HIBURAN

Simak 5 Destinasi Wisata Unggulan di Nepal, Ada Kuil yang Dikunjungi Lebih 1 Juta Pelancong Tiap Tahun

Rabu 18-Jan-2023 11:05 WIB 251

Foto : tempo

brominemedia.com - Baru-baru ini dikabarkan pesawat maskapai Yeti Airlines jatuh di wilayah Pokhara, Nepal pada Ahad 15 Januari 2023. Pesawat itu dikabarkan membawa 72 orang yang berisi 68 penumpang dan 4 kru pada saat jatuh dari ibu kota Kathmandu pada Minggu.

Tetapi dibalik kabar menyedihkan tersebut, negara yang terletak di kawasan Asia Selatan ini memiliki beragam tempat wisata yang indah yang harus dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup, berikut 5 rekomendasi destinasi wisata saat berkunjung ke Nepal

Destinasi Wisata Nepal

1. Kuil Pashupati Nath

Pashupati adalah salah satu kuil paling terkenal di Nepal dan lokasinya berada di pinggiran ibu kota Nepal, Kathmandu. tidak jauh dari kuil ini juga terdapat Sungai Bagmati. Kuil Pashupati Nath termasuk kuil tertua dan suci di Nepal. Dibangunnya Kuil ini juga didedikasikan untuk dewa Pashupatinath, salah satu dewa kehormatan di Nepal yang juga dikenal sebagai Dewa Siwa. 

Umumnya yang berwisata ke sini adalah umat agaka Hindu dengan harapan bisa mendapatkan berkah dari para dewa. kuil ini berhasil masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak 1979.  Umumnya dalam satu tahun ada lebih dari satu juta wisatawan yang berkunjung ke sini.

2. Danau Phewa

Tempat selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi wisatawan saat ke Nepal adalah Danau Phewa yang beraea di pinggir Danau Pokhara yang merupakan sebuah kota di Nepal tengah. Kota ini merupakan asal kerajaan-kerjaan yang terkenal di Nepal. Daya tarik yang dimiliki Danau Phewa adalah Puncak Annapurna yang menyejukkan mata.

Di pinggir selatan danau juga terletak istana kerajaan dan dari seluruh wilayah pemandangan di tempat wisata ini berpusat di tepi tengah danau dan juga area berkemahnya. Selain itu, jalan utama di pinggir danau pun dilengkapi hotel, restoran dan juga pusat perbelanjaan. dan saat berkunjung kesini wisatawan dapat menyewa perahu kecil warna-warni untuk menikmati keindahan danau ini.

3. Taman Nasional Chitwan

Selain berkunjung ke tempat-tempat penuh sejarah, wisatawan bisa berkunjung ke alam saat berada di Nepal, tepatnya ke Taman Nasional Chitwan. Taman ini merupakan taman nasional yang dibuat khusus untuk wisatawan menyaksikan satwa liar dan merasakan suasana safari.

Iklim di Chitwan yaitu iklim muson tropis yang mana berbeda sekali dengan mayoritas iklim di Nepal. di taman ini hidup banyak binatang liar seperti badak, macan tutul, harimau, kerbau, rusa, beruang dan masih banyak lainnya.

Selain itu lumba-lumba air tawar serta buaya juga hidup di sungai sekitaran taman nasional ini tetapi mereka jarang menampakkan diri. saat mengunjungi tempat ini wisatawan bisa melakukan tur keliling taman ini berjalan kaki maupun naik gajah. Chitwan juga masuk dalam daftar situs warisan budaya UNESCO.

4. Museum Patan

Museum ini terletak di istana kerajaan tua di daerah Patan Dubar Square. museum ini sempat terpilih sebagai salah satu museum terbaik di Asia Selatan. Austria menyumbang dana untuk mempercantik interior museum ini sehingga menjadi sangat indah. Selain itu, hal yang menarik di museum ini adalah adanya ornamen Hindu dan Buddha di Lembah Kathmandu.

5. Bhaktapur Dubar Square

Terletak di pusat Bhaktapur di tenggara Kathmandu, Bakhtapur sering disebut sebagai Bhadgaon yang dalam bahasa Nepal berarti “Kota Beras” atau juga “Kota Orang Saleh”. Saat berkunjung ke sini wisatawan dapat merasakan bagaimana kehidupan di Nepal pada abad pertengahan.

Pada masa kejayaannya, terdapat 172 kuil di Bhaktapur dan dikelilingi oleh beragam pagoda sehingga dikenal sebagai “museum terbuka”. Namun pada 2015, terjadi gempa dan bangunan-bangunan di situ banyak yang rusak parah.

Konten Terkait

TEKNOLOGI 41 Juta Serangan Siber Mengincar Warganet Indonesia

Sebanyak 41.039.452 ancaman online menyasar pengguna di Indonesia selama periode Januari hingga Desember 2022. Angka tersebut sangat besar, tapi sebenarnya turun 4,52% dibandingkan 42.983.721 dibanding....

Senin 06-Mar-2023 10:33 WIB

HIBURAN Simak 5 Destinasi Wisata Dekat Stasiun Lempuyangan

Di dekat stasiun Lempuyangan, banyak objek wisata yang bisa dikunjungi. Bahkan untuk wisata kuliner pun, beragam menu yang fenomenal tersedia.

Jumat 03-Feb-2023 12:37 WIB

HIBURAN Simak 5 Destinasi Wisata Unggulan di Nepal, Ada Kuil yang Dikunjungi Lebih 1 Juta Pelancong Tiap Tahun

Pesawat Yeti Airline jatuh di Nepal, belum lama ini. Negeri ini memiliki destinasi wisata yang mengagumkan, sebagai berikut.

Rabu 18-Jan-2023 11:05 WIB

PERISTIWA Kronologi Jatuhnya Pesawat di Nepal hingga Imlek di Arab Saudi

Top 3 dunia adalah kronologi jatuhnya Yeti Airlines di Nepal, kisah tragis co-pilot pesawat jatuh hingga perayaan Imlek digelar di Arab Saudi.

Selasa 17-Jan-2023 06:00 WIB

FINANCE Harga Emas Antam Hari Ini Turun Rp 13 Ribu Jadi Rp 1 Juta per Gram

Harga emas Antam terkecil dengan ukuran 0,5 gram dijual Rp 550 ribu.

Jumat 16-Dec-2022 08:48 WIB

Tulis Komentar