Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Soal Gempa Megathrust di Selat Sunda, Begini Kata Pakar UGM

Minggu 25-Aug-2024 20:27 WIB

30

Soal Gempa Megathrust di Selat Sunda, Begini Kata Pakar UGM

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Pakar gempa Universitas Gadjah Mada (UGM) Gayatri Indah Marliyani meminta masyarakat jangan khawatir secara berlebihan soal potensi gempa Megathrust yang diperkirakan bakal mengguncang Indonesia. 

"Usaha untuk menyiapkan diri perlu dilakukan dengan segera," kata Gayatri, Minggu (25/8/2024) dikutip dari Antara. 

"Paham posisi masing-masing terhadap kemungkinan bencana. Jangan menunggu bencana terjadi baru reaktif, tetapi siapkan diri selalu," sambungnya. 

Gayatri juga menerangkan kemungkinan lokasi yang menjadi pusat gempa biasanya ada di sekitar batas zona subduksi di antara dua lempeng benua dan samudera. 

Dia mengatakan lempeng yang tidak bergerak menimbun energi yang semakin besar, dan ketika lepas menjadi gempa yang besar pula hingga berpotensi menjadi tsunami. 

Dosen Teknik Geologi UGM itu menyebutkan gempa Megathrust yang paling besar pernah terjadi di zona subduksi di Valdivia, Chile Selatan, sebesar magnitudo 9,5.

Adapun, zona subduksi yang aktif di Indonesia meliputi area selatan Pulau Jawa yang memanjang dari barat Sumatera ke Selat Sunda, area timur Pulau Jawa, dan selatan Pulau Lombok.

"Potensi Megathrust di daerah ini besar karena nilai historisnya, yakni gempa Aceh tahun 2004 dan gempa Pangandaran tahun 2006," papar Gayatri.

"Untuk mengetahui di daerah sana ada kemungkinan gempa lagi atau tidak, perlu diukur dari instrumentasi data geologi," imbuhnya melanjutkan.

Konten Terkait

PERISTIWA Soal Gempa Megathrust di Selat Sunda, Begini Kata Pakar UGM

Pakar Gempa UGM UGM) Gayatri Indah Marliyani meminta masyarakat jangan khawatir secara berlebihan soal potensi gempa Megathrust yang diperkirakan

Minggu 25-Aug-2024 20:27 WIB

Soal Gempa Megathrust di Selat Sunda, Begini Kata Pakar UGM
TREND Top 3 Dunia: Penyebab Gempa Bumi Turki dan Suriah, Potensi Jumlah Korban Menurut WHO

Top 3 Dunia dikuasai oleh berita-berita tentang gempa bumi di Turki dan Suriah.

Rabu 08-Feb-2023 04:10 WIB

Top 3 Dunia: Penyebab Gempa Bumi Turki dan Suriah, Potensi Jumlah Korban Menurut WHO
PERISTIWA Gempa Bumi M5,0 Guncang Morotai Getarannya seperti Truk Lewat

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,0 yang mengguncang wilayah Pantai Barat Laut Pulau Morotai, Maluku Utara, getarannya seakan-akan truk lewat. Hal ini dikatakan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami....

Jumat 03-Feb-2023 07:44 WIB

Gempa Bumi M5,0  Guncang Morotai Getarannya seperti Truk Lewat
PERISTIWA BMKG: Gempa Bumi M4,2 Guncang Pacitan Jawa Timur Sebanyak Dua Kali

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 4,2 mengguncang Pacitan, Jawa Timur, Minggu (11/12/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa gempa berlangsung pukul 23.13.10 WIB.

Senin 12-Dec-2022 08:18 WIB

BMKG: Gempa Bumi M4,2 Guncang Pacitan Jawa Timur Sebanyak Dua Kali

Tulis Komentar