Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Sampah TPA Ngadirojo Simpan Gas Metan, Mudah Terbakar Selama Kemarau

Selasa 01-Aug-2023 11:15 WIB

317

Sampah TPA Ngadirojo Simpan Gas Metan, Mudah Terbakar Selama Kemarau

Foto : suaramerdeka solo

brominemedia.com – Tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngadirojo, Wonogiri sudah puluhan kali mengalami kebakaran selama musim kemarau ini. Tercatat sudah ada 15 kali kebakaran di tumpukan sampah tersebut selama Juli 2023.

Kepala UPT Damkar Wonogiri, Joko Santosa mengatakan salah satu kebakaran besar terjadi pada Sabtu (29/7/2023) malam. Untuk memadamkan api, pihaknya harus mengerahkan dua mobil pemadam kebakaran.

Proses pemadaman berlangsung selama berjam-jam karena terdapat bara api yang ada di dalam tumpukan sampah. Petugas Damkar memadamkan api sejak pukul 20.50 WIB dan baru selesai pada Minggu (30/7/2023) pukul 00.30 WIB.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wonogiri, Bahari, melalui Kabid Pertamanan dan Kebersihan Waris Kadarwanto mengatakan sampah yang terbakar merupakan tumpukan lama sehingga di dalam tumpukan tersebut menyimpan gas metan yang mudah terbakar.

“Yang jadi masalah sumber api dari dalam. Di dalam tumpukan sampah ada gas metan yang sangat mudah menyala,” terangnya.

Salah satu penanganan yang dilakukan adalah dengan penyemprotan permukaan tumpukan sampah supaya tidak ada lagi api yang meyala. Penyiraman dilanjutkan agar dapat memadamkan bara api di bagian dalam sampah.

Pihaknya akan mengerahkan alat berat untuk membuka tumpukan sampah ke depannya. Dengan demikian bara api yang masih tersembunyi di dalam tumpukan dapat dipadamkan.

Setelah itu, tumpukan sampah akan ditimbun dengan tanah, sehingga gunungan sampah dapat direklamasi. Saat ini baru sebagian tumpukan sampah yang diuruk dengan tanah.

Konten Terkait

PERISTIWA Sampah TPA Ngadirojo Simpan Gas Metan, Mudah Terbakar Selama Kemarau

Tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ngadirojo, Wonogiri sudah puluhan kali mengalami kebakaran selama musim kemarau ini.

Selasa 01-Aug-2023 11:15 WIB

Sampah TPA Ngadirojo Simpan Gas Metan, Mudah Terbakar Selama Kemarau

Tulis Komentar