Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Ini Penampilan Terbaru Buku Nikah Suami dan Istri, Kemenag HSU: Keduanya Kini Berwarna Hijau

Kamis 03-Oct-2024 20:21 WIB

30

Ini Penampilan Terbaru Buku Nikah Suami dan Istri, Kemenag HSU: Keduanya Kini Berwarna Hijau

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis format Buku Nikah terbaru yang akan digunakan oleh masyarakat.

Pada Buku Nikah tahun 2024 tersebut terdapat sejumlah perbedaan dengan Buku Nikah format yang lama.

Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), H. Farid Wijdan, menjelaskan bahwa Buku Nikah cetakan 2024 dapat dipergunakan secara efektif mulai Oktober 2024. 

Perubahan tersebut, menurutnya, bertujuan untuk pengelolaan dokumen nikah dan pencatatan nikah yang lebih tertib dan efisien.

Ia menjelaskan secara umum Buku Nikah tidak banyak mengalami perubahan, dimana ukurannya masih 8x12 cm dan spesifikasi serta sistem pengamanannya tetap dipertahankan.
 
Namun, mulai saat ini, baik pengantin laki-laki maupun perempuan akan sama mendapatkan Buku Nikah berwarna hijau.

“Perbedaan pertama ialah dari cover Buku Nikah. Apabila ketentuan yang dulu suami mendapatkan Buku Nikah merah sedangkan istri mendapatkan Buku Nikah hijau, maka saat ini keduanya sama-sama akan mendapatkan Buku Nikah berwarna hijau,” jelas Farid di Amuntai, Kamis (3/10/24).

Selain warna sampul yang sama, pembaharuan berikutnya ialah huruf, seri dan nomor perforasi bersifat tunggal atau tidak ganda. 

Nomor perforasi sendiri ditetapkan sesuai dengan Lampiran Keputusan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, termasuk jumlah alokasi distribusi untuk masing-masing provinsi. 

Kemudian yang membedakannya dengan Buku Nikah lama ialah tanda tangan Menteri Agama saat ini akan langsung diprint melalui Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Kemenag. 

“Sebelumnya, tanda tangan Menteri Agama dicetak terlebih dahulu di Buku Nikah. Kini tanda tangan Menteri Agama akan dibubuhi atau diprint melalui Aplikasi SIMKAH bersamaan dengan pengisian Buku Nikah tersebut,” sambungnya. 

Farid menambahkan bagi pengantin yang Buku Nikah-nya rusak atau hilang, maka akan diganti sesuai permohonan dan kebutuhan permohonan dengan stok Buku Nikah reguler. 

Penggunaan Buku Nikah format baru di Hulu Sungai Utara sendiri akan digunakan secara berangsur-angsur menyesuaikan dengan stok Buku Nikah lama yang masih ada.

"Sesuai dengan arahan, kami akan habiskan dulu stok yang masih ada. Setelahnya, seluruhnya di HSU akan menggunakan Buku Nikah format baru,” sampainya.

Farid berharap adanya Buku Nikah format baru tersebut dapat diketahui masyarakat luas. Sehingga, tidak menimbulkan pertanyaan atau kebingungan mengenai adanya perbedaan dengan Buku Nikah sebelumnya. Ia juga berpesan agar KUA se-Kab. HSU dapat mensosialisasikan hal tersebut kepada calon pengantin dan masyarakat.

Share:

Konten Terkait

PERISTIWA Memahami 4 Dampak dan Risiko yang Perlu Dipertimbangkan dari Pernikahan Dini

Pernikahan dini kembali ramai dibahas di media sosial akhir-akhir ini. Baca artikel ini untuk memahami alasan menghindari menikah di usia muda!

Kamis 10-Oct-2024 20:18 WIB

Memahami 4 Dampak dan Risiko yang Perlu Dipertimbangkan dari Pernikahan Dini
PEMERINTAHAN Ini Penampilan Terbaru Buku Nikah Suami dan Istri, Kemenag HSU: Keduanya Kini Berwarna Hijau

Kementerian Agama (Kemenag) telah merilis format Buku Nikah terbaru yang akan digunakan oleh masyarakat.

Kamis 03-Oct-2024 20:21 WIB

Ini Penampilan Terbaru Buku Nikah Suami dan Istri, Kemenag HSU: Keduanya Kini Berwarna Hijau
LIFESTYLE Begini Respons Anang Hermansyah saat Ditanya Persiapan Pernikahan Azriel dan Sarah Menzel

Hal ini sontak membuat penggemarnya bertanya-tanya apakah Azriel pergi ke Jerman untuk meminta restu kepada keluarga Sarah Menzel.

Rabu 31-Jul-2024 21:19 WIB

Begini Respons Anang Hermansyah saat Ditanya Persiapan Pernikahan Azriel dan Sarah Menzel
RAGAM Ditanya Kapan Nikah oleh Ahmad Dhani, Syifa Hadju Tergantung Kesiapan El Rumi

Syifa Hadju mengatakan dirinya hanya menanti kesiapan El Rumi setelah ditanya kapan nikah dengan El Rumi oleh Ahmad Dhani.

Selasa 30-Jul-2024 20:33 WIB

Ditanya Kapan Nikah oleh Ahmad Dhani, Syifa Hadju Tergantung Kesiapan El Rumi
PERISTIWA Hindari Zina Hingga Hamil Duluan, 43 Anak di Wonogiri Jateng Ajukan Dispensasi Kawin

Puluhan anak di bawah umur di Wonogiri tercatat mengajukan dispensasi kawin ke Pengadilan Agama (PA) sepanjang tahun ini.

Minggu 14-Jul-2024 20:37 WIB

Hindari Zina Hingga Hamil Duluan, 43 Anak di Wonogiri Jateng Ajukan Dispensasi Kawin

Tulis Komentar