PEMERINTAHAN

Pemkab Wonosobo Percepat Integrasi SPBE untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Kamis 12-Sep-2024 20:36 WIB 22

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Pemkab Wonosobo terus mendorong digitalisasi administrasi pemerintahan melalui penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Penyelenggaraan SPBE ditujukan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas layanan publik dan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) secara terpadu.

Menindaklanjuti hal itu, Forum Koordinasi SPBE dengan tema 'Mewujudkan Keterpaduan Layanan Publik Digital' digelar di Ruang Rapat Mangunkusuma Setda Kabupaten Wonosobo, Kamis (12/9/2024).

Diskusi itu berfokus pada penyelarasan sistem dan teknologi, pembaruan regulasi, serta pengembangan sumber daya manusia yang mendukung implementasi SPBE di Kabupaten Wonosobo.

Harapannya menjadi wadah bagi OPD dan instansi terkait untuk berkoordinasi dalam upaya menciptakan integrasi layanan publik berbasis digital, sehingga dapat memudahkan akses masyarakat terhadap berbagai layanan yang disediakan oleh pemerintah. 

Kabid Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika Diskominfo Kabupaten Wonosobo, Sugeng Riyadi menyampaikan, kegiatan ini untuk mengembangkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dengan membangun portal layanan publik terpadu.

Dia menjelaskan, pengembangan SPBE harus dilakukan secara bertahap.

Saat ini langkah awal yang dilakukan adalah mengidentifikasi jenis layanan elektronik yang ada.

Nantinya jenis layanan elektronik yang ada akan dipetakan terlebih dahulu mengenai potensi integrasi layanannya dari sisi teknisinya.

"Kami akan mencoba layanan yang paling prioritas yang akan digunakan."

"Ini prosesnya panjang mengingat resource yang kami miliki tidak banyak," ungkapnya melalui Tribunjateng.com, Kamis (12/9/2024).

Maka dari itu, penambahan SDM khususnya bagian programmer yang paham mengenai sistem mobile diperlukan untuk mempercepat terwujudnya SPBE.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Wonosobo, Mohamad Riyatno mengatakan, akan ada pertemuan lanjutan yang dihadiri seluruh komponen untuk memahami terkait struktur SPBE.

Banyaknya aplikasi saat ini yang telah dikembangkan oleh masing-masing OPD dapat diintegrasikan dan memilah mana yang bisa berkelanjutan mana yang bisa stop.

Dijelaskan, saat ini ada 135 aplikasi dikelola Pemkab Wonosobo yang tersebar di seluruh perangkat daerah. 

Sedangkan di tingkat desa ada 44 jenis aplikasi, baik dari pusat, provinsi, maupun kabupaten. 

Permasalahannya, masing-masing aplikasi berdiri sendiri tanpa interoperabilitas dan integrasi data di dalamnya.

Namun demikian, dijelaskan dengan ini tidak membatasi untuk berinovasi, namun dalam prosesnya harus sesuai alur agar dapat diakomodir kebutuhan dengan baik.

Dalam penerapan SPBE harus menjamin keterpaduan dalam layanan publik berbasiskan TIK untuk mencapai efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas tata kelola penyelenggaraan pemerintahan yang baik sesuai visi dan misi pemerintah daerah.

"Fungsi interoperabilitas dan integrasi ini yang diharapkan difasilitasi lewat keberadaan Diskominfo."

"Setiap pengembangan inovasi tetap diperlukan," tandasnya.

Share:

Konten Terkait

KESEHATAN Psikolog Minta Orang Tua Bekali Anak dengan Panduan Gunakan Media Sosial

Paparan konten negatif di media sosial bisa menimbulkan gangguan perkembangan sosial pada anak yang belum matang secara emosional.

Jumat 13-Sep-2024 20:29 WIB

PEMERINTAHAN Pemkab Wonosobo Percepat Integrasi SPBE untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Penyelenggaraan SPBE ditujukan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas layanan publik dan pemerintahan dengan memanfaatkan TIK secara terpadu.

Kamis 12-Sep-2024 20:36 WIB

PEMERINTAHAN Pengusaha Sebut PP 28/2024 Berpotensi Gerus Kinerja Industri dan Ekonomi RI, Ini Penjelasannya

Apindo menyebut kinerja industri dan perekonomian nasional bakal turut terdampak imbas adanya Peraturan Pemerintah Nomor 28

Rabu 11-Sep-2024 20:41 WIB

TEKNOLOGI Mengulas Kemampuan Apple Intelligence

JPNN.com - Apple memperkenalkan sistem kecerdasan buatan terbarunya, Apple Intelligence, bersamaan perilisan iPhone 16 series.

Selasa 10-Sep-2024 20:28 WIB

PEMERINTAHAN Peserta Banyak yang Kebingungan Saat Mempersiapkan Tes Masuk CPNS

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Menghadapi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 bisa menjadi tantangan besar bagi banyak calon pelamar. Kondisi ini, salah satunya dialami Nurul Iman Fikri, calon pelamar CPNS.Menurutnya, saat...

Selasa 10-Sep-2024 20:28 WIB

Tulis Komentar