Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

FINANCE

Energy Watch: Pembangunan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang Harus Segera

Senin 03-Apr-2023 08:32 WIB

274

Energy Watch: Pembangunan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang Harus Segera

Foto : tempoin

brominemedia.com - Direktur Eksekutif Energy Watch, Daymas Arangga, menyebut rencana Pertamina membangun buffer zone atau zona penyangga sejauh 50 meter bisa mengurangi paparan bahaya dari terminal bahan bakar minyak (TBBM).  Adapun rencana ini disampaikan Pertamina pasca insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang pada 3 Maret lalu.

"Buffer zone 50 meter adalah radius minimal. Selain itu, masih diperlukan mitigasi-mitigasi bencana yang menyeluruh untuk mencegah kembali terjadinya insiden serupa," kata Daymas kepada Tempo, Minggu, 2 April 2023,

Menurut Daymas, upaya membangun buffer zone perlu dilakukan Pertamina sebagai wujud  pembelajaran dari kejadian sebelumnya. Sehingga, membangun buffer zone seiring rencana pemerintah merelokasi Depo Plumpang ke lahan reklamasi PT Pelindo di Kalibaru, Jakarta Utara.

"Langkah antisipasi yang cepat adalah keharusan karena depo juga mesti tetap beroperasi," ujar Daymas.

Pertamina memang berencana membuat buffer zone di kawasan Depo Plumpang, Jakarta Utara, kendati pemerintah mewacanakan relokasi ke lahan reklamasi PT Pelindo di Kalibaru, Jakarta Utara.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

"Kami nggak bisa langsung pindahan begitu saja," kata VP Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso kepada wartawan di Jakarta, Kamis malam, 30 Maret lalu. "Jadi, sekarang yang urgent adalah buffer zone," ujarnya.

Fadjar menjelaskan, relokasi Depo Pertamina Plumpang ke Kalibaru butuh waktu lama. Padahal, kata dia, Depo Plumpang menampung 15 persen stok BBM nasional dan menyuplai ke 19 kabupaten atau kota di wilayah Jabodetabek.

"Kalau itu berhenti sebentar saja, bisa kebayang akan seperti apa," ucap Fadjar.

Oleh sebab itu, pihaknya menyebut pembuatan buffer zone sebagai win-win solution. Setidaknya, sembari menunggu kesiapan untuk relokasi. Toh, lahan untuk relokasi baru siap akhir 2024 nanti. Sedangkan proses pembangunan, lanjut Fadjar, butuh waktu tiga sampai empat tahun. Artinya, kemungkinan tercepat relokasi baru bisa dilaksanakan pada 2027.

Mengenai hal ini, Fadjar mengatakan Pertamina telah melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait, baik kementerian atau lembaga maupun dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta Utara. Pihaknya juga berupaya berkomunikasi kepada warga di kawasan Depo Plumpang.

"Supaya satu suara bahwa buffer zone penting diimplementasikan," kata Fadjar. "Relokasi, iya, betul. Tapi itu rencana jangka panjang."

Konten Terkait

FINANCE Energy Watch: Pembangunan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang Harus Segera

Direktur Eksekutif Energy Watch, Daymas Arangga mendorong Pertamina segera bangun buffer zone di Depo Pertamina Plumpang.

Senin 03-Apr-2023 08:32 WIB

Energy Watch: Pembangunan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang Harus Segera
KESEHATAN Energy Watch: Pembangunan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang Harus Segera

Direktur Eksekutif Energy Watch, Daymas Arangga mendorong Pertamina segera bangun buffer zone di Depo Pertamina Plumpang.

Senin 03-Apr-2023 08:32 WIB

Energy Watch: Pembangunan Buffer Zone Depo Pertamina Plumpang Harus Segera
PERISTIWA Sebulan Lewat, 4 Fakta Pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Selain itu Depo Pertamina Plumpang belum tersedia buffer water yang cukup yang dibutuhkan untuk proses pendinginan pipa.

Senin 03-Apr-2023 08:30 WIB

Sebulan Lewat, 4 Fakta Pasca Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
TEKNOLOGI Literasi Digital, Keniscayaan yang Harus Segera Ditanggapi Negara

Masa depan ketahanan nasional, segala aspeknya akan berada di pundak generasi Z dan Alfa. Literasi digital ini idealnya bisa memperkokoh nasionalisme mereka.

Selasa 28-Mar-2023 09:37 WIB

Literasi Digital, Keniscayaan yang Harus Segera Ditanggapi Negara
PERISTIWA Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Sebut Punya HGB hingga 2039: Kami Bukan Pendatang Gelap

HGB milik Sumiati, korban meninggal dalam kebakaran depo Pertamina Plumpang itu baru berakhir 20 tahun, setelah mengikuti program PTSL pada 2019.

Kamis 09-Mar-2023 00:59 WIB

Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Sebut Punya HGB hingga 2039: Kami Bukan Pendatang Gelap

Tulis Komentar