Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

RAGAM

Pasar Unik di Rejang Lebong Bengkulu, Hanya Buka Sekali Setahun-Uang Tunai Tak Laku

Senin 21-Oct-2024 20:34 WIB

2

Pasar Unik di Rejang Lebong Bengkulu, Hanya Buka Sekali Setahun-Uang Tunai Tak Laku

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Pasar Arenan di Desa Blitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu terbilang unik.

Tidak hanya dibuka satu kali saja setiap tahunnya, namun di Pasar Arenan ini khusus menjual berbagai makanan tradisional khas tempo dulu.

Keunikan pasar ini juga terletak dalam metode pembayarannya. Uang tunai rupiah tidak laku dan tidak bisa digunakan dalam transaksi.

Jika ingin bertransaksi, uang tunai tersebut harus ditukarkan terlebih dahulu dengan potongan kayu berbentuk bulat. Potongan kayu itu telah disediakan langsung oleh pengelola pasar. 

Pasar unik ini juga diiringi dengan musik dari alat-alat tradisional. Berbagai makanan serta jajanan tradisional khas tempo dulu yang sudah jarang ditemukan dijual di pasar ini. Seperti cenil, gethuk, wajik, nasi goreng tiwul dan sebagainya.  

Pengelola Pasar Arenan, Sholeh mengatakan alasan penamaan Pasar Arenan karena pasar ini berada di tengah-tengah perkebunan aren.

Selain mengangkat UMKM, Pasar arenan ini merupakan sebuah wadah untuk terus menjaga silaturahmi antar warga. Termasuk juga bertujuan untuk bisa melestarikan makanan-makanan tradisional. 

"Memang pasar ini khusus dilaksanakan satu kali setahun," ungkap Sholeh. 

Di pasar arenan ini para pengunjung atau pembeli tidak bisa melakukan transaksi langsung menggunakan uang tunai. Pengunjung terlebih dahulu harus menukarnya dengan potongan kayu yang sudah disediakan pihak pengelola. Satu keping potongan kayu itu bernilai sebesar Rp 5 ribu. 

"Jadi koin kayu itulah yang bisa digunakan untuk membeli di Pasar Arenan," lanjut Sholeh. 

Sementara itu, salah satu pengunjung Lala mengaku sangat senang dengan adanya Pasar Arenan. Bahkan setiap tahunnya, Pasar Arenan merupakan salah satu hal yang wajib dinanti.

Selain karena keunikan, aneka jajanan yang dijual juga memiliki daya tarik tersendiri. "Setiap tahun kita tunggu, soalnya unik, belanjanya pakai kayak koin gitu," kata Lala.  

Share:

Konten Terkait

RAGAM Pasar Unik di Rejang Lebong Bengkulu, Hanya Buka Sekali Setahun-Uang Tunai Tak Laku

Pasar Arenan di Desa Blitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu terbilang unik.

Senin 21-Oct-2024 20:34 WIB

Pasar Unik di Rejang Lebong Bengkulu, Hanya Buka Sekali Setahun-Uang Tunai Tak Laku
KRIMINAL BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pekalongan menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Blok F Pasar Kedungwuni.

Kamis 26-Sep-2024 20:29 WIB

BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan
PERISTIWA Warga Bogor Keluhkan Pasar Tumpah di Jalan Merdeka, Macet dan Bau Sampah

JPNN.com, BOGOR - Warga Kampung Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, mengeluhkan kondisi pasar tumpah di Jalan Merdeka yang makin hari menimbulkan banyak masalah.

Selasa 10-Sep-2024 20:30 WIB

Warga Bogor Keluhkan Pasar Tumpah di Jalan Merdeka, Macet dan Bau Sampah
OTOMOTIF Mobil Listrik SU7 Laris Manis, Xiaomi Ngaku Rugi Rp3 Triliun

Raksasa teknologi asal China, Xiaomi, telah meluncurkan produk mobil listrik pertamanya, SU7. Sedan ramah lingkungan itu laris manis dengan terjual puluhan ribu unit.

Minggu 25-Aug-2024 20:26 WIB

Mobil Listrik SU7 Laris Manis, Xiaomi Ngaku Rugi Rp3 Triliun
TREND Cerita Pedagang Atribut HUT RI di Pasar Asemka Jakbar, Jualan Sejak Juli

Menjelang peringatan 17 Agustus terlihat semakin banyak pedagang yang menjual aksesoris bertema HUT Indonesia. Pedagang di Pasar Asemka berjualan sejak Juli.

Rabu 14-Aug-2024 01:12 WIB

Cerita Pedagang Atribut HUT RI di Pasar Asemka Jakbar, Jualan Sejak Juli

Tulis Komentar