikan protes yang melibatkan pembakaran kitab suci dalam situasi tertentu, namun belum tentu akan ada suara mayoritas untuk perubahan undang-undang.
Hall mengatakan bahwa kasus ekstradisi Momika kemungkinan akan dibawa ke Mahkamah Agung Swedia dan keputusannya “bisa memakan waktu beberapa minggu atau beberapa bulan.”

Konten Terkait

PERISTIWA Iraq Minta Swedia Ekstradisi Pembakar Alquran Salwan Momika

Hidayatullah.com – Pemerintah Iraq telah meminta Swedia untuk mengekstradisi pembakar Al-Quran, Salwan Momika, yang merupakan pengungsi asal negara itu, ungkap pengacaranya kepada AFP pada Selasa. “Iraq ingin dia diekstradisi karena dia membakar Al-Quran di luar masjid (di Stockholm) pada bulan Juni,” kata pengacara David Hall kepada AFP setelah polisi Swedia menanyai Momika terkait permintaan ekstradisi […]

Kamis 14-Sep-2023 05:00 WIB

Iraq Minta Swedia Ekstradisi Pembakar Alquran Salwan Momika
TREND Top 3 Dunia: Pembakaran Al-Quran di Swedia hingga Trump Serukan Negosiasi Rusia Ukraina

Berita Top 3 Dunia pada Jumat 30 Juni 2023 didominasi oleh pembakaran Al-Quran di luar masjid di Swedia.

Sabtu 01-Jul-2023 05:58 WIB

Top 3 Dunia: Pembakaran Al-Quran di Swedia hingga Trump Serukan Negosiasi Rusia Ukraina
TREND Swedia Dikabarkan Secara Resmi Mengumumkan Seks Sebagai Olahraga, Fakta Atau Hoaks?

Isu Swedia yang secara resmi jadikan seks sebagai cabang olahraga sempat menarik perhatian...

Selasa 13-Jun-2023 08:35 WIB

Swedia Dikabarkan Secara Resmi Mengumumkan Seks Sebagai Olahraga, Fakta Atau Hoaks?
OLAHRAGA Tim yang Dipimpin Indra Sjafri Pilih 28 Pemain untuk Ajang Gothia Cup 2023 di Swedia

Tim Pencari Bakat atau talent scouting yang dipimpin Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri memilih 28 pemain untuk tampil di Gothia Cup 2023 di Swedia.

Senin 10-Apr-2023 07:06 WIB

Tim yang Dipimpin Indra Sjafri Pilih 28 Pemain untuk Ajang Gothia Cup 2023 di Swedia
OLAHRAGA Penyerang Gaek Ibrahimovic Kembali Perkuat Timnas Swedia

Penyerang veteran AC Milan Zlatan Ibrahimovic kembali dipanggil untuk memperkuat tim nasional Swedia untuk pertandingan kualifikasi Piala Eropa 2024

Kamis 16-Mar-2023 05:17 WIB

Penyerang Gaek Ibrahimovic Kembali Perkuat Timnas Swedia

Tulis Komentar