PERISTIWA

Tenda Jamaah Haji Indonesia di Mina Overcapacity

Jumat 30-Jun-2023 00:51 WIB 147

Foto : republikain

brominemedia.com -- Anggota Komisi VIII DPR, Endang Maria Astuti, mengatakan tenda Jamaah Haji Indonesia di Mina terjadi overcapacity. Faktanya, hasil peninjauan lapangan di Maktab Indonesia Nomor 66, 67 dan 68 dari total per kloter sekitar 360 jamaah, ternyata hanya mampu menampung 260an Jamaah Haji. Artinya, ada selisih 100 orang jamaah yang membuat ini tidak muat, alhasil mereka tidurnya berdesakan, bahkan ada yang tidurnya duduk, saking space tempatnya tidak muat lagi.
“Ini menjadi keluhan para jamaah yang disampaikan kepada kami, mereka menjadi tidak nyaman. Itu pun ternyata, ada limpahan air yang mengucur dari toilet yang membuat kasur menjadi basah. Ini sangat menyedihkan sekali, meskipun ini hanya dua malam bagi jemaah. Namun, ini bisa mengakibatkan kesehatan jamaah menjadi terganggu,” ujar Endang saat mengunjungi Maktab Indonesia Nomor 66-68 asal daerah Jawa Tengah, di Mina, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (29/6/2023). 
Kemudian, lanjut Legislator Dapil Jateng IV ini, maktab jamaah haji itu rata -rata kekurangan space. Jadi, mereka ada yang berinisiatif menyempatkan untuk membuat tenda tambahan darurat mengambil jalan untuk pejalan kaki di samping tenda. Selain itu, untuk atapnya, mereka menggunakan pakaian ihram mereka agar tidak kepanasan.
“Jadi, saya lihat tadi Bapak -Bapak membuat seperti payung di atasnya (tenda) agar supaya tidak terlalu panas ketika siang hari. Namun, menurut saya ini sangat menyedihkan sekali sampai mereka mesti tidur di luar. Selain itu juga, mereka yang tidur di dalam, satu bed itu untuk dua orang karena spacenya yang sempit. Jangan sampai kemudian, nanti dianggap pemerintah ini tidak serius mengelola penyelenggaraan haji, apalagi mereka kan juga sudah membayar. Jangan sampai juga ada image yang tidak baik bagi masyarakat kita,” kata Endang.
Poltiikus F-Golkar ini mengatakan, pihaknya menilai, nampaknya pemerintah kurang antisipasi jamaah haji kuota tambahan. Seharusnya dihitung betul total jamaah haji yang menempati tenda, misalnya jumlahnya 2.000 orang, harus dipastikan dan dihitung betul kapasitas tenda yang memang mencukupi untuk 2.000 orang. 
“Kalau kondisi saat ini, saya yakin misalnya jamaah haji 2,000, tetapi untuk tendanya kapasitasnya hanya untuk 1.800 orang. Ke depan, hal-hal seperti ini kembali harus diantisipasi, agar tidak terulang ditahun depan,” ujar Endang.

Konten Terkait

PERISTIWA Pertamina Sidak Pangkalan LPG 3 Kg di Semarang, Pastikan Stok Aman dan Harga Sesuai HET

Pertamina Patra Niaga JBT sidak pangkalan LPG 3 Kg di Semarang untuk pastikan stok aman dan harga sesuai HET Rp 18.000.

Jumat 13-Sep-2024 20:28 WIB

KRIMINAL Berkomplot Curi Motor Petani Hanya Laku Rp 400 Ribu, Ujung-Ujungnya Warga Bangkalan Ini Ditembak

Tindakan tegas dan terukur dari personel Satreskrim Polres Bangkalan membuat AM tumbang ketika peluru bersarang di kaki kanannya.

Rabu 11-Sep-2024 20:40 WIB

TEKNOLOGI Pertamina Gandeng Vale Sediakan Bahan Bakar Ramah Lingkungan HVO

Kerjasama ini menandai komitmen bersama dalam mengurangi emisi karbon melalui pemanfaatan energi bersih.

Senin 09-Sep-2024 21:20 WIB

KRIMINAL Sakit Hati Dimarahi, Pria ini Beli Air Keras di Toko Online Lalu Siramkan ke Atasan

Seorang pria berinisial JJS nekat menyiram atasannya berinisial MA menggunakan air keras. JJS mengaku sakit hati karena kerap dimarahi oleh atasannya

Kamis 05-Sep-2024 20:35 WIB

KRIMINAL Keroyok Remaja Saat Tawuran Hingga Tewas, Tiga Pemuda di Palembang Dituntut 12 Tahun Penjara

Tuntutan dibacakan oleh penuntut umum di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang yang diketuai oleh Harun Yulianto SH MH, Selasa (3/9/2024).

Selasa 03-Sep-2024 21:02 WIB

Tulis Komentar