Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Heru Budi Minta BPBD DKI Koordinasi dengan BNPB dan BMKG untuk Antisipasi Tanah Longsor

Rabu 11-Jan-2023 12:08 WIB

342

Heru Budi Minta BPBD DKI Koordinasi dengan BNPB dan BMKG untuk Antisipasi Tanah Longsor

Foto : tempo

brominemedia.com-  Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatolologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi dampak tanah longsor dan pergerakan tanah.

“Koordinasi dengan BMKG, BNPB,” kata Heru di Pendopo Balai Kota Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Rabu, 11 Januari 2023.

Selain itu, ia juga meminta BPBD DKI untuk selalu memberikan informasi yang cepat kepada masyarakat terkait kebencanaan.

Masyarakat untuk memperhatikan informasi yang disampaikan oleh BPBD DKI sehingga dapat menekan dampak negatif potensi pergerakan tanah yang rawan longsor.

BPBD DKI memperbaharui rilis kepada masyarakat terkait kebencanaan termasuk potensi tanah longsor berupa imbauan salah satunya melalui media sosial Instagram @bpbddkijakarta.

“Sehingga bisa bersama-sama untuk melakukan aksi secepatnya,” katanya.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), ada 15 titik di Provinsi DKI Jakarta berada di Zona Menengah potensi terjadi pergerakan tanah karena cuaca ekstrem.

Adapun 15 titik di Jakarta yang memiliki potensi pergerakan tanah yakni Jakarta Pusat meliputi wilayah Kecamatan Menteng.

Kemudian, Jakarta Selatan meliputi wilayah Kecamatan Cilandak, Jagakarsa, Kebayoran Baru, Kebayoran Lama, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Pesanggrahan, dan Tebet.

Selanjutnya di Jakarta Timur meliputi wilayah Kecamatan Cakung, Kramat Jati, Matraman, Pasar Rebo, dan Pulo Gadung.

Mencermati data itu, penambahan titik potensi pergerakan tanah di DKI dibandingkan Desember 2022 yakni Tebet, Menteng, Matraman, Pulo Gadung, dan Cakung.

BPBD DKI menyebutkan pada Zona Menengah dapat terjadi pergerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan. Sementara itu pada Zona Tinggi, gerakan tanah lama dapat aktif kembali.

Konten Terkait

PERISTIWA Jalan Penghubung Dua Kecamatan di Sukabumi Terputus akibat Longsor

RUAS jalan penghubung Kecamatan Caringin dengan Kecamatan Cibadak di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terputus akibat longsor, Rabu (26/6) pagi.

Rabu 26-Jun-2024 20:28 WIB

Jalan Penghubung Dua Kecamatan di Sukabumi Terputus akibat Longsor
PENDIDIKAN Heru Budi Minta Disdik DKI Segera Perbaiki Gedung Sekolah yang Rawan Kecelakaan

Brominemedia.com - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Dinas Pendidikan (Disdik) segera memperbaiki gedung-gedung sekolah di wilayah DKI Jakarta yang rawan terhadap kecelakaan.

Jumat 20-Oct-2023 01:05 WIB

Heru Budi Minta Disdik DKI Segera Perbaiki Gedung Sekolah yang Rawan Kecelakaan
PEMERINTAHAN Ketika Ganjar Telepon Heru Budi dan Sekda DKI Sampaikan Keluhan Masyarakat

Usai menampung aspirasi para pedagang pasar, Ganjar Pranowo langsung mengadukannya kepada Penjabat Gubernur DKI, Heru Budi Hartono.

Senin 26-Jun-2023 06:24 WIB

Ketika Ganjar Telepon Heru Budi dan Sekda DKI Sampaikan Keluhan Masyarakat
PERISTIWA Heru Budi Izinkan Pendatang Baru Menetap di Jakarta, Simak Syaratnya

Pj Gubernur DKI Heru Budi mengizinkan pendatang baru menetap di Jakarta, tapi dengan syarat. Simak syaratnya.

Rabu 12-Apr-2023 04:10 WIB

Heru Budi Izinkan Pendatang Baru Menetap di Jakarta, Simak Syaratnya
FINANCE Salurkan Pupuk Subsidi, PT Pusri Rangkul PT KAI untuk Antisipasi Kemacetan Arus Mudik

PT. Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, Sumatera Selatan menggandeng Kereta Api Indonesia (KAI) untuk menyalurkan pupuk subsidi ke Pulau Jawa.

Kamis 06-Apr-2023 02:00 WIB

Salurkan Pupuk Subsidi, PT Pusri Rangkul PT KAI untuk Antisipasi Kemacetan Arus Mudik

Tulis Komentar