EVENT

Panduan Puasa Muharram, Tasu'a dan Asyura: Niat, Tata Cara dan Keutamaannya

Sabtu 22-Jul-2023 00:33 WIB 406

Foto : liputan6

brominemedia.com - Umat Islam dianjurkan memperbanyak amal dan ibadah pada bulan Muharram.
Muharram adalah bulan pertama dalam kalender HIjriyah dan merupakan bulan yang dimuliakan. Hukum puasa di bulan Muharram adalah sunnah. Bahkan, sebagian ulama berpendapat, puasa Muharram lebih utama dibanding puasa di bulan Sya'ban. Termasuk di dalamnya adalah puasa Tasu'a dan puasa Asyura.
Level keutamaannya disebut persis di bawah puasa Ramadhan. Bedanya, puasa di Bulan Ramadhan adalah wajib, sedangkan puasa Muharram adalah sunnah, terkecuali puasa karena nadzar.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعدَ الفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ. (رواه مسلم)

Artinya, “Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw bersabda: ‘Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah, Muharram, dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.” (HR Muslim).

Mengutip laman keislaman NU Online, Imam an-Nawawi menjelaskan, hadits shahih ini merupakan dalil sharîh atau sangat jelas yang menunjukkan kesimpulan hukum bahwa bulan yang paling utama untuk berpuasa setelah Ramadhan adalah Muharram.


Selain itu, meskipun Nabi Muhammad saw memang lebih banyak berpuasa di bulan Sya’ban, namun hal itu tidak menafikan keutamaan Muharram daripada Sya’ban. Sebab bisa jadi Nabi saw baru diberi tahu keutamaan Muharram yang melebihi Sya’ban di masa-masa akhir hidupnya, atau bisa jadi Nabi saw sudah mengetahuinya namun tidak sempat memperbanyak puasa di bulan Muharram karena berbagai halangan, seperti sakit bepergian, dan semisalnya (Yahya bin Syaraf an-Nawawi, al-Minhâj Syarhun Shahîh Muslim bin al-Hajjâj, [Bairut, Dârul Ihyâ-it Turâtsil ‘Arabi, 1392 H], cetakan kedua, juz VIII, h. 55).

Konten Terkait

LIFESTYLE Niat Puasa Ayyamul Bidh Dzulhijjah di Bulan Juni 2024, 2 atau Tetap 3 Hari?

Hukum melaksanakan puasa Ayyamul Bidh adalah sunnah. Simak berikut niat dan tata cara melaksanakan puasa Ayyamul Bidh Dzulhijjah yang bertepatan di bulan Juni 2024

Kamis 20-Jun-2024 20:34 WIB

LIFESTYLE Niat dan Keutamaan Puasa Arafah pada 9 Dzulhijah, Dilaksanakan Tanggal 16 Juni 2024

Simak niat dan keutamaan puasa arafah pada 9 dzulhijjah yang dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha yaitu 16 Juni 2024.

Rabu 12-Jun-2024 20:39 WIB

KESEHATAN Begini Cara Puasa Sehat dan Anti Lemas Bagi Penderita Obesitas Menurut Pakar Gizi

Orang yang berpuasa sering terlihat lemas dan tak memiliki daya tahan tubuh kuat, termasuk yang dirasakan oleh para penderita obesitas.

Senin 03-Jun-2024 20:41 WIB

LIFESTYLE Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha 1445 H/2024, Arab, Latin dan Arti

Bacaan niat puasa tarwiyah dan Arafah Sebelum Idul Adha 1445 H/2024, Arab, Latin dan arti.

Senin 27-May-2024 20:58 WIB

PERISTIWA Top 3 Islami: Doa Hari Sumpah Pemuda, Kisah Ashabul Kahfi 3 Abad di Dalam Gua dan Kisah Lucu Jemaah Gus Iqdam

Doa Upacara Hari Sumpah Pemuda menjadi salah satu dari tiga artikel terpopuler di kanal Islami Liputan6.com, Jumat (27/10/2023)

Sabtu 28-Oct-2023 08:18 WIB

Tulis Komentar