Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

FINANCE

Sandiaga Targetkan Dampak Ekonomi Libur Lebaran Capai Rp 150 T

Selasa 04-Apr-2023 07:00 WIB

287

Sandiaga Targetkan Dampak Ekonomi Libur Lebaran Capai Rp 150 T

Foto : tempoin

brominemedia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan dampak ekonomi selama libur lebaran mencapai Rp 100 hingga Rp 150 triliun. Dampak ekonomi bertumbuh seiring meningkatnya pergerakan masyarakat selama Idul fitri yang diprediksi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 123,8 juta orang.

"Tahun lalu dengan pergerakan 85 juta orang dampak ekonominya Rp 72 triliun. Jadi, tahun ini bisa dua kali lipat," ujar Sandiaga dalam acara The Weekly Brief With Sandiaga Uno di Kantor Kemenparekraf, Senin, 3 April 2023.

Sandiaga optimitis geliat wisata selama Lebaran bisa mendorong tercapainya target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara tahun ini. Setidaknya, kata Sandiaga, 300 hingga 350 juta pergerakan tersebut dapat didapatkan selama momen lebaran. Terlebih, pemerintah menetapkan cuti bersama Lebaran sebanyak 7 hari.

"Ini harus dimanfaatkan secara maksimal," ucap Sandiaga.

Sandiaga berujar potensi meningkatnya pergerakan wisatawan harus dibarengi upaya mitigasi dan antisipasi. Bagi pemudik, kata Sandiaga, upaya tersebut bisa dimulai dengan menyusun rencana perjalanan dengan baik. "Jangan ujug-ujug berangkat tapi tidak siap," ujarnya.

Sandiaga juga meminta pemudik tidak memaksakan diri mengemudi lebih dari 12 jam. Terlebih bagi sopir bus. Menurutnya, pengendara wajib mengemudi di bawah 12 jam.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

"Saya imbau masyarakat Indonesia dan calon pemudik tahun ini memperhatikan hal tersebut sebagai upaya bersama menjaga keselamatan dan berwisata," tutur eks Wakil Gubernur DKI Jakarta ini. 

Kemenhub memprediksi pergerakan masyarakat selama Idul fitri 1444 H atau lebaran 2023 mencapai 123,8 juta orang. Angka tersebut meningkat 14,2 persen dibanding pergerakan masyarakat di lebaran tahun lalu yang mencapai 885,5 juta orang. Budi Karya Sumadi menyebut sejumlah faktor yang berpotensi meningkatkan pergerakan masyarakat kali ini.

"Ini karena sudah tidak ada PPKM, memasuki masa pra endemi atau mendekati normal pasca pandemi Covid-19, perekonomian yang semakin membaik, tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan, dan persepsi positif dari masyarakat pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022 lalu," kata Budi Karya melalui keterangan tertulis, Selasa, 7 Maret 2023.

Adapun berdasarkan hasil survei Kemenhub, pergerakan masyarakat saat lebaran nanti didominasi dari Pulau Jawa sebesar 62,5 persen atau 77,3 juta orang. Adapun lima daerah asal pemudik terbanyak, yakni Jawa Timur sebanyak 21,2 juta orang, Jawa Tengah sebanyak 18,7 orang, Jabodetabek sebanyak 18,3 juta orang, Jawa Barat 14,9 juta orang, dan Sumatera Utara sebanyak 4,4 juta orang. 

Sementara itu, daerah tujuan perjalanan masyarakat tertinggi yaitu, pertama, Jawa Tengah sebanyak 32, 75 juta orang,.  Jawa Timur 24, 6 juta orang) Jawa Barat 20, 72 juta orang, Jabodetabek 8, 07 juta orang, dan Yogyakarta 5, 9 juta orang.

Ihwal pemilihan moda transportasi, moda darat diprediksi  menjadi pilihan paling dominan. Setidaknya akan ada penggunaan mobil pribadi oleh 27,32 juta orang; sepeda motor 25,13 juta orang; bus 22,77 juta orang; kereta api antarkota 11,47 juta orang; dan mobil sewa sebanyak 9,53 juta orang.

Konten Terkait

EVENT Menparekraf Sandiaga Targetkan Rp 19 Triliun dari Sport Tourism

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan, target ambisius yang dicanangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menghasilkan total 1,5 miliar dolar...

Selasa 28-May-2024 21:05 WIB

Menparekraf Sandiaga Targetkan Rp 19 Triliun dari Sport Tourism
PEMERINTAHAN Bahas Potensi Kuliner, Menparekraf Sandiaga Uno Temui Komunitas Kreatif dan Pelaku Usaha Wonogiri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri untuk menemui secara langsung komunitas yang bergerak pada sektor kreatif, Jumat (6/10/2023).

Jumat 06-Oct-2023 14:52 WIB

Bahas Potensi Kuliner, Menparekraf Sandiaga Uno Temui Komunitas Kreatif dan Pelaku Usaha Wonogiri
PERISTIWA Ratusan Paket Sembako Murah Relawan Sandiaga Disambut Baik Warga Karawang

Harga bahan pokok yang semakin mahal mulai tak terjangkau sebagian ibu-ibu di daerah Karawang, Jawa Barat. Melihat kondisi ini, Relawan Barisan Sandiuno Indonesia (Barasandi) menggelar bazar sembako murah di Dusun Krajan, Karawang.

Jumat 01-Sep-2023 13:32 WIB

Ratusan Paket Sembako Murah Relawan Sandiaga Disambut Baik Warga Karawang
EVENT Kala Sandiaga Uno Manortor dan Menyanyi Sinanggar Tullo di Samosir

Kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) disambut tarian tortor, Kamis (20/7/2023).

Kamis 20-Jul-2023 09:39 WIB

Kala Sandiaga Uno Manortor dan Menyanyi Sinanggar Tullo di Samosir
PEMERINTAHAN Soal Mahar Politik Sandiaga Uno, Ketum PPP Singgung Pembatalan Caleg

Dugaan adanya mahar politik menyeruak di balik bergabungnya Sandiaga Salahuddin Uno

Sabtu 17-Jun-2023 07:22 WIB

Soal Mahar Politik Sandiaga Uno, Ketum PPP Singgung Pembatalan Caleg

Tulis Komentar