Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

OTOMOTIF

Kereta MRT Jakarta Jalani Pemeriksaan 4 Tahun Pertama Setelah Beroperasi

Rabu 07-Dec-2022 04:00 WIB

142

Kereta MRT Jakarta Jalani Pemeriksaan 4 Tahun Pertama Setelah Beroperasi

Foto : tempo

brominemedia.com - Rangkaian kereta MRT Jakarta menjalani servis besar-besaran setelah empat tahun beroperasi. Pemeriksaan ini dilakukan berdasarkan waktu beroperasi atau jarak tempuh kereta MRT.

Kepala Departemen Rolling Stock Workshop PT Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta Christoforus Deberland mengatakan pemeriksaan rangkaian kereta MRT dilakukan secara manual.

"Memang manual perawatannya itu bergantung dari 4 tahun masa jalan atau jarak tempuh 480.000 km. Tinggal mana yang tercapai duluan (baru akan dilakukan pemeriksaan)," kata Deberland di Lebak Bulus, Selasa, 6 Desember 2022.

Seperti yang dilihat Tempo, tampak beberapa teknisi sedang melakukan pembongkaran AC. Deberland mengatakan, pemeriksaan tersebut merupakan pemeriksaan pertama selama 4 tahun MRT beroperasi.

"Jadi ini preventif maintenance, yang biasa dilakukan itu ada pemeriksaan harian, bulanan, 4 tahunan dan 8 tahunan (overhaul) semua akan dicek di sini," ujar Deberland

Lebih lanjut, Deberland mengatakan pemeriksaan harian biasa dilakukan visual cek. Sedangkan untuk pemeriksaan bulanan biasa dilakukan pembersihan AC, juga penyemprotan bagian atas rangkaian kereta.

"Kita biasa melakukan pemeliharaan 4 tahunan dan 8 tahunan sesuai dengan manual yang kita lakukan itu namanya pemeliharaan 4 tahunan atau semi perawatan akhir," ucapnya.

Dia menyebutkan, pemeriksaan dan perawatan MRT Jakarta dilakukan secara menyeluruh mulai dari shock in, shock inspection kemudian dis assembly. Prawatan dilakukan dengan cara dibersihkan, penggantian elastimericnya kemudian pengecekan dan texting.

"Itu fase pembongkaran dis assembly, semuanya dibongkar, dari AC dibongkar, pantograph dibongkar, bogie nya juga dilepas kemudian dibongkar, ada air compressor juga dilepas dan dibongkar kemudian ada breaker," katanya.

Konten Terkait

PERISTIWA Reaksi Ibu Paula Verhoeven Soal Isu Keretakan Rumah Tangga Baim Wong dan Anaknya, Beri Pesan Bijak

Ibu dari Paula Verhoeven, Lina Verhoeven kini bereaksi ditengah isu keretakan rumah tangga putrinya dengan Baim Wong, beri pesan bijak dan doakan anak

Rabu 19-Jun-2024 20:32 WIB

Reaksi Ibu Paula Verhoeven Soal Isu Keretakan Rumah Tangga Baim Wong dan Anaknya, Beri Pesan Bijak
TRAVEL Jadwal Kereta Api Prameks Jogja Kutoarjo Selasa 31 Oktober 2023

Selain menyediakan transportasi KRL Jogja Solo dan sebaliknya, PT KAI masih mempertahankan operasional KA Prameks untuk tujuan Jogja Kutoarjo dan Kutoarjo Jogja

Selasa 31-Oct-2023 04:17 WIB

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja Kutoarjo Selasa 31 Oktober 2023
TRAVEL Jadwal Kereta Bandara YIA Selasa 31 Oktober 2023, Tiket Rp20.000

Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menuju Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo bisa menggunakan Kereta Api Bandara y

Selasa 31-Oct-2023 03:17 WIB

Jadwal Kereta Bandara YIA Selasa 31 Oktober 2023, Tiket Rp20.000
TRAVEL Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Selasa 31 Oktober 2023, Tiket Rp50.000

Selain kereta api reguler, untuk melakukan perjalanan ke Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara YIA, PT KAI menyediakan kereta api premium.

Selasa 31-Oct-2023 01:47 WIB

Jadwal Kereta Bandara YIA Xpress Selasa 31 Oktober 2023, Tiket Rp50.000
TEKNOLOGI Kereta Whoosh Mengimbau Penumpang Bersiap 30 Menit Sebelum Keberangkatan

Penumpang Kereta Kecepatan Tinggi Whoosh diimbau untuk tiba di stasiun 30 menit sebelum jadwal keberangkatan

Jumat 27-Oct-2023 00:25 WIB

Kereta Whoosh Mengimbau Penumpang Bersiap 30 Menit Sebelum Keberangkatan

Tulis Komentar