Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

EVENT

Diskusi Bareng Media di Palembang, KPK Ungkap Sektor Politik Jadi Fokus Pemberantasan Korupsi

Kamis 30-May-2024 21:01 WIB

149

Diskusi Bareng Media di Palembang, KPK Ungkap Sektor Politik Jadi Fokus Pemberantasan Korupsi

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Pelatihan Bersama Diskominfo Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan dan Diskusi Bersama Media Lokal di Hotel Swarna Dwipa.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekda Sumsel, Ir. S. A. Supriono. Turut hadir Karo Humas KPK RI, Yuyuk Andriyati Iskak, Juru Bicara KPK Ali Fikri, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel Rika Efianti dan pejabat terkait lainnya.

Saat diskusi bersama media lokal ,Ali Fikri mengatakan, ada lima sektor menjadi fokus area pemberantasan korupsi oleh KPK. Salah satu di antaranya adalah sektor politik.

"Momen Pilkada serentak 27 November nanti akan jadi salah satu fokus KPK. Setelah Pemilu, berikutnya ada Pilkada. Di Pilkada nanti ada tantangan tersendiri," kata Ali Fikri, Kamis (30/5/2024).

Menurutnya, KPK pernah melakukan kajian 2019 lalu, untuk menjadi kepala daerah setidaknya butuh Rp 30 miliar hingga Rp 40 miliar. Memang besar nilai uang yang akan ditebar.

Dalam kajian itu, 80 persen lebih pemilih akan menentukan pilihan berdasarkan uang yang diberikan para calon. Tidak hanya di pemilihan legislatif tapi juga eksekutif.

"Di kajian itu kita bisa simpulkan sekitar 80 persen lebih pemilih akan menentukan pilihan berdasarkan uang. Ketika calon memberi uang, baru mereka memilih," katanya.

Kondisi itu membuat mereka yang terpilih akan terbebani dengan modal yang telah dikeluarkan. Sehingga, ketika menjabat nanti pejabat tersebut ingin berupaya mengembalikan modal yang dikeluarkan saat ikut pemilihan.

"Kesadaran korupsi di sektor politik ini yang ingin kita bangun kepada masyarakat," katanya.

Share:

Konten Terkait

KRIMINAL BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pekalongan menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Blok F Pasar Kedungwuni.

Kamis 26-Sep-2024 20:29 WIB

BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan
KRIMINAL Korupsi Dana Desa, Kakam di Way Kanan Divonis 6,5 Tahun Penjara

Edyson, kepala kampung di Way Kanan, dijatuhi vonis enam tahun dan enam bulan penjara karena terbukti korupsi dana desa.

Kamis 01-Aug-2024 21:51 WIB

Korupsi Dana Desa, Kakam di Way Kanan Divonis 6,5 Tahun Penjara
PEMERINTAHAN Dugaan Korupsi Pemerintah Kota Semarang, KPK Jadwalkan Pemeriksaan Hevearita Gunaryanti Rahayu Kamis Ini

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu akan dimintai keterangan soal dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

Rabu 31-Jul-2024 21:20 WIB

Dugaan Korupsi Pemerintah Kota Semarang, KPK Jadwalkan Pemeriksaan Hevearita Gunaryanti Rahayu Kamis Ini
KRIMINAL Korupsi Sewa TKD untuk Keperluan Pribadi, Kades Karangrahayu Bekasi Diringkus Kejari

Kajari Kabupaten Bekasi, Dwi Astuti Beniyati mengatakan tersangka yang menjabat Kades Karangrahayu periode 2021–2027 itu ditangkap Selasa, 9 Juli 2024

Jumat 12-Jul-2024 20:21 WIB

Korupsi Sewa TKD untuk Keperluan Pribadi, Kades Karangrahayu Bekasi Diringkus Kejari
KRIMINAL KPK Masih Pikir-Pikir untuk Banding Pasca SYL Divonis 10 Tahun Penjara

KPK memiliki waktu selama 7 hari untuk setelahnya menyatakan sikap apakah akan melakukan banding atau tetap pada putusan hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Kamis 11-Jul-2024 20:21 WIB

KPK Masih Pikir-Pikir untuk Banding Pasca SYL Divonis 10 Tahun Penjara

Tulis Komentar