Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KRIMINAL

Dukun Palsu Pengganda Uang di Pacitan, Ada ASN Jadi Korban Janji Rp 2,5 juta Berubah Jadi Rp 2 M

Rabu 24-Jul-2024 20:29 WIB

65

Dukun Palsu Pengganda Uang di Pacitan, Ada ASN Jadi Korban Janji Rp 2,5 juta Berubah Jadi Rp 2 M

Foto : tribunnews

Brominemedia.com  - Kejahatan penipuan berupa modus dukun pengganda uang masih saja bisa memakan korban.

Kali ini dukun palsu pengganda uang di Pacitan berhasil diringkus polisi setelah ada belasan orang jadi korban. Polres Pacitan yang menangkap Dukun palsu pengganda uang menyebut dari belasan korban tersebut diantaranya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mantan Kepala Desa (Kades).

Masih banyak korban yang terjerat , padahal janji penggandaan uang dari si dukun palsu sudah terasa tak masuk akal.

“Pelaku berinisial JBB warga Kabupaten Trenggalek. Di Pacitan membuka praktik tipu-tipu ini  rumah kontrakan yang berlokasi di Kecamatan Pacitan Kota,” ungkap Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, Rabu (24/7/2024).

Dia menjelaskan modus asalnya tersangka membuka praktik pengobatan alternatif. Kemudian  banyak pasien datang ke kontrakan tersangka.

“Tersangka kemudian menjaring korban yang dirasa sudah dekat. Tersangka menjanjikan kepada pasien jika memberikan uang Rp 2,5 juta dikembalikan Rp 2 Miliar. Ini sangat luar biasa,” katanya.

Menurutnya, jika dihitung-hitung uang sebesar Rp 2,5 juta menjadi Rp 2 Miliar, 1000 persen. Terbongkarnya, salah satu korban curiga, karena setelah ditunggu-tunggu, janji tersangka tidak terwujud.

“Korbannya mengadukan ke Polsek Pacitan Kota. Anggota reskrim polsek kota langsung mengamankan tersangka. Warga Trenggalek yang mengadu nasib dengan penipuan di Pacitan,” urainya.

Dia menjelaskan, dihadapan petugas, tersangka memgakuinya. Ada 14 warga Pacitan yang telah ditipu oleh tersangka. Dan keempatbelas korban itu statusnya ada yang ASN dan mantan kades.

“Tersangka kami jerat pasal 378 KUHP tentang penipuan. Dengan ancaman hukuman paling lama 4 tahun penjara,” pungkas AKBP Agung.

Modal kardus dan keris

Polisi mendapati alat yang digunakan oleh tersangka dukun palsu pengganda uang sederhana.

Dalam penggeledahan saat penangkapan diketahui jika JBB hanya bermodal sebuah keris dan kardus yang awalnya diisi uang.

“Perkakas perdukunannya telah kami sita. Ada kardus dan keris,” ungkap Kapolres Pacitan, AKBP Agung Nugroho, Rabu (24/7/2024).

Dia menjelaskan kardus itu yang membuat belasan korban tergiur. Janjinya pun menggiurkan uang Rp 2,5 juta bisa menjadi Rp 2 Miliar. Cara tersangka menipu juga sederhana. Ketika korban mau menyerahkan uang sebesar Rp 2 juta sampai Rp 2,5 juta, dibawa ke sebuah kamar.

“Kondisi kamarnya gelap remang-remang. Di situ ada kardus yang kami sita ini. Dalam kardus ada uang. Sebenarnya sedikit tetapi biar kelihatan banyak disumpel,” katanya.

Dari situ, tersangka menyebutkan setiap uang yang diserahkan dimasukkan ke kardus. Kemudian uang akan bertambah berkali-kali lipat.

“Korban percaya saja sih. Karena melihat banyak uang di kardus. Karena gelap jadi tidak teliti bahwa ada sumpelan. Itu yg menyakinkan korban mau mengasih lagi,” katanya.

Terbongkarnya, ketika ada korban sadar bahwa uang yang dijanjikan bisa berkali-kali lipat tidak kunjung diterima.

Hingga melaporkan kasus ini ke Polsek Pacitan Kota.

“Anggota (Polsek Pacitan Kota) menangkap ketika tersangka mau kabur ke Trenggalek. Ditangkap di perbatasan Pacitan-Trenggalek,” terang AKBP Agung.

Konten Terkait

PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak
TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring
PEMERINTAHAN Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus

Bakal calon Wali Kota Tegal, Faruq Ibnul Haqi mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari partai politik besar untuk maju di Pilkada serentak 2024.

Minggu 04-Aug-2024 21:05 WIB

Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus
KRIMINAL Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Geger satu warga tewas dan dua lainnya luka-luka diduga diserang gerombolan pelajar di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024) dini hari.

Minggu 04-Aug-2024 21:04 WIB

Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang
PEMERINTAHAN Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

ESG Award by KEHATI adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh KEHATI kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip ESG

Jumat 02-Aug-2024 21:35 WIB

Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

Tulis Komentar