FINANCE

Wapres Ma'ruf Jelaskan Strategi agar Perekonomian Syariah Meroket

Rabu 11-Sep-2024 20:39 WIB 21

Foto : detik

Brominemedia.com – Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyampaikan strategi menjadikan ekonomi dan keuangan syariah tetap eksis dan makin berkembang. Menurutnya, sektor tersebut berpotensi memiliki peran krusial dalam perekonomian nasional.

"Pertama, terapkan pembangunan ekonomi syariah berkelanjutan dengan pendekatan ekosistem secara menyeluruh dan terintegrasi lintas sektor," ujar Ma'ruf Amin dalam acara Seminar Nasional bertajuk 'Membaca Ekonomi dan Keuangan Syariah pada Pemerintahan Baru Indonesia' yang diselenggarakan oleh Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (11/9/2024).

Ma'ruf Amin menyoroti pentingnya penelitian dan pengkajian lebih lanjut tentang pendekatan ekonomi dan keuangan syariah yang efisien dan efektif sehingga dapat terus berkembang. Kemudian dia menyebut bahwa digitalisasi berperan penting dalam memperkuat ekonomi dan keuangan syariah.

"Kedua, kuasai dan kembangkan sistem digitalisasi untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah," sambungnya.

Dia menilai pengembangan infrastruktur digital dan penguatan kerja sama dengan sektor swasta juga penting untuk membangun ekosistem digital syariah di Tanah Air. Terlebih terhadap perguruan tinggi, tempat lahirnya para sumber daya manusia andal dan riset inovasi, untuk berkontribusi dalam pengembangan ekonomi syariah nasional.

"Ketiga, perkuat ekonomi dan keuangan syariah dengan sumber daya yang berkompeten dan dapat diandalkan. Saya berharap seluruh sivitas akademika Universitas Diponegoro mampu meraih keberhasilan akademik yang gemilang," jelasnya.

Dia menyebutkan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Pertumbuhan itu, menurut dia, terjadi sejak 2019.

"Ekonomi dan keuangan syariah telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dalam lima tahun terakhir," kata Ma'ruf Amin.

Kendati begitu, Ma'ruf Amin berharap ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia harus terus meningkat pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Ke depan, ekonomi dan keuangan syariah harus mampu bertransformasi lebih baik agar mampu mengakselerasi kesejahteraan ekonomi yang lebih merata dan berkeadilan," harap Ma'ruf Amin.

Ma'ruf mengatakan pembangunan ekonomi dan keuangan syariah nasional telah masuk ke rencana pembangunan periode 2024-2029 dengan nama Asta Cita.

"Selain itu, pemerintah terus berupaya membangun fondasi yang kuat melalui penguatan kelembagaan, penyusunan regulasi pendukung, hingga pengintegrasian ekonomi dan keuangan syariah dalam rencana pembangunan nasional yang dikenal sebagai Asta Cita, visi dan misi pemerintah terpilih 2024-2029," ucap dia.

Menurutnya, ekonomi syariah menjadi bagian penting dalam strategi memperkuat ketahanan ekonomi nasional dan menciptakan kemandirian bangsa.

"Yang juga selaras dengan upaya pengembangan ekonomi digital, ekonomi hijau, dan ekonomi biru," pungkas Ma'ruf Amin.

Konten Terkait

FINANCE Wapres Ma'ruf Jelaskan Strategi agar Perekonomian Syariah Meroket

Ma'ruf Amin menyoroti pentingnya penelitian dan pengkajian lebih lanjut tentang pendekatan ekonomi dan keuangan syariah yang efisien dan efektif.

Rabu 11-Sep-2024 20:39 WIB

TREND Mengejar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 8%, Ekonom Ungkap Syaratnya

Ekonom senior Indef, menyebutkan, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh angka 8% masih bisa dicapai (attainable growth).

Minggu 08-Sep-2024 20:24 WIB

TREND Tren Pertumbuhan Industri Waralaba Jadi Peluang yang Menjanjikan

Pertumbuhan industri waralaba di Indonesia terus menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir. Industri itu mencatat pertumbuhan rata-rata sebesar 10%-15% per tahun sejak 2019.

Kamis 05-Sep-2024 20:38 WIB

PEMERINTAHAN Pelindo Borong Penghargaan Internasional ASEAN Risk Award 2024

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berhasil mendapatkan tiga penghargaan internasional sekaligus pada ajang ASEAN Risk Award 2024 (ARA).

Senin 19-Aug-2024 20:44 WIB

PERISTIWA Israel Makin Diboikot, Perusahaan Amunisi dan Senjata Eropa Ogah Kirim Bahan Baku

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejak serangan Israel ke jalur Gaza pada 7 Oktober 2023, beberapa produsen amunisi dan pemasok bahan baku senjata memutuskan untuk menerapkan "embargo diam-diam dan tidak resmi" terhadap...

Selasa 16-Jul-2024 19:10 WIB

Tulis Komentar