PERISTIWA

Sudah Masuk Musim Panen, Nelayan Gunungkidul Malah Paceklik Ikan

Rabu 22-Feb-2023 06:37 WIB 137

Foto : harianjogja

brominemedia.com - Nelayan di Gunungkidul sedang paceklik ikan sejak awal tahun ini.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gunungkidul, Rujimanto, mengatakan sudah banyak nelayan yang mengeluh karena hasil tangkapan minim. Ia mencontohkan, nelayan Ngandong yang berangkat melaut pada Selasa (20/2/2023) menggunakan tiga perahu, tetapi hasil yang didapat hanya sekitar lima kilogram.

“Tadi pagi coba memancing dan berangkat tiga kapal, tapi hasilnya juga nihil,” kata Rujimanto, Rabu (21/2/2023).

Menurut dia, paceklik ikan sudah berlangsung sejak awal tahun ini. Keluhan tidak hanya disuarakan oleh nelayan Gunungkidul. Nelayan dari Pacitan hingga Cilacap juga merasakan kesulitan sama.

“Saya bicara untuk nelayan perahu mesin tempel [jukung] seperti di Gunungkidul dan semua keluhannya sama. Hasil tangkapan minim.  Kalau kapal besar sudah punya tempat menangkap ikan tersendiri,” katanya.

Rujimanto menilai berdasarkan perhitungan hari, seharusnya pada sekarang sudah musim ikan seperti layur, bawal, hingga tengiri. Kendati demikian,.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm


“Seperti tidak ada. Toh kalau dapat hanya kebetulan karena besoknya diulang, banyak yang pulang dengan tangan hampa,” katanya.

Dampak dari sulitnya menangkap ikan membuat para nelayan yang berhenti melaut. “Banyak yang berhenti karena kalau tetap melaut semakin rugi karena hasil yang didapat tidak pasti,” katanya.

Ia memperkirakan panceklik karena pengaruh dengan kondisi cuaca ekstrem yang terjadi sejak 2022 lalu. “Mungkin ini dampaknya. Tapi, mudah-mudahan kondisi cepat pulih dan ikan tangkapan nelayan bisa melimpah,” katanya.

Hal senada disuarakan oleh Ketua Paguyuban Nelayan Pantai Baron di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari, Sumardi. Menurut dia, ikan sulit ditangkap pada saat sekarang ini.

“Harusnya sudah masuk musim panen, tapi ikan sulit dicari seperti menghilang dari perairan,” kata Sumardi.

Kondisi ini diperparah dengan cuaca buruk dalam dua pekan terakhir membuat nelayan tak berani mencari ikan hingga ke tengah laut. “Mereka khawatir disapu ombak saat melaut. Hasil, tangkapan ikan terus menurun,” katanya.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Formasi CPNS Dokter Spesialis Minim Pendaftar, Ini Penjelasan Dinkes Gunungkidul

Sepinya peminat dokter spesialis untuk wilayah Kabupaten Gunungkidul karena aspek geografis dan kesempatan membuka praktik

Senin 02-Sep-2024 20:39 WIB

PERISTIWA Gempa M5,8 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan hingga Malang dan Nganjuk

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Gunungkidul, DI Yogyakarta, pada Senin malam (26/8/2024) pukul 19.57 WIB.

Senin 26-Aug-2024 20:33 WIB

PEMERINTAHAN Tutup Pendaftaran, Gerindra Gunungkidul Terima 12 Nama Kandidat Bakal Cabup-Cawabup Pilkada 2024

DPC Partai Gerindra Gunungkidul resmi menutup pendaftaran dan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pilkada 2024.

Minggu 19-May-2024 21:26 WIB

PEMERINTAHAN Inilah 11 Tokoh Gunungkidul yang Mendaftar Jadi Bacabup dan Bacawabup Lewat Partai Golkar

sebelas orang mendaftar sebagai bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) dari Partai Golkar untuk mengikuti ..

Rabu 24-Apr-2024 21:11 WIB

PEMERINTAHAN Belum Genap Empat Bulan, Pendapatan Retribusi Parkir Gunungkidul Tembus Rp474 Juta

Dishub Gunungkidul mencatat bahwa selama empat bulan pertama 2024, pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi parkir masuk hingga ...

Kamis 18-Apr-2024 20:27 WIB

Tulis Komentar