KRIMINAL

Top Nasional: OPM Penjaga Pilot Susi Air Ditembak Sniper TNI, Isu Anies Akan Jadi Tersangka, Soal Al Zaytun

Kamis 22-Jun-2023 08:12 WIB 234

Foto : tempo

brominemedia.com - Artikel yang menarik perhatian pembaca hingga pagi ini di antaranya Salah satu kolonel Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang menjaga pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens tewas dalam baku tembak dengan TNI. Kemudian, Denny Indrayana menyatakan mendapatkan kabar bahwa Anies akan segera menjadi tersangka. Berikut ringkasannya:

1. Kolonel OPM yang Jaga Pilot Susi Air Tewas Ditembak Sniper TNI
Salah satu kolonel Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) yang menjaga pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens tewas saat baku tembak dengan pasukan TNI-Polri pada 29-31 Mei 2023.

Eliban Karunggu merupakan kolonel yang memimpin pasukan Egianus Kogoya dalam serangan 15 April lalu di Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Lima prajurit Batalyon Infanteri Raider 321/Galuh Taruna gugur dalam serangan ini.

Kematian Eliban disampaikan dalam laporan Egianus Kogoya, Komando Daerah Pertahanan (KODAP) III Derakma Ndugama, pada 17 Juni 2023. Kogoya bertanggung jawab atas penculikan pilot Susi Air Kapten Philips Max Mehrtens.

“Salah satu pasukan elit terbaik TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma (Eliban) gugur dalam medan perang pada 31 Mei 2023,” kata juru bicara TPNPB OPM, Sebby Sambom, meneruskan laporan Kogoya, yang diterima Tempo, 19 Juni 2023.

Sambom menjelaskan Eliban memimpin serangan terhadap pasukan TNI-Polri di Distrik Mugi-mam melalui dua jalur. Menurut Sambom, Kagoya melaporkan pasukannya berhasil menembak mati 7 anggota Kopassus. Kemudian, Kogoya mengklaim Wakil Batalion Albu Eyakagit menembak 3 anggota Kopassus lain. “Sepuluh orang mati di tempat,” ujar Sambom.
2. Denny Indrayana Sebut Anies Segera Jadi Tersangka
Mantan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menyatakan upaya penjegalan terhadap Anies Baswedan untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus berlangsung. Yang terbaru, Denny menyatakan mendapatkan kabar bahwa Anies akan segera menjadi tersangka.

"Kabar itu sudah menjadi informasi yang beredar di banyak kesempatan. Bukan hanya saya, banyak yang sudah menyatakannya," kata Denny melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 21 Juni 2023.

Denny menyatakan bahwa dalam berbagai kesempatan, berbagai pakar telah mencium gelagat penetapan Anies sebagai tersangka ini sebagai skenario pamungkas untuk menjegal mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjadi kontestan dalam Pilpres 2024.

Denny tak mengatakan kasus apa yang akan menjerat Anies. Dia hanya mengatakan KPK sudah 19 kali melakukan gelar perkara terkait kasus yang menyeret Anies.

Konten Terkait

PERISTIWA Pj Bupati Nduga Sudah Bertemu Pimpinan KKB Egianus Kogoya?

Penjabat (Pj) Bupati Nduga Edison Gwijangge dikabarkan bertemu dengan pimpinan KKB Egianus Kogoya.

Senin 17-Jul-2023 13:24 WIB

PERISTIWA Kasus Panji Gumilang, Saksi Pelapor Dicecar soal Masalah Tanah hingga Gaji Karyawan di Al Zaytun

Penyidik Bareskrim Polri memeriksa sejumlah saksi pelapor perihal kasus dugaan penistaan agama oleh pengasuh Pondok Pesantren Al-Zaytun Panji Gumilang

Jumat 07-Jul-2023 00:34 WIB

PERISTIWA Dugaan Penistaan Agama, Polri Terbitkan SPDP Kasus Al Zaytun

Polri menerbitkan surat perintah dimulai penyidikan (SPDP) kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan pengasuh Pondok Pesantren Al Zaytun Panji Gumilang.

Kamis 06-Jul-2023 22:47 WIB

PERISTIWA Bareskrim Panggil Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang Hari Ini

Bareskrim Polri masih terus mendalami laporan terkait polemik Pondok Pesantren Al-Zaytun. Hari ini penyidik menjadwalkan pemeriksaan terhadap Panji Gumilang.

Senin 03-Jul-2023 07:39 WIB

KRIMINAL Menanti Kabar Pilot Susi Air Usai Diberi Ultimatum KKB Papua

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua memberi ultimatum untuk menembak Pilot Susi Air Captain Philips M pada 1 Juli 2023. Namun, hingga saat ini tak terdengar kabar lagi usai diultimatum.

Senin 03-Jul-2023 00:47 WIB

Tulis Komentar