Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Bupati Karanganyar Minta Maaf Kepada Mahfud Md Karna Membuat Dirinya Terlambat Wisuda di UMS

Kamis 29-Dec-2022 12:31 WIB

239

Bupati Karanganyar Minta Maaf Kepada Mahfud Md Karna Membuat Dirinya Terlambat Wisuda di UMS

Foto : tempo

brominemedia.com - Bupati Karanganyar Juliyatmono meminta maaf langsung kepada Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Mahfud Md soal pernyataannya yang menyebut mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut telah membuat dirinya terlambat untuk wisuda di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Politikus Golkar ini mengakui menarik kembali pernyataannya tersebut.

"Pernyataan saya yang keliru yang tidak benar itu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," kata Juliyatmono dalam konferensi pers bersama Mahfud di kantor KemenkoPolhukam, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Juliyatmono datang ke Jakarta karena diundang oleh Mahfud untuk memberikan klarifikasi. Selain Juliyatmono, Mahfud juga meminta Kepala Program Studi Pascasarjana Hukum UMS yang juga mantan Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari untuk datang.

Mahfud bercerita bahwa dirinya mengundang kedua orang tersebut karena pernyataan dari Juliyatmono itu muncul di pemberitaan dan tersebar di media sosial. Juliyatmono menyebut dirinya sudah mengikuti wisuda di UMS dan lulus program S2.

Tapi wisuda ini sebenarnya telat karena Juliyatmono sudah kuliah sejak 2005. "Katanya mata kuliahnya Pak Mahfud tidak lulus, sehingga dia malas kuliah, lalu pergi, karena Pak Mahfud itu subjektif, kalau didebat, terus saya tidak diluluskan," kata Mahfud mengutip pemberitaan yang tersebar.

Mahfud pun merasa perlu bertemu Juliyatmono karena pernyataan tersebut menyangkut integritas akademis UMS dan dirinya. Terlebih, Juliyatmono menyebut dirinya tak lulus mata kuliah Politik Hukum karena merupakan politikus Golkar, dan Mahfud di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Katanya (Juliyatmono) waktu itu, padahal orang Golkar yang kuliah ke saya A semua (nilainya)," kata Mahfud.

Juliyatmono kemudian menjelaskan lagi bahwa dirinya adalah mahasiswa Mahfud saat kuliah S2 di UMS. Juliyatmono menyebut pernyataan tersebut disampaikannya saat acara wisuda Desember lalu. "Apa yang saya sampaikan sama sekali tidak benar, oleh Pak Mahfud diberikan nilai B, jadi saya khilaf saya mohon maaf dan tidak benar apa yang saya sampaikan itu," kata dia.

Bila kemarin menuding Mahfud, kini Juliyatmono balik memuji-muji mantan dosennya tersebut. "Sejak kami mahasiswa (Mahfud) idola kami, kami bangga sekali, apa yang kami sampaikan saat wisuda kemarin benar-benar salah," kata dia.

Konten Terkait

PERISTIWA Bupati Karanganyar Minta Maaf Kepada Mahfud Md Karna Membuat Dirinya Terlambat Wisuda di UMS

Bupati Karanganyar Juliyatmono dipanggil Menkopolhukam Mahfud Md ke kantornya hari ini. Mahfud mengklarifikasi pemberitaan soal pernyataan bupati.

Kamis 29-Dec-2022 12:31 WIB

Bupati Karanganyar Minta Maaf Kepada Mahfud Md Karna Membuat Dirinya Terlambat Wisuda di UMS

Tulis Komentar