Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

SAINS

Mengenal Perbedaan Guru Honorer dengan Guru Tetap

Sabtu 18-Mar-2023 05:33 WIB

479

Mengenal Perbedaan Guru Honorer dengan Guru Tetap

Foto : detik

brominemedia.com - Guru honorer adalah guru tidak tetap. Meski memiliki tugas utama yang sama, namun berdasarkan peraturan yang berlaku, guru honorer sebagai tenaga honorer ini berbeda dengan guru tetap dari segi penggajiannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa yang dimaksud dengan guru honorer berdasarkan aturannya dan bedanya dengan guru tetap, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Guru Honorer?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian guru honorer adalah guru yang tidak digaji sebagai guru tetap, tetapi menerima honorarium berdasarkan jumlah jam pelajaran yang diberikan. Sementara guru tetap adalah guru yang digaji secara tetap setiap bulan.

Berdasarkan aturan yang berlaku, guru honorer atau guru tidak tetap disebut juga sebagai guru non-ASN (non-PNS dan non-PPPK). Meski guru honorer tidak digaji secara tetap setiap bulannya, tetapi guru honorer tetap menerima honorium setiap bulannya.

Aturan Tentang Guru Honorer

Sementara menurut Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2005 tentang Pengangkatan Tenaga Honorer menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil sebagaimana diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2012, guru honorer termasuk tenaga honorer.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

Dalam Pasal 1, guru honorer sebagai tenaga honorer adalah seseorang yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan untuk melaksanakan tugas tertentu pada instansi pemerintah atau yang penghasilannya menjadi beban APBN atau APBD.

Tugas Pokok Guru Honorer

Sama sebagaimana tugas guru pada umumnya, guru honorer memiliki tugas utama untuk mengajar. Merujuk pada peraturan sebelumnya, tugas utama guru honorer adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Bedanya Guru Honorer, PPPK dan PNS

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa guru honorer adalah guru tidak tetap yang termasuk tenaga honorer dan guru honorer atau guru non-ASN ini berbeda dengan PPPK maupun PNS. Untuk mengetahui lebih lanjut simak perbedaan honorer, PPPK, dan PNS berikut ini.

Honorer

Tenaga honorer adalah seseorang yang diangkat oleh Pejabat Pembina Kepegawaian atau pejabat lain dalam pemerintahan untuk melaksanakan tugas tertentu pada instansi pemerintah atau yang penghasilannya menjadi beban APBN atau APBD. (Pasal 1 PP No. 56 Tahun 2012)

PPPK

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. (Pasal 1 UU No. 5 Tahun 2014)

PNS

Pegawai Negeri Sipil atau PNS adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan. (Pasal 1 UU No. 5 Tahun 2014)

Demikian penjelasan tentang apa itu guru honorer yang berbeda dengan guru tetap serta bedanya guru honorer dengan PPPK dan PNS. Semoga bermanfaat!

Konten Terkait

RAGAM Akui Berteman Lama dengan Azizah Salsha Istri Pratama Arhan, Salim Nauderer Jawab Isu Perselingkuhan

Diisukan jadi orang ketiga antara Azizah Salsha dan Pratama Arhan, Salim Nauderer: berteman lama.

Minggu 13-Oct-2024 20:20 WIB

Akui Berteman Lama dengan Azizah Salsha Istri Pratama Arhan, Salim Nauderer Jawab Isu Perselingkuhan
TEKNOLOGI Gmail Luncurkan Fitur Cerdas yang Terhubung dengan AI Gemini

Gmail meningkatkan fitur AI generatifnya untuk membantu membalas email dan meringkas konten, kini dengan tampilan kartu yang lebih rapi dan jelas.

Senin 07-Oct-2024 21:04 WIB

Gmail Luncurkan Fitur Cerdas yang Terhubung dengan AI Gemini
RAGAM Azizah Salsha Jaga Komunikasi dengan Pratama Arhan saat LDR

Azizah Salsha mengaku selalu jaga komunikasi dengan suaminya, Pratama Arhan saat sedang jalani hubungan jarak jauh.

Minggu 06-Oct-2024 20:35 WIB

Azizah Salsha Jaga Komunikasi dengan Pratama Arhan saat LDR
RAGAM Bantah Pengalihan Isu Fufufafa, Mazzini: Penipuan Rantastia dengan UIPM Tak Boleh Diabaikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pegiat media sosial (Medsos) Mazzini angkat bicara mengenai dugaan penipuan dan akademik...

Kamis 03-Oct-2024 20:17 WIB

Bantah Pengalihan Isu Fufufafa, Mazzini: Penipuan Rantastia dengan UIPM Tak Boleh Diabaikan
PERISTIWA Baru 9 Bulan Mengajar, Guru Honorer Terpukul Tau Siswanya Meninggal Usai Dihukum 100 Kali Squat Jump

SW terpukul begitu mengetahui siswanya bernama Rindu Syahputra Sinaga meninggal dunia setelah menjalani hukuman squat jump 100 kali.

Senin 30-Sep-2024 20:35 WIB

Baru 9 Bulan Mengajar, Guru Honorer Terpukul Tau Siswanya Meninggal Usai Dihukum 100 Kali Squat Jump

Tulis Komentar