OTOMOTIF

Bus Listrik DKI Jakarta Bertambah 26 Unit, Dishub Bicara Pengadaan dan Pengoperasian pada Tahun Depan

Kamis 29-Dec-2022 05:38 WIB 152

Foto : tempo

brominemedia.com- Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pengadaan dan Pengoperasian 26 unit bus listrik.

"Jadi tahun ini memang target yang kami berikan kepada PT Transjakarta 100 bus listrik, tetapi mencermati waktu yang semakin mepet,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo dalam keterangan tertulis, Rabu, 28 Desember 2022.

Syafrin mengatakan, Pemprov DKI melalui PT Transjakarta telah memiliki 56 bus listrik karena sebelumnya telah dioperasikan sebanyak 30 bus listrik. Jumlah tersebut, termasuk dengan 26 bus listrik tambahan.

“Yang kita harapkan adalah paling tidak ada perjanjian kerja sama dulu,” ujarnya.

Dengan adanya PKS, kata dia, pengadaan dan pengoperasian tambahan 44 bus listrik diharapkan berjalan lancar. Pemprov DKI juga telah merencanakan penambahan 120 bus listrik pada 2023.

Senada dengan Syafrin, Dirut PT Transjakarta, Mochammad Yana Aditya berharap dengan adanya kerja sama ini menjadikan layanan transportasi di Jakarta bisa melibatkan seluruh stakeholders, bukan hanya dari Transjakarta.

Menurut Direktur Perum PPD, Joni Prasetiyanto, kerja sama ini adalah dalam rangka penyegaran armada berbasis pemenuhan kebutuhan kendaraan listrik. Salah satu dasar pelaksanaannya adalah PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

Dengan adanya PKS tersebut, pihaknya berharap dapat lebih berperan lagi dalam pelayanan transportasi di Jakarta ke depan. “Terutama melalui kerja sama yang semakin baik dengan PT Transjakarta,” kata dia.

Sebelumnya, Syafrin Liputo mengatakan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) akan menambah 190 bus listrik. Pengadaan bus listrik Transjakarta itu akan  menggunakan APBD 2023.

“Tahun depan ada penambahan 190 bus listrik,” kata Syafrin saat ditemui kawasan Monas usai Apel Operasi Lilin, Kamis, 22 Desember 2022.

Kadishub DKI Jakarta itu mengatakan penambahan tersebut dilakukan sesuai rencana kerja PT Transjakarta. “Rencana kerja anggaran perusahaan TJ, tahun depan kita akan operasional total sebanyak 220 bus listrik,” ujarnya.

Konten Terkait

TRAVEL Bus Listrik Trans Semanggi di Surabaya Berhenti Beroperasi Pada Awal Tahun Ini, Kenapa?

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya, Jawa Timur, telah melaporkan bus listrik Tran Semanggi telah berhenti beroperasi pada awal tahun ini.

Rabu 11-Jan-2023 08:30 WIB

FINANCE Bus Listrik Transjakarta Dapat Subsidi Tarif Tiket Rp3,9 Triliun dari APBD DKI

Skema pengadaan bus listrik Transjakarta adalah investasi yang dilakukan oleh 3 operator.

Rabu 04-Jan-2023 10:34 WIB

OTOMOTIF Transjakarta dan Perum PPD Bakal Hadirkan 26 Bus Listrik, Sejalan Dengan Arahan Jokowi

Transjakarta dilaporkan telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Perum PPD untuk menghadirkan bus listrik. Ini pun sesuai arahan Jokowi.

Kamis 29-Dec-2022 13:00 WIB

OTOMOTIF Bus Listrik DKI Jakarta Bertambah 26 Unit, Dishub Bicara Pengadaan dan Pengoperasian pada Tahun Depan

Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) Pengadaan dan Pengoperasian 26 unit bus listrik.

Kamis 29-Dec-2022 05:38 WIB

OTOMOTIF Menperin Pastikan Insentif Bus Listrik, Berapa Besarannya?

Menperin memastikan bahwa insentif kendaraan listrik tak akan hanya diberikan untuk pembelian mobil dan motor listrik, tapi juga pada bus listrik.

Rabu 28-Dec-2022 10:34 WIB

Tulis Komentar