Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

EVENT

Menhub Pantau Langsung Lalu Lintas Puncak Jelang Malam Tahun Baru

Sabtu 31-Dec-2022 08:00 WIB

196

Menhub Pantau Langsung Lalu Lintas Puncak Jelang Malam Tahun Baru

Foto : tempo

brominemedia.com-- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dilaporkan memantau langsung lalu lintas di Gadog, Puncak, Bogor, pada Jumat, 30 Desember 2022. Dirinya menghampiri pos pelayanan terpadu yang berada di Gadog untuk meninjau situasi jelang malam tahun baru.

Dalam memantau arus lalu lintas di Puncak Bogor, Budi nyatanya tak sendirian. Dirinya datang bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Volume kendaraan di jalur Puncak Bogor sendiri dilaporkan mengalami peningkatan hingga 25 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Meski begitu, Budi menjelaskan bahwa volume kendaraan di jalur Gadog masih terkendali. 

“Diprediksi akan mulai padat (Jumat) malam dan saat perayaan malam Tahun Baru. Untuk itu saya minta petugas selain melakukan pengendalian lalu lintas juga menjaga keamanan dan ketertibannya,” kata Menhub, dikutip Tempo.co dari Antara.

Menhub juga meminta pihak kepolisian yang bertugas untuk mengantisipasi terjadinya arus balik Natal dan tahun baru (Nataru). Salah satu caranya dengan memberlakukan sejumlah rekayasa lalu lintas, seperti contraflow, sistem satu arah, dan lainnya.

“Saya juga mengingatkan kepada masyarakat tentang cuaca ekstrem yang terjadi di akhir tahun. Agar tetap waspada dan mengutamakan keselamatan,” ujar Menhub menambahkan.

Kepolisian sendiri dilaporkan telah menyiapkan skema dalam mengantisipasi lonjakan volume kendaraan di Puncak pada malam tahun baru 2023. Pihak berwajib nantinya bakal mengerahkan petugas di sejumlah titik krusial di jalur Puncak.

Rekayasa lalu lintas Car Free Night (CFN) juga bakal diberlakukan pada malam tahun baru 2023 mulai Sabtu pukul 18.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023, pukul 06.00 WIB.

Sementara itu, Menko Muhadjir menegaskan agar tidak ada lagi pengendara yang melalaikan aturan lalu lintas dan keselamatan berkendara. Hal itu ia tujukan khususnya untuk sejumlah kendaraan bus pariwisata.

“Saya meminta para pemilik bus, khususnya bus pariwisata agar memastikan busnya memenuhi aspek keselamatan. Tidak boleh ada bus wisata yang tidak layak dan dipaksakan jalan. Saya minta petugas di lapangan untuk mengawasi dengan baik,” kata Menko Muhadjir.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Arus Lalu Lintas di Jalan Raya Sepaku PPU Dipadati Truk Proyek IKN, Pengendara Diimbau Berhati-hati

Arus lalu lintas di jalan raya Sepaku dipadati truk angkutan proyek IKN, pengendara disarankan waspada dan pakai masker.

Jumat 26-Jul-2024 20:34 WIB

Arus Lalu Lintas di Jalan Raya Sepaku PPU Dipadati Truk Proyek IKN, Pengendara Diimbau Berhati-hati
TRAVEL Embun Es Selimuti Puncak Gunung Merbabu, Calon Pendaki Diminta Waspadai Hipotermia

Embun es menyelimuti puncak Gunung Merbabu, Jawa Tengah, dalam beberapa waktu terakhir. Calon pendaki pun diminta mewaspadai hipotermia.

Jumat 19-Jul-2024 19:39 WIB

Embun Es Selimuti Puncak Gunung Merbabu, Calon Pendaki Diminta Waspadai Hipotermia
RAGAM Mengenal Nasi Jangkrik yang Dibagikan pada Puncak Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus Tiap 10 Muharam

Yayasan Masjid, Menara dan Makam Sunan Kudus (YM3SK) kembali menyiapkan puluhan ribu bungkus nasi jangkrik untuk dibagikan kepada masyarakat.

Senin 15-Jul-2024 20:30 WIB

Mengenal Nasi Jangkrik yang Dibagikan pada Puncak Tradisi Buka Luwur Sunan Kudus Tiap 10 Muharam
PERISTIWA Malam Ini Puncak Arus Balik, 437.979 Kendaraan Sudah Melintasi Jalan Tol Trans Sumatera

Terjadi peningkatan signifikan kendaraan yang melintasi sejumlah ruas di Jalan Tol Trans Sumatera sejak ...

Senin 15-Apr-2024 21:05 WIB

Malam Ini Puncak Arus Balik, 437.979 Kendaraan Sudah Melintasi Jalan Tol Trans Sumatera
PERISTIWA Puncak Arus Balik 2024, Jalan Raya Pantura Arah Jakarta Macet Parah Malam Ini

Puncak arus balik Lebaran 2024 tampaknya mulai terjadi di sejumlah daerah, khususnya di Jalan Raya Pantura menuju...

Minggu 14-Apr-2024 21:08 WIB

Puncak Arus Balik 2024, Jalan Raya Pantura Arah Jakarta Macet Parah Malam Ini

Tulis Komentar