Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Jimly Cerita Sempat Tolak Ditunjuk Jadi Anggota MKMK namun Akhirnya Diterima, Ini Alasannya

Jumat 27-Oct-2023 00:18 WIB

193

Jimly Cerita Sempat Tolak Ditunjuk Jadi Anggota MKMK namun Akhirnya Diterima, Ini Alasannya

Foto : brominemedia.com

Brominemedia.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie membantah dirinya bakal terlibat konflik kepentingan saat ditunjuk menjadi anggota Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi atau MKMK. Meski banyak pihak yang meragukannya. 

"Tidak ada konflik kepentingan, karena saya tidak nyalon (daftar caleg) lagi sehingga nanti waktu perselisihan hasil pemilu tidak ada masalah," kata Jimly di gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis 26 Oktober 2023. 

Kekhawatiran Jimly terlibat konflik kepentingan diungkapkan Direktur Eksekutif Public Virtue Research Institute (PVRI) Yansen Dinata. Ia menyebut Jimly Asshiddiqie merupakan pendukung bacapres Prabowo Subianto dan anak Jimly, Robby Ashiddiqie, juga merupakan calon legislator dari Partai Gerindra pimpinan Prabowo. 

Menanggapi itu, Jimly bahkan sempat menolak saat ditunjuk sebagai MKMK, karena kekhawatiran tersebut. 

"Saya juga dipersoalkan orang ini. Saya kan anggota DPD, anggota MPR. Makanya saya semula nggak bersedia," kata Jimly. 

Namun, kata Jimly, karena merasa memiliki tanggungjawab atas lembaga yang dibentuknya itu, maka dirinya bersedia menjadi MKMK bahkan menjadi ketuanya. 

"Saya punya beban sejarah, belum pernah MK terpuruk image-nya kayak sekarang. Saya sebagai pendiri tidak tega. Maka saya bersedia ini," kata Jimly. 

Sebelumnya, Direktur Eksekutif PVRI Yansen Dinata mengatakan komposisi anggota MKMK yang baru dibentuk tidak dalam kondisi ideal untuk memberi keputusan sengketa terkait aturan Pemilu. "Dengan kondisi MK saat ini serta komposisi Majelis Kehormatan yang kental konflik kepentingan, sulit berharap adanya putusan yang berkeadilan jika ada sengketa politik peserta Pemilu,” ucap Yansen melalui keterangan tertulis pada Senin

Anggota MKMK resmi dilantik pada Selasa, 24 Oktober 2023. Tujuannya, untuk menangani laporan dugaan pelanggaran etik hakim MK pasca dikabulkannya perkara nomor 90/PUU-XXI/2023. Putusan itu berkaitan dengan gugatan batas usia capres-cawapres. 

Dengan dikabulkannya gugatan itu, bunyi Pasal 169 huruf q UU Pemilu diubah. Pasal ini awalnya mengatur batas usia calon presiden dan calon wakil presiden paling rendah 40 tahun. Lalu Mahkamah Konstitusi dalam amar putusannya menambahkan frasa "atau pernah/sedang menduduki jabatan yang dipilih melalui pemilihan umum, termasuk pemilihan kepala daerah". 

Hal inipun lantas menimbulkan polemik di masyarakat karena MK dinilai melakukan upaya mengubah UU demi meloloskan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai cawapres. 

Anggota MKMK terdiri dari tiga orang yakni Jimly Asshiddiqie, Wahiduddin Adams, dan Bintan R Saragih. Mereka mewakili unsur hakim konstitusi, tokoh masyarakat, dan akademisi berlatar belakang bidang hukum.

 

Share:

Konten Terkait

EVENT Duga Ada Unsur Gratifikasi di Pelaksanaan Haji 2024, Pansus DPR Minta Menag Tak Mangkir

Meskipun paling jelek Menteri Agama tidak hadir dalam pansus, tetapi pansus sudah mempunyai kesimpulan bahwa dia melanggar banyak undang-undang

Kamis 19-Sep-2024 20:24 WIB

Duga Ada Unsur Gratifikasi di Pelaksanaan Haji 2024, Pansus DPR Minta Menag Tak Mangkir
PERISTIWA Aneh! Biaya Haji Khusus Tembus Rp1 Miliar Lebih, Pansus Angket Haji DPR Pertanyakan Transparansi dan Keadilan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pansus hak angket haji kembali bertemu dengan perwakilan Kementerian Agama (Kemenag) yang...

Rabu 11-Sep-2024 20:39 WIB

Aneh! Biaya Haji Khusus Tembus Rp1 Miliar Lebih, Pansus Angket Haji DPR Pertanyakan Transparansi dan Keadilan
PEMERINTAHAN Setop Deflasi Beruntun, DPR Desak Pemerintah Lakukan Intervensi

Jika pemerintah bisa dengan segera menangani deflasi yang terjadi, laju perekonomian akan tetap terjaga.

Rabu 04-Sep-2024 20:49 WIB

Setop Deflasi Beruntun, DPR Desak Pemerintah Lakukan Intervensi
PEMERINTAHAN Sikap DPR Dipertanyakan, Kok Kompak Menolak Putusan MK

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengingatkan DPR RI dan presiden agar tidak melanggar konstitusi.

Kamis 22-Aug-2024 20:39 WIB

Sikap DPR Dipertanyakan, Kok Kompak Menolak Putusan MK
KESEHATAN Fakta Dan Kronologi 4 Siswa SD Kejang Usai Konsumsi Minuman Semprot di Palembang, Terdaftar di BPOM

Kejadian menghebohkan ini cepat tersebar adanya pesan berantai bahayanya minuman semprot tersebut.Pihak terkait turun tangan

Rabu 31-Jul-2024 21:19 WIB

Fakta Dan Kronologi 4 Siswa SD Kejang Usai Konsumsi Minuman Semprot di Palembang, Terdaftar di BPOM

Tulis Komentar