Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Status Gunung Marapi Turun ke Level II, PVMBG Keluarkan Rekomendasi Waspada

Senin 01-Jul-2024 20:06 WIB

88

Status Gunung Marapi Turun ke Level II, PVMBG Keluarkan Rekomendasi Waspada

Foto : fajar

Brominemedia.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan bahwa status Gunung Marapi yang berada di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar telah turun dari Level III (Siaga) menjadi Level II (Waspada) per 1 Juli 2024.

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh, terhitung 1 Juli 2024 pukul 15.00 WIB, tingkat aktivitas Gunung Marapi diturunkan dari Level III (Siaga) menjadi Level II (Waspada)," ujar Kepala PVMBG, Hendra Gunawan, dalam keterangan tertulis yang diterima di Padang, Senin, dikutip dari ANTARA.

Hendra Gunawan menjelaskan bahwa penurunan status ini sejalan dengan sejumlah rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi dan ancaman bahaya terkini. Pertama, masyarakat di sekitar gunung, pendaki, pengunjung, dan wisatawan diminta untuk tidak memasuki dan berkegiatan dalam radius tiga kilometer dari pusat aktivitas (Kawah Verbeek).

Rekomendasi kedua adalah agar masyarakat yang bermukim di sekitar lembah, bantaran, dan aliran sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi tetap mewaspadai potensi dan ancaman bahaya lahar atau banjir lahar, terutama saat musim hujan.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut guna menghindari gangguan saluran pernapasan akut (ISPA). PVMBG juga meminta semua pihak menjaga suasana kondusif di masyarakat dengan tidak menyebarkan hoaks dan tidak terpancing isu-isu yang tidak jelas sumbernya.

PVMBG akan terus mengevaluasi tingkat aktivitas Gunung Marapi secara berkala atau jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dan rekomendasi Gunung Marapi tetap berlaku selama surat atau laporan evaluasi berikutnya belum diterbitkan.

Pada 11 Mei 2024, banjir lahar dingin Gunung Marapi dan banjir bandang dari Gunung Singgalang melanda Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar, dan Kota Padang Panjang. Berdasarkan data SAR Padang, tercatat setidaknya 63 orang meninggal dunia akibat bencana tersebut.

Bahkan, 10 warga di Kabupaten Tanah Datar yang hilang diduga terseret banjir lahar dingin hingga penutupan operasi pencarian pada 8 Juni 2024 tidak berhasil ditemukan. Pemerintah daerah bersama instansi terkait resmi menghentikan pencarian korban setelah pihak keluarga menyetujui langkah tersebut.

Konten Terkait

PERISTIWA Detik-detik Pendaki yang Hilang di Gunung Wilis Nganjuk Ditemukan Meninggal Dunia

Muhammad Agus (26) pendaki asal Kelurahan Kapuk, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat yang hilang di Gunung Wilis, Kabupaten Ngajuk ditemukan.

Selasa 15-Oct-2024 20:23 WIB

Detik-detik Pendaki yang Hilang di Gunung Wilis Nganjuk Ditemukan Meninggal Dunia
PERISTIWA Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus, Warga Desa Hokeng Jaya: Kami Kaget Turun Hujan Pasir

Hujan pasir akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki melanda Desa Hokeng Jaya, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Jumat 04-Oct-2024 20:32 WIB

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus, Warga Desa Hokeng Jaya: Kami Kaget Turun Hujan Pasir
PEMERINTAHAN Formasi CPNS Dokter Spesialis Minim Pendaftar, Ini Penjelasan Dinkes Gunungkidul

Sepinya peminat dokter spesialis untuk wilayah Kabupaten Gunungkidul karena aspek geografis dan kesempatan membuka praktik

Senin 02-Sep-2024 20:39 WIB

Formasi CPNS Dokter Spesialis Minim Pendaftar, Ini Penjelasan Dinkes Gunungkidul
PERISTIWA Gempa M5,8 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan hingga Malang dan Nganjuk

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Gunungkidul, DI Yogyakarta, pada Senin malam (26/8/2024) pukul 19.57 WIB.

Senin 26-Aug-2024 20:33 WIB

Gempa M5,8 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan hingga Malang dan Nganjuk
TRAVEL Embun Es Selimuti Puncak Gunung Merbabu, Calon Pendaki Diminta Waspadai Hipotermia

Embun es menyelimuti puncak Gunung Merbabu, Jawa Tengah, dalam beberapa waktu terakhir. Calon pendaki pun diminta mewaspadai hipotermia.

Jumat 19-Jul-2024 19:39 WIB

Embun Es Selimuti Puncak Gunung Merbabu, Calon Pendaki Diminta Waspadai Hipotermia

Tulis Komentar