Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

TRAVEL

Thailand Bakal Tutup Duty-Free di Bandara, Ada Apa?

Selasa 09-Jul-2024 20:27 WIB

81

Thailand Bakal Tutup Duty-Free di Bandara, Ada Apa?

Foto : tempo

Brominemedia.com – Thailand akan menutup semua duty-free atau toko bebas bea di ruang kedatangan bandara internasional. Penutupan ini dilakukan untuk mendorong belanja wisatawan di tempat lain di dalam negeri. 

Media lokal The Nation dan Bangkok Post menyebut bahwa rencana penutupan telah diumumkan oleh Kabinet pada Selasa, 2 Juli 2024. Namun, batas penutupan ini belum ditentukan. 

Toko duty-free tersedia di beberapa bandara internasional seperti Suvarnabhumi, Don Mueang, Chiang Mai, Phuket, Hat Yai, U-Tapao, Samui, dan Krabi. Tiga operator mengelola toko bebas bea di area kedatangan di dalam bandara tersebut. Menurut pemerintah Thailand, toko-toko ini menghasilkan total keuntungan sebesar 3,02 miliar baht atau sekitarRp1,35 triliun pada tahun 2023.

Operator-operator ini telah setuju untuk menghentikan operasi di semua toko bebas bea masuk sampai kebijakan tersebut dicabut, menurut juru bicara.


Belanja di toko lokal diperkirakan meningkat

Penutupan semua toko bebas bea di area kedatangan bandara Thailand diperkirakan akan meningkatkan pengeluaran wisatawan di toko-toko lokal rata-rata 570 baht atau sekitar Rp255 ribu selama perjalanan mereka, menurut perhitungan pemerintah.

Penutupan berarti pendapatan operator bebas bea akan berkurang, namun proyeksi belanja ritel lokal sebesar 3,5 miliar baht atau Rp1,6 triliun setiap tahunnya akan meningkatkan produksi, investasi, dan lapangan kerja secara keseluruhan, menurut pemerintah Thailand.

Penutupan ini juga diperkirakan akan meningkatkan konsumsi dalam negeri, penggunaan produk lokal, dan meningkatkan nilai ekonomi secara keseluruhan.


Tungkatkan fasilitas penumpang

Ruang yang didapat dari penutupan duty-free ini akan digunakan untuk meningkatkan fasilitas penumpang dan mengurangi kemacetan di area bandara. Thailand ingin menempatkan Bandara Suvarnabhumi di antara 50 bandara terbaik dunia pada tahun 2025 dan 20 bandara teratas dalam lima tahun ke depan.

Pariwisata adalah salah satu kontributor utama perekonomian Thailand, menyumbang hampir 20 persen produk domestik bruto, menurut Nikkei. Thailand memberikan banyak fasilitas bagi wisatawan.

Mulai 1 Juli, negara ini memperpanjang masa tinggal visa bagi wisatawan, pelajar, dan pekerja jarak jauh; dan membuat lebih banyak negara memenuhi syarat untuk masuk bebas visa untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Share:

Konten Terkait

TRAVEL Indonesia AirAsia Buka Penerbangan Langsung Bali - Phuket Thailand, Dua Destinasi Populer ASEAN

Seperti Bali, Phuket di Thailand juga menjadi favorit wisatawan untuk menikmati liburan tropis di Asia Tenggara

Minggu 11-Aug-2024 20:22 WIB

Indonesia AirAsia Buka Penerbangan Langsung Bali - Phuket Thailand, Dua Destinasi Populer ASEAN
OLAHRAGA Skor Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand Final ASEAN Cup U-19 2024, Garuda Unggul 1-0 di Babak Pertama

Skor Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand Final ASEAN Cup U-19 2024, Garuda Unggul 1-0 di Babak Pertama

Senin 29-Jul-2024 20:30 WIB

Skor Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand Final ASEAN Cup U-19 2024, Garuda Unggul 1-0 di Babak Pertama
TRAVEL Thailand Bakal Tutup Duty-Free di Bandara, Ada Apa?

Duty-free saat ini ada di beberapa bandara Thailand seperti Suvarnabhumi, Don Mueang, Chiang Mai, Phuket, Hat Yai, U-Tapao, Samui, dan Krabi.

Selasa 09-Jul-2024 20:27 WIB

Thailand Bakal Tutup Duty-Free di Bandara, Ada Apa?
OLAHRAGA Jadwal dan Preview Final Piala AFF U-16 2024: Thailand vs Australia, Berebut Gelar Juara di Manahan

Jadwal Piala AFF U-16 2024 akan memasuki babak final. Timnas Australia U-16 dan Thailand akan berebut gelar juara di Solo, Rabu, 3 Juli.

Selasa 02-Jul-2024 20:24 WIB

Jadwal dan Preview Final Piala AFF U-16 2024: Thailand vs Australia, Berebut Gelar Juara di Manahan
OLAHRAGA Thailand Open 2024: Indonesia Menempatkan 2 Wakil di Semifinal

JPNN.com - Indonesia menempatkan dua wakilnya di semifinal Thailand Open 2024, Jumat (17/5/2024).

Jumat 17-May-2024 20:34 WIB

Thailand Open 2024: Indonesia Menempatkan 2 Wakil di Semifinal

Tulis Komentar