Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PENDIDIKAN

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menerjunkan Puluhan Mahasiswa Ikut KKN di Arab Saudi

Jumat 03-Feb-2023 05:57 WIB

218

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menerjunkan Puluhan Mahasiswa Ikut KKN di Arab Saudi

Foto : harianjogja

brominemedia.com -Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerjunkan mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata di Arab Saudi. KKN ini sebagai bentuk kepedulian UMY dalam meningkatkan kualitas pendidikan sekolah Indonesia di luar negeri.

Kepala Divisi Pengabdian Mahasiswa LPM UMY Aris Slamet Widodo menjelaskan dalam program KKN Internasional Sekolah Indonesia Jeddah ini mahasiswanya melakukan pengabdian selama 28 hari. Mereka akan melakukan beberapa kegiatan pemberdayaan di beberapa instansi di Arab Saudi salah satunya dengan mengajar di sekolah Indonesia di Arab Saudi.

“Di luar negeri tentunya banyak sekolah Indonesia, kalau di Arab Saudi sendiri ada sekolah Indonesia Jeddah. KKN ini sebagai bentuk kepedulian UMY untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah Indonesia tersebut. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk meningkatkan jaringan inernasional yang berguna untuk meningkatkan kualitas UMY dan juga mahasiswanya,” katanya dalam rilis yang dikirim Humas UMY,  Kamis (2/3/2023).

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

Ia menambahkan untuk memperlancar proses kegiatan itu pihak kampus sudah menjalin kemitraan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Riyadh (KBRI Riyadh) hingga kantor urusan haji dan umrah Kementerian Agama Republik Indonesia. “Harapan kami pihak-pihak ini dpaat membantu mendampingi kami selama di sana,” lanjut Aris

Dalam setahun, setidaknya akan ada 80 mahasiswa yang diberangkatan untuk melakukan program KKN Internasional ini yang akan dibagi dalam empat kloter. Dalam setiap kloternya terdiri dari 20 mahasiswa. Adapun mahasiswa yang akan mengikuti KKN ini akan membayar kegiatan secara mandiri.   

UMY juga telah melakukan KKN internasional, pemberdayaan sekolah Indonesia di luar negeri seperti Sekolah Indonesia Davao di Philipine dan sekolah Indonesia di Malaysia. Program KKN Internasional Sekolah Indonesia Jeddah ini juga masih dalam tahap koordinasi dan persiapan, dan jika memungkinkan penerjunan pertama akan dilakukan di bulan Mei 2023. Adapun yang akan menjadi fokus program KKN ini adalah pemberdayaan sekolah.

“Fokus programnya adalah pemberdayaan sekolah secara manajemen, melakukan pendampingan guru saat mengajar, dan mengenalkan budaya Indonesia pada anak keturunan WNI yang bekerja di sana,” ujarnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Bus Jamaah Umrah Terbakar di Arab Saudi, 20 Orang Tewas

Bus yang mengangkut jamaah umrah mengalami kecelakan di Arab Saudi. Sebanyak 20 orang tewas dan lainnya luka-luka.

Selasa 28-Mar-2023 09:47 WIB

Bus Jamaah Umrah Terbakar di Arab Saudi, 20 Orang Tewas
EVENT Rayakan Ulang Tahun, Universitas Muhammadiyah Surabaya Buat Proyek Inovasi di 39 Sekolah dan Komunitas

Universitas Muhammadiyah Surabaya membuat proyek inovasi di 39 sekolah dan komunitas di Indonesia

Kamis 09-Mar-2023 09:30 WIB

Rayakan Ulang Tahun, Universitas Muhammadiyah Surabaya Buat Proyek Inovasi di 39 Sekolah dan Komunitas
PENDIDIKAN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menerjunkan Puluhan Mahasiswa Ikut KKN di Arab Saudi

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menerjunkan mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata di Arab Saudi.

Jumat 03-Feb-2023 05:57 WIB

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menerjunkan Puluhan Mahasiswa Ikut KKN di Arab Saudi
PERISTIWA Kronologi Jatuhnya Pesawat di Nepal hingga Imlek di Arab Saudi

Top 3 dunia adalah kronologi jatuhnya Yeti Airlines di Nepal, kisah tragis co-pilot pesawat jatuh hingga perayaan Imlek digelar di Arab Saudi.

Selasa 17-Jan-2023 06:00 WIB

Kronologi Jatuhnya Pesawat di Nepal hingga Imlek di Arab Saudi
PERISTIWA Amnesty International Desak Cristiano Ronaldo Ikut Suarakan Persoalan HAM di Arab Saudi

Amnesty International mendesak Cristiano Ronaldo untuk ikut berbicara tentang masalah hak asasi manusia (HAM) di Arab Saudi.

Kamis 05-Jan-2023 06:06 WIB

Amnesty International Desak Cristiano Ronaldo Ikut Suarakan Persoalan HAM di Arab Saudi

Tulis Komentar