PERISTIWA

Seorang Turis Terdampar Akibat Cuaca Ekstrem, Erick Thohir Ingatkan Keselamatan Nomor Satu

Rabu 28-Dec-2022 10:49 WIB 359

Foto : tempo

brominemedia.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengingatkan pentingnya keselamatan turis dalam industri pariwisata. Hal ini dia sampaikan menyusul kejadian terdamparnya turis di Pulau Karimunjawa akibat cuaca ekstrem.

“Keselamatan para turis, baik asing maupun domestik, dalam industri pariwisata adalah nomor satu. Kita tak ingin kegembiraan menjadi bencana. Saya memerintahkan semua BUMN terkait untuk selalu cepat tanggap dan memerhatikan aspek keselamatan tanpa kompromi,” kata Erick melalui keterangan tertulis, Rabu, 28 Desember 2022.

Para turis yang terdampar di Pulau Karimunjawa itu akhirnya berhsil dievakuasi dan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas pada Rabu, 28 Desember 2022 pkul 05.30. Sebanyak 49 asing dan 451 turis domestik itu dievakuasi menggunakan KM Kelimutu yang dikirim oleh PT Pelni.

Ia menilai PT Pelni telah bertindak cepat dan memastikan seluruh aspek keselamatan dan keamanan pelayaran di kapal KM Kelimutu. Sehingga, kapal tersebut siap menghadapi cuaca buruk seperti ombak besar, dalam membawa kembali para turis ke Semarang. "Alhamdulillah, hari ini mereka telah tiba dengan selamat,” ujar Erick.

Adapun Direktur Utama PT Pelni mengatakan, pihaknya mengirim KM Kelimutu usai ada permintaan dari Bupati Jepara ke Kementerian Perhubungan dan PT Pelni untuk mengangkut ratusan turis terdampar tersebut. Dia menjelaskan, ombak setinggi tiga meter tidak mungkin dihadapi kapal free board yang tinggi kapalnya hanya dua meter. Karena itu, pihaknya segera melakukan deviasi rute KM Kelimutu.

"Rute normal KM Kelimutu adalah Sampit-Tanjung Emas Semarang-Karimun Jawa. Kita ubah jadi Sampit-Karimun Jawa-Tanjung Emas Semarang," kata Andayani.

Menurut Andayani, KM Kelimutu dijadwalkan mengevakuasi para turis pada Selasa, 27 Desember 2020 pukul 17.00. Namun, karena tinggi gelombang laut masih mencapai 4,5 meter, kapal yang memiliki tinggi badan 9,5 meter, panjang 99 meter, dan berat 1.450 ton itu baru tiba di lokasi pukul 21.00.

Keterlambatan hingga 4 jam itu, Andayani melanjutkan, disebabkan oleh yang kapal terpaksa berjalan lambat karena menghadapi ombak besar.

Setelah proses embarkasi selama satu setengah jam, KM Kelimutu akhirnya berangkat dari Pelabuhan Legon Bajak Karimunjawa pada puhul 22.30. "Alhamdulillah kapal dapat menembus gelombang di perairan Karimunjawa yang tadi malam mencapai 3 meter," kata dia.

Konten Terkait

PERISTIWA Erick Thohir Kunjungi Prabowo di Kertanegara, Siap Jadi Menteri Lagi?

Pertemuan Erick dan Prabowo mengundang spekulasi kabinet baru, apa yang dibahas?

Senin 14-Oct-2024 20:32 WIB

OLAHRAGA Erick Thohir Nonton Langsung Laga Timnas U-16 Indonesia vs Australia pada Semifinal Piala AFF U-16 2024

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir hadir di Stadion Manahan Solo untuk menyaksikan langsung laga Timnas U-16 Indonesia vs Australia pada Senin, 1 Juli.

Senin 01-Jul-2024 20:17 WIB

PEMERINTAHAN Pandit: Erick Thohir Jadi Wapres, Sepak Bola Indonesia Bakal Semakin Maju

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir tengah digadang-gadang sebagai Cawapres terkuat untuk mendampingi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

Jumat 20-Oct-2023 00:58 WIB

OLAHRAGA Ketum PSSI Erick Thohir Yakin Timnas Indonesia Siap Tempur Lawan Tim Manapun

Brominemedia.com - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memastikan Tim Merah Putih siap meladeni lawan berat di Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Rabu 18-Oct-2023 01:24 WIB

PEMERINTAHAN Kuasai Basis NU, Erick Thohir Dinilai Bacawapres Paling Potensial

Menteri BUMN Erick Thohir disebut-sebut sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) paling potensial saat ini. Penyebabnya tak lain karena Erick Thohir menguasai basis massa yang kuat di kalangan....

Rabu 11-Oct-2023 00:51 WIB

Tulis Komentar