Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

EVENT

Vakum Tiga Tahun karena Pandemi, Pemerintah Lombok Barat Kembali Gelar Tradisi Lebaran Topat

Selasa 18-Apr-2023 04:58 WIB

517

Vakum Tiga Tahun karena Pandemi, Pemerintah Lombok Barat Kembali Gelar Tradisi Lebaran Topat

Foto : tempoin

brominemedia.com - Idul Fitri atau Lebaran di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat selalu menjadi momen yang ditunggu masyarakat di sana, termasuk para pemudik yang pulang kampung ke tanah kelahiran. Ada banyak kegiatan dan tradisi yang sering dilakukan masyarakat Lombok Barat, salah satunya perayaan Lebaran Topat (Ketupat).

Kapan Digelar Lebaran Topat

Seperti halnya di Jawa ada Bakda Tupat, yang berarti sama, Lebaran Topat di Lombok menjadi tradisi turun-temurun yang diadakan sepekan setelah Lebaran atau setelah menunaikan puasa sunnah Syawal selama 6 hari berturut-turut. Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat M. Fajar Taufik mengatakan perayaan Idul Fitri 2023 ini, pemerintah akan kembali merayakan tradisi Lebaran Topat.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

’Dispar Lombok Barat akan lebih banyak melibatkan pelaku usaha pariwisata dan wisatawan yang ada di Senggigi, ‘’ kata Fajar Taufik sewaktu memimpin rapat persiapan perayaan Lebaran Topat bersama Kasat Pol PP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan Lombok Barat, kepolisian dan pemangku kebijakan lainnya, Senin 17 April 2023.'

Lebaran Topat sejak 2020 tak lagi diadakan secara resmi oleh pemerintah lantaran kasus pandemi Covid-19 masih marak. Masyarakat setempat tetap menggelar meski dilakukan mandiri. Tapi mulai tahun ini, pemerintah akan menggelar kembali tradisi ini. “Lebaran Topat akan kita laksanakan pada hari ketujuh bulan Syawal atau Sabtu, 29 April 2023,” ujar Taufik.

Gunungan Ketupat (foto Dinas Pariwisata Lombok Barat)

Tradisi Lebaran Topat Dimulai dengan...

Tradisi perayaan Lebaran Topat dimulai dengan melaksanakan prosesi adat seperti berziarah kubur, mengambil air, dan berdoa. Setelah prosesi adat, bupati bersama warga kemudian merayakan Lebaran Topat di Pantai Duduk, Kecamatan Batulayar.

Perayaan Lebaran Topat juga akan dimeriahkan dengan atraksi kesenian serta berbagai kegiatan seperti Lomba Dulang Pesaji, Festival UMKM, dan Lomba Parade Gunungan Topat. "Yang berbeda dari event sebelumnya, kita adakan Lomba Gunungan Topat yang pesertanya dari pelaku pariwisata hotel dan restoran, lalu ada festival UMKM  yang pesertanya sudah terdata di Disperindag," ucap Taufik.

Di Lombok, kemeriahan Lebaran Topat berlsangsung di berbagai lokasi di sepanjang pantai mulai di Sekotong, Lembar, Cemare di Lombok Barat hingga pantai Loang Baloq, Ampenan di Kota Mataram hingga pantai Batu Layar di Lombok Barat. Keramaian serupa juga biasanya ada di Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.

Konten Terkait

EVENT Vakum Tiga Tahun karena Pandemi, Pemerintah Lombok Barat Kembali Gelar Tradisi Lebaran Topat

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat kembali menggelar tradisi Lebaran Topat yang selama pandemi Covid-19 diadakan secara mandiri oleh masyarakat.

Selasa 18-Apr-2023 04:58 WIB

Vakum Tiga Tahun karena Pandemi, Pemerintah Lombok Barat Kembali Gelar Tradisi Lebaran Topat
EVENT Vakum Tiga Tahun karena Pandemi, Lebaran Topat di Lombok Barat akan Digelar Pemerintah Lagi

Pemerintah Kabupaten Lombok Barat kembali menggelar tradisi Lebaran Topat yang selama pandemi Covid-19 diadakan secara mandiri oleh masyarakat.

Selasa 18-Apr-2023 04:58 WIB

Vakum Tiga Tahun karena Pandemi, Lebaran Topat di Lombok Barat akan Digelar Pemerintah Lagi
FINANCE Setelah Tertunda Karena Pandemi, Kini Pembangunan Masjid Agung Jateng di Magelang Akhirnya Dimulai

Pembangunan diawali dengan ground breaking oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Selasa (31/1/2023).

Rabu 01-Feb-2023 09:27 WIB

Setelah Tertunda Karena Pandemi, Kini Pembangunan Masjid Agung Jateng di Magelang Akhirnya Dimulai

Tulis Komentar