Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

TREND

Ancaman RUU Penyiaran Sangat Nyata, Jurnalis Gresik Bersatu Desak Pemkab dan DPRD Ikut Menolak

Senin 03-Jun-2024 20:41 WIB

79

Ancaman RUU Penyiaran Sangat Nyata, Jurnalis Gresik Bersatu Desak Pemkab dan DPRD Ikut Menolak

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Draft revisi RUU Penyiaran yang masih digodok di Komisi I DPR RI terus menuai kontroversi akibat adanya pasal-pasal yang mengebiri kebebasan pers. Ancaman kebebasan pers itu mendorong semua jurnalis di Gresik bersatu menyuarakan penolakan atas pembahasan RUU itu, Senin (3/6/2024).

Puluhan pekerja pers menggelar aksi di Kantor Pemkab Gresik Jalan, Dr Wahidin Sudirohusodo Husodo dan Kantor DPRD Kabupaten Gresik, Jalan KH Wachid Hasyim, Senin (3/6/2024). Bahkan para wartawan juga menggelar teaterikal dan pengumpulan ID card pers.

Berasal dari berbagai profesi baik media cetak, online dan televisi, mereka membentangkan poster dan spanduk berisikan tolakan terhadap RUU yang digagas DPR RI.

Beberapa poster tersebut bertuliskan, 'Kami jurnalis bukan mafia tambang; 3 Kata Tolak RUU Penyiaran; Kami bukan agen rilis, butuh investigasi; Tolak RUU Penyiaran; Kalau takut diinvestigasi jangan korupsi; dan Kami hanya mencari berita sesuai fakta dan realita'.

Puluhan jurnalis bergantian menyampaikan orasi, sampai akhirnya massa ditemui oleh Sekretaris Daerah Pemkab Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman bersama Kabag Kesbangpol Pemkab Gresik, Nanang Setiawan; Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Gresik, Dra Ninik Asrukin, M,M.

Tuntutan massa yaitu meminta Pemkab Gresik menyepakati tuntutan 'Jurnalis Gresik Bersatu' untuk menolak RUU Penyiaran yang mengancam demokrasi dan kebebasan berpendapat.

"Kita jurnalis Gresik bersatu menuntut Pemkab Gresik dan DPRD Kabupaten Gresik menolak RUU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002. Undang-undang tersebut membungkam jurnalis sebagai pilar demokrasi," kata Miftahul Arif, Ketua Komunitas Wartawan Gresik (KWG).

Sementara Sekda Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman mengatakan, RUU Penyiaran ini menganggu tugas jurnalis dan adanya pasal-pasal yang bermasalah, maka perlu disampaikan ke stakeholder di DPR RI melalui DPRD Gresik.

"Intinya, kita mendukung tuntutan para jurnalis Gresik yang menolak RUU Penyiaran. Sehingga, tuntutan ini akan disampaikan ke Pemerintah Pusat," kata Washil.

Setelah mendapat penjelasan tersebut, massa melanjutkan unjuk rasa ke DPRD Gresik. Masa menggelar teaterikal penolakan RUU Penyiaran dan pengumpulan ID card sebagai bentuk perampasan hak jurnalis.

Ketua DPRD Kabupaten Gresik, Moch Abdul Qodir yang kemudian turun menemui para wartawan. Dalam pertemuan tersebut, Abdul Qodir berjanji akan menyampaikan tuntutan ke pimpinan fraksi-fraksi di DPRD Gresik, agar disampaikan ke masing-masing Komisi di DPR RI.

"Kita mendukung aspirasi dari teman-teman Jurnalis Gresik Bersatu, nanti fotocopy draft tuntutanakan kami sampaikan ke masing-masing pimpinan fraksi. Agar disampaikan ke DPR RI," kata Qodir.

Konten Terkait

EVENT Libatkan Masyarakat, Bima-Mujab Siapkan 15 Program Prioritas untuk Kabupaten Tegal

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Tegal nomor urut 1, Bima Eka Sakti dan Muhammad Syaeful Mujab menyiapkan 15 program prioritas.

Selasa 08-Oct-2024 20:21 WIB

Libatkan Masyarakat, Bima-Mujab Siapkan 15 Program Prioritas untuk Kabupaten Tegal
EVENT Pemilih Pemula Menuju Pilkada 2024 Antusias Ikuti Festival Demokrasi

Festival Demokrasi upaya meningkatkan partisipasi dan edukasi pemilih pemula digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung.

Rabu 04-Sep-2024 20:40 WIB

Pemilih Pemula Menuju Pilkada 2024 Antusias Ikuti Festival Demokrasi
PERISTIWA Polisi Pukul Kepala Pelajar yang Demo Depan Balai Kota Semarang, Ada yang Diamankan

Buntut aksi demonstrasi di depan kantor Wali Kota Semarang beberapa pelajar diangkut oleh polisi.

Senin 26-Aug-2024 20:32 WIB

Polisi Pukul Kepala Pelajar yang Demo Depan Balai Kota Semarang, Ada yang Diamankan
PERISTIWA Konsolidasi Muhammadiyah Bahas Izin Tambang di Yogyakarta Diwarnai Demonstrasi

Puluhan demonstran mendatangi konsolidasi Muhammadiyah di depan gerbang Unisa hingga seberang jalan di depan Convention Hall.

Sabtu 27-Jul-2024 19:04 WIB

Konsolidasi Muhammadiyah Bahas Izin Tambang di Yogyakarta Diwarnai Demonstrasi
PERISTIWA 12 Tuntutan Mahasiswa Dalam Demo '10 Tahun Kepemimpinan Jokowi'

Dalam demonstrasi tersebut, massa menyampaikan 12 tuntutan kepada pemerintah.

Senin 22-Jul-2024 20:28 WIB

12 Tuntutan Mahasiswa Dalam Demo '10 Tahun Kepemimpinan Jokowi'

Tulis Komentar