Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Anak Muda Punya Peranan Penting untuk Atasi Masalah Penanganan Sampah di Jakarta

Selasa 11-Jun-2024 20:43 WIB

145

Anak Muda Punya Peranan Penting untuk Atasi Masalah Penanganan Sampah di Jakarta

Foto : wartakota

Brominemedia.com - Sebanyak lebih dari 500 orang mengikuti aksi nyata edukasi pentingnya pilah plastik di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Aksi bertemakan Act Now, Save the Future (beraksi sekarang untuk selamatkan masa depan) merupakan bentuk kampanye peningkatan kesadaran publik yang diinisiasi oleh Child Campaigner Save the Children Indonesia.

Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2023, timbulan sampah di Indonesia mencapai 22,970,456.96 ton.

Sementara untuk DKI Jakarta, berada pada urutan ketiga dengan 3,141,650.18 ton, dengan sampah plastik berada diurutan kedua (22,95 persen).

Sampah plastik yang tidak terkelola baik akan mencemari lingkungan dan berimbas kepada kesehatan anak-anak.

Moch Ari, Program Director Climate Change & Circular Economy – Save the Children Indonesia mengatakan peran anak-anak dan orang muda sangat krusial dalam membantu persoalan sampah di Jakarta.


"Mereka dapat berpartisipasi aktif melalui berbagai inisiatif seperti kampanye kesadaran lingkungan, program pengumpulan dan pemilahan sampah, serta daur ulang sampah plastik," ucapnya, lewat keterangan, Selasa (11/6/2024). 

Selain itu pendidikan dan keterlibatan aktif anak-anak akan menjadi kunci menciptakan perubahan perilaku yang diperlukan untuk menjadikan ekonomi sirkular sebagai norma di masyarakat.

Eka Persilian, Lurah Sunter Agung mengatakan apresiasi diberikan kepada Save the Children Indonesia dan Hyundai Motor Company atas inisiasinya mengadakan kegiatan kampanye Act Now, Save the Future! 

"Dengan edukasi yang disajikan, semoga membawa dampak positif bagi perilaku masyarakat dalam pelestarian lingkungan. Mari bergerak bersama, dengan Cerdas Pilah Plastik, kita selamatkan bumi bagi generasi masa depan yang lebih baik," jelasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, anak-anak dan orang muda juga akan menyuarakan gagasan mereka agar Jakarta Utara lebih hijau, bersih dan bebas sampah plastik.

“Dengan memulai aksi ini, diharapkan kita semua dapat melindungi bumi kita dan dapat mewujudkan lingkungan lebih baik untuk generasi yang akan datang,” jelas Divo (18), Anggota Child Campaigner Jakarta. 

Konten Terkait

EVENT Climate Innovation Week, Ajak Anak Muda Ikut Lestarikan Lingkungan

Anak muda diminta melihat peluang untuk memunculkan inovasi dan solusi permasalahan iklim di tengah masyarakat

Senin 23-Sep-2024 23:43 WIB

Climate Innovation Week, Ajak Anak Muda Ikut Lestarikan Lingkungan
KRIMINAL Polres Metro Jakarta Utara Gagalkan Peredaran Ganja Seberat 77 Kg

Unit 3 Satuan Reserse Narkoba (Satres Narkoba) Polres Metro Jakarta Utara membongkar peredaran narkoba jenis ganja seberat 77 kilogram. Ada dua orang pelaku yang ditangkap dalam kasus ini yaitu MS dan NR.

Selasa 30-Jul-2024 20:35 WIB

Polres Metro Jakarta Utara Gagalkan Peredaran Ganja Seberat 77 Kg
PERISTIWA Anak Muda Punya Peranan Penting untuk Atasi Masalah Penanganan Sampah di Jakarta

Lebih dari 500 orang mengikuti edukasi pentingnya pilah plastik di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk membantu persoalan sampah di Jakarta.

Selasa 11-Jun-2024 20:43 WIB

Anak Muda Punya Peranan Penting untuk Atasi Masalah Penanganan Sampah di Jakarta
KESEHATAN Thailand Tindak Tegas Penyalahgunaan Rokok Elektrik di Sekolah

Kantor Komisi Pendidikan Dasar (Obec) Thailand akan menerapkan tindakan tegas, seperti penggeledahan barang-barang pribadi, untuk menindak rokok elektronik di sekolah-sekolah menyusul lonjakan jumlah siswa yang menggunakannya. Wakil sekretaris...

Senin 08-Apr-2024 21:55 WIB

Thailand Tindak Tegas Penyalahgunaan Rokok Elektrik di Sekolah
PERISTIWA Metro Sepekan: Penjelasan Pemprov DKI soal Viral Tanggul Laut Raksasa di Jakarta Utara Bocor

Pemprov DKI Jakarta membantah adanya kebocoran tanggul laut raksasa atau giant sea wall usai video viral menyebut adanya kebocoran tanggul laut raksasa.

Senin 09-Oct-2023 09:15 WIB

Metro Sepekan: Penjelasan Pemprov DKI soal Viral Tanggul Laut Raksasa di Jakarta Utara Bocor

Tulis Komentar