TREND

Top 3 Dunia: Pembakaran Al-Quran di Swedia hingga Trump Serukan Negosiasi Rusia Ukraina

Sabtu 01-Jul-2023 05:58 WIB 143

Foto : tempoin

brominemedia.com - Berita Top 3 Dunia pada Jumat 30 Juni 2023 didominasi oleh pembakaran Al-Quran di luar masjid di Swedia.

Pada urutan pertama, Amerika Serikat mengutuk pembakaran Al-Quran di luar masjid di Swedia, dan menambahkan bahwa mengeluarkan izin untuk demonstrasi mendukung kebebasan berekspresi dan bukan mendukung tindakan tersebut.

Sementara di urutan kedua, sejumlah Aksi Intoleransi Pembakaran Al-Quran yang berhasil dirangkum Tempo.co.

Adapun di urutan ketiga, Mantan Presiden AS Donald Trump menilai posisi Presiden Vladimir Putin "agak dilemahkan" oleh pemberontakan tentara swasta Wagner, sehingga sekarang waktunya bagi Amerika Serikat untuk mencoba menengahi perseteruan Rusia Ukraina dengan perundingan perdamaian.

Berikut Top 3 Dunia selengkapnya.

AS Kutuk Pembakaran Al-Quran di Swedia, Izin Demo Bukan untuk Itu

Amerika Serikat mengutuk pembakaran Al-Quran di luar masjid di Swedia, dan menambahkan bahwa mengeluarkan izin untuk demonstrasi mendukung kebebasan berekspresi dan bukan mendukung tindakan tersebut.

Seorang pria merobek dan membakar Al-Quran di luar masjid pusat Stockholm pada hari Rabu, 28 Juni 2023, tepat pada Hari Raya Idul Adha, tindakan yang membuat marah Turki padahal dukungannya diperlukan Swedia untuk bisa menjadi anggota NATO.
Sejumlah Aksi Intoleransi Pembakaran Al-Quran, Terbaru Dilakukan Salwan Momika di Swedia

Baru-baru ini seorang pria asal Irak, Salwan Momika melakukan aksi intoleransi dengan merobek dan lakukan pembakaran Al-Quran di luar masjid pusat Stockholm, Swedia tepat pada Hari Raya Idul Adha, Rabu, 28 Juni 2023.

Menurut laporan media, pria 37 tahun itu mengusap sepatunya dengan halaman-halaman Alquran yang robek sebelum memasukkan daging asap ke dalamnya dan membakarnya.

Perbuatan intoleransi dan fobia terhadap Islam itu bukan kali pertama terjadi. Pemimpin politik Denmark-Swedia Rasmus Paludan bahkan tercatat melakukannya hingga paling tidak lima kali. Berikut deretan para pelaku aksi pembakaran Al-Quran yang pernah terjadi, dirangkum Tempo.co.

Trump: Posisi Putin Melemah, Saatnya Paksakan Negosiasi Damai Rusia-Ukraina

Mantan Presiden AS Donald Trump menilai posisi Presiden Vladimir Putin "agak dilemahkan" oleh pemberontakan tentara swasta Wagner, sehingga sekarang waktunya bagi Amerika Serikat untuk mencoba menengahi perseteruan Rusia Ukraina dengan perundingan perdamaian.

"Saya ingin orang tidak mati sia-sia karena perang konyol ini," kata Trump kepada Reuters dalam wawancara telepon, Kamis, 29 Juni 2023.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Pelindo Borong Penghargaan Internasional ASEAN Risk Award 2024

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berhasil mendapatkan tiga penghargaan internasional sekaligus pada ajang ASEAN Risk Award 2024 (ARA).

Senin 19-Aug-2024 20:44 WIB

FINANCE Begini Cara Bea Cukai Mengawal Produk UMKM Tembus Pasar Internasional

JPNN.com, PEKANBARU - Bea Cukai terus mengawal perkembangan para pelaku UMKM untuk sukses memasarkan produknya ke mancanegara.

Selasa 02-Jul-2024 20:33 WIB

PERISTIWA Iraq Minta Swedia Ekstradisi Pembakar Alquran Salwan Momika

Hidayatullah.com – Pemerintah Iraq telah meminta Swedia untuk mengekstradisi pembakar Al-Quran, Salwan Momika, yang merupakan pengungsi asal negara itu, ungkap pengacaranya kepada AFP pada Selasa. “Iraq ingin dia diekstradisi karena dia membakar Al-Quran di luar masjid (di Stockholm) pada bulan Juni,” kata pengacara David Hall kepada AFP setelah polisi Swedia menanyai Momika terkait permintaan ekstradisi […]

Kamis 14-Sep-2023 05:00 WIB

PENDIDIKAN Pelajar Borong Medali di Ajang Olimpiade Informatika Internasional

Tim Indonesia yang terdiri dari empat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berhasil meraih tiga medali perak dan satu medali perunggu pada ajang Olimpiade Informat

Sabtu 09-Sep-2023 03:57 WIB

PENDIDIKAN Pelajar Borong Medali di Ajang Olimpiade Informatika Internasional

Tim Indonesia yang terdiri dari empat siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) berhasil meraih tiga medali perak dan satu medali perunggu pada ajang Olimpiade Informat

Sabtu 09-Sep-2023 03:57 WIB

Tulis Komentar