FINANCE

Otoritas IKN Klaim 300 Calon Investor di Ibu Kota Negara Baru

Jumat 27-Oct-2023 00:33 WIB 236

Foto : brominemedia.com

brominemedia.com - Otoritas IKN melaporkan saat ini terdapat 300 Letter of Intent dari calon investor baik swasta dalam maupun luar negeri. “[Dari] kurang lebih 20 negara,” kata Ketua Otoritas IKN Bambang Susantono di Kantor Otoritas IKN, Jakarta Selatan hari ini.

Dari 300 potensi tersebut, sudah terealisasi 23 investasi, ditambah 13 investor yang akan melakukan groundbreaking pada 1-2 November 2023. Groundbreaking akan dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Namun angka 300 itu angka kasar, kata Bambang, karena berpotensi menjadi lebih besar lagi ke depannya. Pasalnya, investor biasanya akan mengembangkan proyeknya lebih lanjut.

Sementara itu, proyek yang akan dilakukan groundbreaking dalam beberapa hari ini antara lain rumah sakit, sekolah yaitu Jakarta International School yang akan berganti nama menjadi Nusantara International School, dan SD Negeri 20 Sepaku yang telah bertransformasi.


Properti yang akan diikutsertakan dalam sesi groundbreaking mendatang antara lain hotel yaitu Hotel Marriot, mall, dan apartemen. Kantor-kantor pemerintahan juga disertakan, seperti Bank Indonesia, Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Sosial, Bandara VVIP, dan konservatori orangutan di sebuah pulau. “Untuk orang utan yang tidak bisa dilepasliarkan,” ujarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebelumnya menyatakan progres pembangunan di IKN sudah melampaui 40 persen. “Yang tadinya enam gedung [di IKN], sekarang sudah sepuluh lebih. Progres pembangunan masing-masing gedung berbeda-beda, tapi semuanya berjalan lancar,” ujarnya, Rabu di Yogyakarta.

Konten Terkait

FINANCE Otoritas IKN Klaim 300 Calon Investor di Ibu Kota Negara Baru

Otoritas IKN melaporkan, saat ini terdapat 300 Letter of Intent dari calon investor baik swasta dalam maupun luar negeri.

Jumat 27-Oct-2023 00:33 WIB

TEKNOLOGI Kenapa Cina Berpotensi Kembali Menjadi Investor Kereta Cepat Jakarta-Surabaya?

Alasan China dipilih jadi investor Kereta Cepat Jakarta-Surabaya karena efisiensi biaya

Kamis 05-Oct-2023 01:27 WIB

FINANCE Tiga Investor Tertarik Bangun Pabrik di Cibatu Garut

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, Jawa Barat, membuka kawasan industri di wilayah Kecamatan Cibatu. Berdasarkan informasi dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten...

Kamis 25-May-2023 10:39 WIB

FINANCE Kemenko Perekonomian Gencar Ajak Investor Asing Tanam Modal di Adidas Indonesia

Kemenko Perekonomian menyatakan dukungan pemerintah terhadap Adidas Indonesia melalui berbagai kebijakan.

Kamis 23-Mar-2023 10:06 WIB

FINANCE Menteri Pariwisata Sandiaga Uno Ajak Investor Hadirkan Destinasi Pariwisata Baru

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak investor untuk menghadirkan destinasi pariwisata baru.

Sabtu 14-Jan-2023 10:14 WIB

Tulis Komentar