PERISTIWA

Pasca Kecelakaan SAM Air, TNI dan Polri Perketat Pengamanan di Bandara Panua Pohuwato

Minggu 20-Oct-2024 20:32 WIB 4

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – TNI dan Polri membangun enam pos penjagaan di sekitar area jatuhnya pesawat SAM Air di sekitar Bandara Panua Pohuwato pada Minggu (20/10/2024)

Penjagaan ketat ini bertujuan untuk mengamankan lokasi kecelakaan, termasuk puing-puing pesawat dan barang-barang di dalamnya, dari potensi gangguan atau campur tangan pihak luar.

Pantauan langsung TribunGorontalo.com, para petugas yang berjaga di lokasi menyebutkan bahwa pos-pos tersebut didirikan untuk memastikan keamanan sisa-sisa pesawat.

"Kita harus mengantisipasi setiap kejadian yang tidak kita inginkan, serta pos ini untuk menjaga barang serta puing pesawat agar tetap aman," ujar salah satu anggota TNI yang berjaga di sekitar bandara.

Masyarakat yang berada di sekitar lokasi kecelakaan juga mendapat perhatian khusus.

Setiap warga yang mendekati area puing dipantau secara ketat, dan beberapa warga yang tinggal di sekitar area kejadian dipindahkan sementara untuk mensterilkan lokasi.

Kecelakaan ini terjadi saat pesawat SAM Air, yang melayani rute penerbangan perintis ke Bandara Panua Pohuwato, mengalami masalah tak lama setelah lepas landas.

Pesawat yang berkapasitas 19 penumpang itu dilaporkan jatuh di sekitar area tambak udang, hanya beberapa kilometer dari landasan pacu.

Hingga kini, pihak berwenang masih terus menyelidiki penyebab pasti kecelakaan tersebut, namun laporan awal mengindikasikan kemungkinan masalah teknis.

Pesawat SAM Air sebelumnya sempat menjadi andalan dalam meningkatkan mobilitas di wilayah Gorontalo, terutama setelah penerbangan perdana ke Bandara Panua pada awal tahun 2024.

Namun, insiden ini memicu keprihatinan besar terkait keselamatan penerbangan di wilayah tersebut.


Pengamanan Ketat dan Sterilisasi Lokasi

Untuk memastikan situasi tetap kondusif, petugas TNI dan Polri akan berjaga selama 24 jam penuh di enam titik strategis di sekitar area kecelakaan.

Batas-batas lokasi yang disterilkan mencakup bagian belakang bandara hingga area tambak udang.

Pihak kepolisian juga mengimbau masyarakat agar tidak melanggar batas yang telah ditetapkan, guna menjaga kelancaran proses investigasi dan evakuasi.

“Kami meminta masyarakat untuk tetap kooperatif dan tidak mendekati lokasi yang sudah ditandai,” tegas salah satu petugas kepolisian.

Proses evakuasi pesawat masih dalam persiapan, sementara tim penyelamat terus memantau kondisi di lapangan.

TribunGorontalo.com terus berusaha menghubungi pihak Polres dan TNI untuk memperoleh informasi terbaru terkait langkah-langkah evakuasi dan penyelidikan lebih lanjut.


4 Orang Meninggal 

Diberitakan sebelumnya, empat penumpang menjadi korban kecelakaan Pesawat PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM AIR) jatuh di Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Provinsi, Minggu (20/10/2024) pagi Wita.

Pesawat Sam Air berkapasitas 19 penumpang ini diduga mengalami masalah sesaat sebelum mendarat di Bandara Panua Pohuwato.

Seluruh korban sempat dievakuasi ke Puskesmas Randangan.

Adapun kondisi pesawat hancur, di mana sayapnya terpisah dari badan.

Pesawat Sam Air ditemukan di kawasan tambak warga Randangan atau 500 meter dari Bandara Panua Pohuwato.

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Desmont Harjendro masih sementara menuju lokasi Bandara Panua Pohuwato.

Sementara itu, Dandim 1313 Pohuwato, Letkol Inf. Madiyan Surya, saat dikonfirmasi TribunGorontalo.com, menyebut masih akan melakukan pendataan detail di TKP.

"Saya lagi di lapangan guna mengumpulkan sejumlah data-data," tuturnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Pasca Kecelakaan SAM Air, TNI dan Polri Perketat Pengamanan di Bandara Panua Pohuwato

Penjagaan ketat ini bertujuan untuk mengamankan lokasi kecelakaan, termasuk puing-puing pesawat dan barang-barang di dalamnya, dari potensi gangguan a

Minggu 20-Oct-2024 20:32 WIB

TEKNOLOGI KURANGI Emisi CO2, Virgin Australia Jadi Maskapai Internasional Pertama Pengguna SAF Pertamina

SAF adalah bahan bakar cair, yang saat ini digunakan dalam penerbangan komersial yang mengurangi emisi CO2 hingga 80 persen.

Jumat 20-Sep-2024 21:02 WIB

PERISTIWA Kecelakaan Honda Beat vs Truk Isuzu di Jalan Lalung-Tegalgede Karanganyar, Pengendara Motor Tewas

Pengendara motor yaitu seorang pelajar bernama Muhammad Lutfi Alfarizi (17) warga Kelurahan/Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Kamis 12-Sep-2024 20:34 WIB

PERISTIWA Kronologi Kecelakaan di Jalan Raya Blora-Cepu antara Motor vs Kbm Truck Box

Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Blora–Cepu tepatnya ikut wilayah Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Senin (9/9/2024) siang.

Senin 09-Sep-2024 21:15 WIB

PERISTIWA Kecelakaan Bus Mira Masuk Parit di Ngawi Tewaskan Satu Kernet

Kecelakaan Bus Mira di Ngawi ternyata tewaskan kernet bus itu, dan penyebab kecelakaan masih diselidiki polisi

Jumat 23-Aug-2024 20:48 WIB

Tulis Komentar