KESEHATAN

Ragam Jenis Glaukoma, Begini 4 Cara Pencegahan Yang Bisa Dilakukan

Sabtu 24-Dec-2022 08:10 WIB 123

Foto : tempo

brominemedia.com - Glaukoma adalah kondisi mata yang merusak saraf optik. Saraf optik mengirimkan informasi visual dari mata ke otak dan sangat penting untuk mendapat penglihatan yang baik. Kerusakan saraf optik sering dikaitkan dengan tekanan tinggi di mata. Namun glaukoma bisa terjadi bahkan dengan tekanan mata normal.

Glaukoma menurut laman WebMD memiliki beberapa tipe yakni:

Jenis Utama glaukoma

1. Open-angle glaucoma Ini adalah jenis yang paling umum. Medis mungkin juga menyebutnya glaukoma sudut lebar. Struktur saluran pembuangan di mata (disebut trabecular meshwork) terlihat baik-baik saja, tetapi cairan tidak mengalir keluar sebagaimana mestinya.

2. Angle-closure glaucoma ini lebih umum di Asia. Mungkin juga mendengarnya disebut glaukoma sudut tertutup akut atau kronis. Mata tidak seperti seharusnya karena ruang pembuangan antara iris dan kornea menjadi terlalu sempit. Ini dapat menyebabkan penumpukan tekanan secara tiba-tiba di mata. Ini juga terkait dengan rabun jauh dan katarak, kekeruhan lensa di dalam mata.

Jenis Glaukoma Tidak umum

1. Glaukoma sekunder. Inilah saat kondisi lain, seperti katarak atau diabetes, menyebabkan tekanan tambahan pada mata.

2. Glaukoma tegangan normal. Ini adalah saat memiliki titik buta dalam penglihatan atau saraf optik rusak meskipun tekanan mata berada dalam kisaran rata-rata. Beberapa ahli mengatakan itu adalah bentuk glaukoma sudut terbuka.

3. Glaukoma pigmentasi. Dengan bentuk ini, potongan-potongan kecil pigmen dari iris mata, bagian mata yang berwarna, masuk ke dalam cairan di dalam mata dan menyumbat saluran drainase.

4. Glaukoma pada anak-anak. Seorang anak mungkin lahir dengan glaukoma atau tumbuh dalam beberapa tahun pertama. Drainase yang tersumbat, cedera, atau kondisi medis yang mendasarinya dapat menyebabkan kerusakan saraf optik.

Pencegahan Glaukoma

Merujuk Mayo Clinic langkah-langkah ini dapat membantu mendeteksi dan mengelola glaukoma pada tahap awal. Itu dapat membantu mencegah kehilangan penglihatan atau memperlambatnya.

1. Lakukan pemeriksaan mata secara teratur

Pemeriksaan mata komprehensif secara teratur dapat membantu mendeteksi glaukoma pada tahap awal, sebelum terjadi kerusakan yang signifikan. Sebagai aturan umum, American Academy of Ophthalmology merekomendasikan pemeriksaan mata komprehensif setiap 5 hingga 10 tahun jika berusia di bawah 40 tahun; setiap 2 hingga 4 tahun jika berusia 40 hingga 54 tahun; setiap 1 hingga 3 tahun jika berusia 55 hingga 64 tahun; dan setiap 1 hingga 2 tahun jika lebih tua dari 65 tahun.

2. Ketahui riwayat kesehatan mata keluarga

Glaukoma cenderung diturunkan dalam keluarga. Jika Anda berisiko tinggi, Anda mungkin memerlukan pemeriksaan lebih sering.

3. Kenakan pelindung mata

Cedera mata yang serius dapat menyebabkan glaukoma. Kenakan pelindung mata saat menggunakan perkakas listrik atau berolahraga.

4. Gunakan obat tetes mata yang diresepkan secara teratur

Obat tetes mata glaukoma dapat secara signifikan mengurangi risiko tekanan mata yang tinggi akan berkembang menjadi glaukoma. Gunakan obat tetes mata seperti yang disarankan dokter bahkan jika tidak memiliki gejala.

Share:

Konten Terkait

TRAVEL 3 Warna Paspor Indonesia Berdasarkan Jenis dan Fungsi

Warna paspor Indonesia terdiri atas hijau, biru dan hitam. Masing-masing warna tersebut mencerminkan jenis dan fungsinya yang berbeda.

Selasa 06-Aug-2024 20:37 WIB

RAGAM Beragam Destinasi Wisata di Sumba Tengah

pengembangan konsep pariwisata Sumba Tengah berpegang pada ada tiga pilar pengembangan yakni community based tourism, pariwisata terintegrasi dan pariwisata berbasis keunggulan lokal.

Kamis 27-Jun-2024 20:42 WIB

TEKNOLOGI IMF: AI Berisiko Hilangkan Beragam Pekerjaan pada Krisis Berikutnya

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Wakil Direktur Pelaksana Pertama Dana Moneter Internasional (IMF) Gita Gopinath mengatakan kecerdasan buatan (AI) dapat menimbulkan risiko terhadap lapangan kerja yang lebih luas selama krisis ekonomi global berikutnya...

Kamis 30-May-2024 20:58 WIB

PERISTIWA Heboh Pernikahan Sesama Jenis di Halmahera Selatan, Terbongkar dari Kecurigaan Perias Pengantin

Viral seorang pria di Halmahera Selatan, Maluku Utara, melangsungkan pernikahan sesama jenis hingga menghebohkan warga. Ironisnya pernikahan sesama jenis itu telah terverifikasi di Kantor Urusan Agama (KUA) Halmahera Selatan dan kades setempat.

Minggu 19-May-2024 21:30 WIB

FINANCE 30 Jenis Pekerjaan yang Berkaitan dengan Pemanfaatan Sumber Daya Laut

Indonesia memiliki luas wilayah perairan yang besar, ini yang menjadikannya ada segudang jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya laut.

Kamis 19-Oct-2023 08:59 WIB

Tulis Komentar