Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Bupati Wonogiri Ajak Perangi Pernikahan Dini

Senin 31-Jul-2023 10:59 WIB

391

Bupati Wonogiri Ajak Perangi Pernikahan Dini

Foto : radar solo

brominemedia.com – Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberikan perhatian khusus pada fenomena pernikahan dini. Ia mengajak seluruh pihak turut memerangi pernikahan dini.

Hal ini didasarkan pada resiko menikah terlalu dini yang dapat menyebabkan bayi stunting, kanker serviks pada ibu, rawan perselisihan dan KDRT hingga perceraian.

Bupati Joko Sutopo tidak ingin semakin banyak anak punya anak alias pernikahan dini. Menurutnya, untuk mencegah hal ini, kolaborasi dengan pemerintah desa dan keluarahan menjadi hal yang diperhatikan. Menurutnya, Kepala Desa dan Lurah harus bisa memiliki sensitifitas terhadap hal tersebut.

Sensifitas tersebut bisa diiringi dengan upaya edukasi dan sosialisasi tentang dampak atau resiko dari pernikahan anak di bawah umur. Di antaranya terkait potensi resiko kesehatan serviks dan lainnya.

Semua instrument dan stakeholder yang ada harus mengambil peran untuk menekan fenomena tersebut.

Bupati Joko Sutopo mencontohkan seperti Kantor Urusan Agama (KUA) bisa mengambil peran dengan memberikan edukasi potensi atau dampak dari pernikahan dini.

Puskesmas mengambil peran dengan memberikan edukasi terkait resiko kesehatan yang bisa muncul dampak dari pernikahan dini. Serta pihak lain yang juga mengambil bagian sesuai dengan peran masing-masing.

Bupati baru saja meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wonogiri mendata anak yang lulus dari SD dan melanjutkan ke SMP, SMA, dan perguruan tinggi. Itu guna mendeteksi permasalahan yang dihadapi anak.

“Ini kita sudah melangkah kesana. Untuk upaya skrining awal,” kata dia.

Konten Terkait

PERISTIWA Viral Pernikahan Dini Dua Anak SMP di Pemalang, Digelar Meriah Tapi...

Sebuah pernikahan dini di Pemalang, Jawa Tengah viral di media sosial. Kedua mempelai yang melangsungkan pernikahan itu masih remaja dan ..

Senin 10-Jun-2024 20:13 WIB

Viral Pernikahan Dini Dua Anak SMP di Pemalang, Digelar Meriah Tapi...
PEMERINTAHAN Mas Edi Deklarasi Jadi Bakal Calon Bupati Wonogiri 2024

Sosok Edi Herlambang atau yang dikenal dengan sebutan Mas Edi menggebrak dunia perpolitikan Kabupaten Wonogiri. Mas Edi mendeklarasikan diri untuk mantap maju sebagai Bakal Calon Bupati Wonogiri 2024.

Jumat 06-Oct-2023 17:28 WIB

Mas Edi Deklarasi Jadi Bakal Calon Bupati Wonogiri 2024
PEMERINTAHAN Bahas Potensi Kuliner, Menparekraf Sandiaga Uno Temui Komunitas Kreatif dan Pelaku Usaha Wonogiri

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri untuk menemui secara langsung komunitas yang bergerak pada sektor kreatif, Jumat (6/10/2023).

Jumat 06-Oct-2023 14:52 WIB

Bahas Potensi Kuliner, Menparekraf Sandiaga Uno Temui Komunitas Kreatif dan Pelaku Usaha Wonogiri
PEMERINTAHAN Kunjungan Kerja ke Wonogiri, Menteri PPPA Dialog dengan Sahabat Disabilitas

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawanti melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wonogiri, Rabu (23/8/2023).

Rabu 23-Aug-2023 15:39 WIB

Kunjungan Kerja ke Wonogiri, Menteri PPPA Dialog dengan Sahabat Disabilitas
PEMERINTAHAN Bupati Wonogiri Ajak Perangi Pernikahan Dini

Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, memberikan perhatian khusus pada fenomena pernikahan dini. Ia mengajak seluruh pihak turut memerangi pernikahan dini.

Senin 31-Jul-2023 10:59 WIB

Bupati Wonogiri Ajak Perangi Pernikahan Dini

Tulis Komentar